December 31, 2020

2020 IN A WRAP (sort of)


Halo, selamat pagi! Akhirnya kita semua sampai juga di penghujung tahun 2020. Tahun ini istimewa sekali baik dari sudut pandang positif maupun negatif. I don't want to talk about the pandemic because I'm tired of it (well...we all are tired of it I guess), let's pat our back for surviving this hard year. Thank God!

Ini adalah kali kedua dalam sejarah ngeblog saya nulis tentang ringkasan setahun penuh. Tahun 2019 nyontek pertanyaan dari Ci Jane, tahun ini nyontek Kak Eya. Hahahahaha nggak kreatif anaknya emang.

Baiklah tanpa banyak bicara lagi, mari langsung saja ke topik bahasan utama.


1. What did you do this year that you'd never done before?
Melampaui target jumlah buku yang harus dibaca dalam setahun. Kalau nggak salah ingat saya nargetin 12 buku untuk tahun ini dan ternyata sudah melebihi angka itu bacanya. Terhitung ada 15 buku yang sudah saya baca dan review di blog ini dan blog satunya (buku-buku lain yang juga sudah selesai dibaca tapi nggak sempat bikin reviewnya nggak saya masukkan di sini, kapan-kapan aja diomongin).

Setelah saya lihat-lihat cukup berimbang antara genre fiksi dan non-fiksi. Buku-buku fiksi yang berhasil saya baca adalah novel klasik Animal Farm, Alice through the Looking Glass, dan The Little Prince; novel karya penulis Korea judulnya Kim Ji-yeong, Lahir Tahun 1982; komik Hai, Miiko! Volume 32; fanfiction yang dibukukan berjudul Kosan Enam Hari; serta novel rekomendasi JanexLia Bird Box.

Sedangkan untuk buku non-fiksi masih berkutat di tema traveling dan self improvement. Buku-buku non-fiksi dengan subgenre traveling yang berhasil saya baca yaitu TraveLove dan 1001 Masjid di 5 Benua dari penulis lokal, serta The Geography of Love, The Geography of Bliss, dan The Geography of Genius yang ditulis oleh penulis luar negeri. Buku-buku self improvement yang berhasil saya baca juga adil dari segi asal negara si penulis, yaitu SELF-ACCEPTANCE by #88LOVELIFE yang ditulis oleh Diana Rikasari dan Am I There Yet? karya Mari Andrew. 

Ada dua tema lagi deng yang buku non-fiksi ini, tema yang nggak masuk di dua tema sebelumnya, yaitu The Seven Good Years (memoar) dan The Origin of Species (ilmu pengetahuan).

setelah saya cek ternyata bener target tahun ini 12 buku😆

Hal lain yang saya lakukan tahun ini dan tidak pernah dilakukan sebelumnya adalah perpanjang paspor, konsultasi dengan dokter via aplikasi onlinework from home (WFH), waxing (lmao), dan membuat photobook sendiri.

WFH rasanya fifty fifty, di satu sisi nyaman karena nggak harus keluar rumah tapi di sisi lain WFH ini menguras kuota internet. :) Untung masih bisa disiasati.

For the first time in forever akhirnya saya nyoba underarm waxing. Rasanya...sakit wkwkwkwk tapi sakitnya cuma tiga detik setelah kainnya ditarik cepat. Setelah itu...surga dunia~~~ karena rambutnya tumbuh kembali dalam kurun waktu yang lumayan lama. Kalau cuma dicukur atau dipakein krim kan tiga hari kemudian tumbuh lagi. Kalau habis di-wax bisa sampai bulan depan baru kelihatan panjang, mana tumbuhnya jadi tipis-tipis huhu luv!

Kalau biasanya suka beli-beli photobook artis Korea, tahun ini saya bikin photobook sendiri. Nggak nanggung-nanggung langsung bikin tiga buah. Satu photobook isinya traveling dan foto-foto masa kecil (ceritanya biar bisa mensyukuri hidup gitu hehehe), dua lainnya berisi foto dokumentasi waktu nonton konser Seventeen di tahun 2018 dan konser Day6 di tahun 2019. Bikin photobook ini pakai aplikasi Photobook, dua photobook dapat gratis karena pakai voucher khusus dari seorang influencer K-Pop jadi cuma bayar ongkir, yang satu photobook dapat potongan harga 50%. Hasilnya memuaskan! Kertasnya tebal tapi nggak kaku, kualitas cetakannya sesuai dengan foto aslinya (tapi agak kurang bagus kalau fotonya sendiri kurang cahaya), dan lem jilidannya kuat. Silakan cek sosial media Photobook kalau mau tau informasi lebih lanjut.


2. What would you like to have next year that you lacked this year?
Manajemen emosi yang lebih baik. Tahun ini banyak nangis karena overthinking dan cemas, padahal kalau diamati dengan tenang ya hanya terjadi di dalam pikiran saja.


3. What was the best thing you bought?
Boneka rubah yang merupakan merchandise resmi Day6 HEHEHEHE. Benda ini nama official-nya adalah Denimalz KE. Pengalaman belinya pernah saya ceritakan di postingan Sebuah Perjuangan Mendapatkannya, Guess What?.


4. What kept you sane?
Fangirling over K-Pop artists and watching videos from dr. Jiemi Ardian's Youtube channel (dr. Jiemi Ardian ini seorang dokter spesialis kejiwaan yang aktif di Twitter juga, sejak follow beliau saya jadi lebih mengerti tentang emosi dan konsep bertumbuh).

Fangirling adalah hobi yang sangat menyenangkan karena menjadi penghibur di kala hidup sedang meh (dengan catatan nggak usah peduliin fan war, nggak usah terlalu banyak asumsi sendiri, nggak usah halu kelewat batas, dll dkk, sans aja beb lemesin...mari bergembira menikmati karya yang ada di depan mata).


5. What was the best book you read?
Nggak kok saya nggak akan bilang The Origin of Species lagi hahaha tapi The Little Prince. Tautan reviewnya ada di poin nomor 1.


6. Where did most of your money go?
Tidak lain dan tidak bukan adalah ke BELANJA BUKU! 😆 Mentang-mentang banyak toko buku yang ngasih potongan harga jadi agak kalap tahun ini.


7. What valuable life lesson did you learn this year?
Kerja sesuai jobdesc, rezeki nggak akan tertukar, sabar aja sambil terus belajar dari kesalahan dan terus bertumbuh dengan mensyukuri apa yang dipunya sekarang. Don't worry too much okay, you can do it, just keep going.


8. What are you most grateful in 2020?
Bisa punya akses lagi ke akun Twitter lama yang saya buat di tahun 2010!!! Akhirnya bisa ganti username dan display name ke nama lain yang bukan nama asli, unfollow semua akun, block unblock followers, dan gembok akunnya.

Dulu-dulu sebelum berhasil, saya sampai sebel karena nggak inget email yang dipakai untuk akun lama tersebut. Nyoba log in berkali-kali sampai sama Twitter dibatasi aksesnya karena salah terus. Suatu petang nyoba lagi sambil mengingat-ingat kira-kira email dan password alay mana yang saya pakai di zaman awal kuliah dulu. Lalu teringat sebuah kombinasi alay dan...BERHASIL LOG IN! Wkwkwkwk. Langsung sumringah dan memaafkan Twitter karena waktu itu bersamaan dengan peluncuran fitur fleet yang nggak penting. 😂

Duh punya dua akun buat apa sih? Nggak buat apa-apa, cuma pingin hapus nama lengkap aja sebenarnya. Aktifnya tetep di akun yang username-nya saya taruh di About blog ini. Pusing kalau harus aktif di dua akun yang berbeda.


Oke selesai sudah postingan hari ini. Happy holiday semua! Jangan lupa untuk tetap 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak Aman, dan Mencuci Tangan) karena pandemi Covid-19 belum selesai!

Semoga tahun 2021 menjadi tahun yang jauuuuuuuuuuhhhhhhhhhhh lebih baik dari tahun ini. AAMIIN!

See you on my next post!


*

16 comments :

  1. Wihii akhirnya ditulis juga yang tahun ini :D

    TOSS! Fangirling itu memang salah satu obat mujarab untuk bikin kita tetap waras yaak wkwkwk rasanya pengen sungkem ke para idol yang susah payah bikin konten semasa pandemi ini, sampai beberapa harus bikin konser online karena jadwal konser batal semua hiks

    Terus, gara-gara kamu mention Aya Sophia, aku jadi suka nontonin review bukunya, Ndah hahahaha ngomongnya enak dan jelas banget, ya. Kayaknya bisa dapat rekomendasi bacaan lokal dari channel-nya dia deh hihi

    Ternyata 2020 not so bad ya kalau sudah dirangkum begini. Memang ada beberapa hal yang mungkin bikin kita kalang kabut, tapi seperti yang kamu bilang, tetap ada blessing in disguise yang patut disyukuri. SELAMAT TAHUN BARU ENDAHHH! Semoga kamu tetap semangat memasuki tahun yang baru ya! ✨💖🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditulis untuk mengenang kebahagiaan di tahun yang aneh😂

      BANGEEEETTTT usaha mereka patut diapresiasi, semoga sehat-sehat semua idol penghibur para fans huhu kasian ada yang kena covid juga kan kemarin walaupun OTG :(

      Wkwkwkwkwk jelas banget Ci, santai kalau ngomong dan kelihatan ngerti banget sama apa yang dibaca. Sejak sering nontonin kak Aya aku jadi tau banyak bacaan-bacaan fiksi, walaupun belum tergerak baca sebanyak kak Aya.

      Iya Ci Jane ya ampun emang a year wrap blogpost begini sangat membantu huhu biar nggak lupa, jadi lebih mudah juga kalau dirangkum.

      Selamat tahun baru juga buat Ci Jane dan keluarga🎉🎉🎉🎉 iya semoga makin semangat ini di tahun yang baru, makasih banyak Cici kesayangan akuuu🥰

      Delete
  2. Jadi ini dia postingan Kak Endah yang udah ditunggu-tunggu 🤭

    Pertama-tama, selamat karena udah mencapai target membaca tahun 2020 ini, Kak 🥳. Semoga target membaca tahun depan bisa terpenuhi juga, ya!
    Btw, aku belum baca Miiko terbaru karena mahal 🤣 sebab ada bonusnya. Aku nunggu nanti dirilis tanpa bonus aja deh, tapi kapan ya 😭

    Waxing tuh nagih banget sih, Kak 🤣 tapi kalau waxing sendiri kadang mager. Kak Endah waxing sendiri, kah? Pakai sugarpot atau brand lain?

    Tahun ini aku sama seperti Kak Endah, habis banyak uang untuk belanja buku 🤣. Makin mencapai akhir tahun, diskon buku makin sadis-sadis sekali 🤣. Pusing aku lihatnya (tapi tetep ada aja yang dibeli) wkwkwk.

    Seru ih bacaain postingan Kak Endah ini 🙈. Thank you for sharing, Kak! Terima kasih telah menjadi temanku di sepanjang tahun 2020 ini 💞
    Happy holidays and happy new year 2021 🥳💃🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekekek iya, semoga nggak nyesel ya bacanya hahahahah🤪

      Yuhuuu makasih Lia, ini udah ngumpulin buku-buku buat tahun ini terus keringet dingin karena tebel-tebel amat yak😂 wish me luck!

      Iya sih Hai Miiko kalau nunggu reguler emang murah tapi lama, kayaknya di Gramedia juga masih ada bonusnya, hmmm apa tahun ini ya ada yang reguler tanpa bonus.

      Nagih banget Li wakakakak aku suka kemulusan setelahnya🤣 aku waxing sendiri pake sugar pot, kamu pernah waxing di salon? Aku malu🙈

      BENAR SEKALI HAHAHAHAH makanya jebol ini di buku, mana beberapa belum selesai dibaca yang kemarin beli🙈🙈🙈

      Sama-sama Lia, makasih juga sudah jadi teman seperbloganku, makasih udah banyak kasih inspirasi topik nulis juga, happy new year🎉🎉🎉🎉🎉

      Delete
  3. Yuhuuu mba selamat menyambut Tahun baru!! Semoga semua yg kita lalui di tahun 2020 bisa menjadi bahan refleksi diri.

    Wkwkwk kok aku ngakak ya baca yang waxing 😆, selalu ngeri sih mau nyoba tuh
    Btw bias mba Endah di Day6 siapa siih? Aku kepo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Reka selamat tahun baru🎉🎉🎉🎉🎉🎉🎉

      Hahahahahah coba deh waxing di 2021, nagih rasanya (kayak kata Lia lol). Gak perlu repot-repot cukuran lagi setelah kenal waxing~~~

      Bias aku di Day6 adalah...YoungK, udah level bucin lah kalau ke dia🤣🙈🙈🙈

      Delete
  4. Walaupun kata orang "apa sih lo fangirling-fangirling kayak bocah aja inget umur!" Tapi gimana yaa kalau hal itu yang masih bikin kita tetep waras?? Kadang aku suka julid ke orang yang suka ribut2 gosip artis dan politik, "makanya fangirling biar waktu lo ga habis buat gosipin orang" Wkwkwkwkwk

    Btw kita pernah ngobrolin Little Prince ga siih? Kok aku kayak baru tau Endah buku paling favoritnya jadi Little Prince?? 😂😂

    Btw aku jadi keidean bikin Photobook juga niih gara2 Endah cerita hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampus lo dimarahin Kak Eya🥰 padahal sejatinya mereka juga fans kan ya hahahahah yang dijulidin selalu fans Kpop😇

      Pernah gak ya Kak? Hahahahah hih Twitter nggak ada fiture jadi keyword DM (eaaak balik marahin Twitter), ini tuh biar beda aja kak, setelah aku pikir-pikir yang nonfiksi buku The Little Prince itu aku suka.

      Hohohohoho ayo Kak Eya bikin!!! Aku mau lihat nanti kalo jadi😍

      Delete
  5. Belum pernah coba wax tapi tiap liat ekspresi orang yang di wax rasanya cukur jadi opsi yang paling aman saat ini 😅

    Pas baca pertanyaan no. 5, dalam hati saya nyeletuk,"pasti the origin of species, nih". Eh ngga taunya macam dijawab,"tenang kok, saya ngga akan bilang the origin of species" 😅

    Saya gak lupa barang apa-apa saja yang saya beli selama tahun 2020. Tapi kayaknya ngga banyak juga. Paling cuma sendal lebaran yang sekarang sudah hilang. Tahun ini keuangan lebih banyak dialokasikan ke tabungan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤣🤣🤣 waxing memang butuh tekad yang kuat dulu untuk mulai.

      Wkwkwkwkwk biar adil dan beda maka jawaban untuk bacaan terbaik di tulisan ini aku pilih dari genre fiksi🤪

      HAHAHAHAHAHAH kok bisa ilang sendalnya gimana???😭 wah bagus tuh dialokasikan ke tabungan, nanti kalo pandemi udah selesai bisa langsung cus dipake-pake lagi uangnya.

      Delete
  6. UUww..
    Kamu baca 15 buku dalam setahun? Keren sekaleeee!!!
    Aku juga mau kayak gitu! Setelah ini, semoga 10 minutes reading challenge ku bisa memberikan habit baru buatku di tahun ini dan seterusnya! Tolong diaminkan ya teman-teman!

    Wait, waxing? Kek apa itu rasanya? Aku udah kebayang bunyinya, krraaakkk!! Penasaran tapi hm.. ntar deh, masih bersedia rempong pake krim buat ngerontokin bulu, wkakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaci Pipit aku sendiri nggak nyangka bisa melampaui target baca waktu itu. xD

      AAMIIN!!! Semangaaat!!! Aku mendukung 100% semoga habit barunya lancar!!!

      Bener banget itu beneran bunyi krak HAHAHAHA rasanya sakit tapi ya gitu cuma bentar aja setelah itu enak banget, mana nggak gatel. Kalau cukur itu pasti ketiakkua gatal habisnya. xD

      Iya nanti kalau udah siap mental aja baru waxing, nanti kalau udah waxing sekali kemungkinan besar akan ketagihan. :p

      Delete
  7. Kitaa smaaaa, uangnya abis utk beli buku kebanyakan :D. THN lalu tsrget membacaku 54, jd seminggu 1 buku. Tercapai sih, dan Krn itu juga aku beli banyaaak Buku dr toko buku bekas langganan . Supaya stok bacaan bisa cukup utk seminggu 1 buku :D.

    Kalo photobook aku udah bikin sejak 2010 mba. Aku hobi dan rutin traveling soalnya. Makanya setiap pulang jalan, pasti fotonya aku cetak di photobook menjadi album. 1 album untuk 1 negara. Aku lebih suka begitu jd ada pertinggal foto fisik kalo suatu saat media card ato website penyimpan foto kayak flickr bangkrut. Kan bisa ilang semua :D

    Eh aku jd pengen coba waxing hahahaha. Selama ini nemenin temen doang, tp itu juga bagian kaki. Blm prnh yg underarm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny keren banget seminggu baca satu buku👏👏👏

      Sama mba aku pun suka arsip bentuk fisik tujuannya ya itu untuk jaga-jaga kalau portal online tutup atau nggak bisa diakses. Wih udah banyak banget pasti photobook koleksi mba Fanny👌

      Coba mba, nanti ketagihan lihat hasilnya😂

      Delete
  8. aminn semoga di tahun 2021 ini semua keinginan mba Endah terlaksana dengan baik dan lancar ya
    baidewei, angka 12 untuk jumlah buku udah cukupbanyak menurutku. aku sendiri nggak yakin akan sebanyak itu
    aku penasaran sama buku travelove, liat terus di Gramedia tapi kagak dibeli hahaha

    ngomongin soal overthinking, di tahun 2020 kemarin, bisa dibilang aku "rajin" overthinking. ada aja gitu yang dibikin mikir dan ujung ujungnya nangis ga jelas:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin! Doa yang sama juga untuk mba Ainun, semoga yang diharapkan bisa terkabul dan tercapai, makasih mba. <3

      Iya, satu bulan satu buku udah cukup, bagi-bagi waktu sama hobi yang lain. :p Hahaha kenapa mba ga jadi beli? Masih ragu ya? Biasanya gitu aku juga wkwk.

      Iya kan yaaa huhu, semoga overthinking kita nggak terlalu parah di tahun ini, aamiin. Cukup tahun kemarin aja overthinking, nggak enak banget. :)

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top