February 6, 2021

Sabtu Bersama 'Hai, Miiko!'


Hari Sabtu minggu lalu saya ikutan forum online ngobrolin komik 'Hai, Miiko!'. Thanks to Kak Eya yang udah mention ngasih tau ada acara seperti itu. Rasanya setelah acara selesai, mood saya jadi bagus seketika.

Acaranya sendiri diselenggarakan via Google Meet. Waktu itu ada sebelas orang yang hadir dari 21 pendaftar. Hampir semuanya perempuan, hanya satu orang laki-laki. Jadi kami yang cewek-cewek ini bisa tau perspektif komik 'Hai, Miiko!' dari lawan jenis.

Ada bedanya nggak antara cowok dan cewek? Jujur enggak banyak beda ternyata. Si peserta laki-laki ini sama detilnya dalam hal berbagi cerita tentang komik 'Hai, Miiko!', malah dalam beberapa topik dia yang lebih inget nama tokoh-tokohnya. Memang ya komik ini tuh aslinya genderless, semua orang apa pun jenis kelaminnya bisa oke-oke aja bacanya.

Topik lain yang sempat dibahas kemarin ada banyak. Topik-topik ini diambil dari pertanyaan-pertanyaan peserta yang masuk melalui Google form yang di-submit waktu daftar. Saya tulis yang ingat-ingat aja wkwk.


Bagaimana awal suka komik 'Hai, Miiko!'?
Dulu waktu masih SMP ada seorang teman sekelas yang punya koleksi komik ini. Dia bawa lah beberapa ke kelas. Saya nggak niatin baca serius, cuma iseng aja gitu pinjem. Eh kocak ternyata bikin ngakak. Sejak saat itu jadi suka dengan komik ini tapi karena bukan punya sendiri dan nggak akrab dengan teman yang punya itu jadi bacanya nggak bisa sering-sering.

Saya beli komik 'Hai, Miiko!' pertama kali itu waktu akhir-akhir masa kuliah. Belinya yang edisi khusus 'Hai, Miiko! Zaman Edo'. Pertimbangannya beli yang one shot begini adalah ngecek apakah komiknya masih masuk ke selera atau udah anyep. Ternyata masih, lanjut beli tujuh seri yang isinya cerita-cerita terbaik. Tetap merasa terhibur, akhirnya beli semua serinya waktu udah kerja.

Malah sekarang ini nih, lagi nungguin volume 33 yang tidak kunjung terbit jua di tanah air huhuhu thanks to the pandemicπŸ˜‘. Di Jepang malah udah volume 34 yang mana di sampulnya tergambar para tokoh berseragam SMP HUWEEE LUCU BANGET! It's kinda spoiler sih karena ya udah bisa ditebak siapa sekolah di mana. πŸ˜‚


Menurut kamu bagaimana perasaan Mamoru yang punya kakak seperti Miiko?
Miiko ini anak tertua di keluarga Yamada, Mamoru anak kedua, dan Momo anak bungsu. Walaupun titelnya anak pertama, Miiko ini sering kalah tegas dengan Mamoru. Nggak jarang Mamoru kayak sebel banget sama Miiko dengan tingkah clumsy kakaknya itu tapi Mamoru juga nggak bisa berbuat banyak karena ya udah faktanya mereka adalah keluargaπŸ˜‚. Lucu sih melihat interaksi Miiko dan Mamoru ini, saya yakin deep down inside his heart Mamoru sayang sama Miiko.

Terus ada yang ngasih pendapat begini: karena perbedaan sifat keduanya tadi maka Ono Sensei selaku komikusnya akhirnya menghadirkan sosok Momo. Momo bisa menjadi "jembatan" untuk Mamoru menampilkan sisi kekakak-kakakannya yang sebenarnya. Kalau sama Miiko kan nggak bisa ya isinya berantem mulu.


Apa cerita 'Hai, Miiko!' yang paling membekas buat kamu?
Satu cerita di volume 25, yang sampulnya pink, dan cerita itu jadi tanda episode Miiko ke-200. Judulnya "Aku Sekarang dan Aku Masa Depan".

Di suatu hari sepulang sekolah Miiko dan Tappei bertemu dengan sosok misterius yang bisa mengantarkan mereka ke masa depan. Caranya dengan menggenggam sebuah batu dan lari ke arah pintu gerbang sekolah TK. Bener dong akhirnya mereka berdua sampai di masa depan dan melihat diri mereka beserta teman-temannya yang sudah dewasa.

Miiko dewasa menjadi guru TK, Mari sukses menjadi komikus, dan Yuuko menjadi istri Kenta (pacarnya). Yuuko dan Kenta ini ceritanya sudah punya seorang anak laki-laki bernama Kouta. Keluarga ini menjadi penerus toko roti Bakery Sato.

Miiko dewasa ceritanya ingin pergi kencan. Miiko dan Tappei kecil penasaran siapa teman kencan Miiko dewasa. Mereka berdua mengikuti ke mana Miiko dewasa pergi. Singkat cerita Miiko dewasa sudah ada di depan stasiun menunggu teman kencannya datang. Coba tebak siapa teman kencannya? Yak, betul! TAPPEI!πŸ˜†. Tappei dewasa ceritanya berprofesi sebagai fotografer.

Gemes banget sih sama cerita ini karena sampai dewasa pun Miiko dan Tappei sukanya meributkan hal-hal kecil, tapi ributnya tuh ribut yang cute as a couple gitu lho bun HUHUHUHUHUHU. Sebelnya adalah sosok misteriusnya datang lagi dan bilang kalau petualangan Miiko dan Tappei melihat masa depan sudah selesai. Pfffffttttt padahal baru juga mau lihat orang kencan.


Menurut kamu bagaimana akhir hubungan Miiko, Tappei, dan Yoshida?
Sebagai #TeamTappeiGarisKeras tentu saja saya sepenuh hati seratus persen mendukung Miiko dan Tappei menjadi pasangan HAHAHAHA. Maaf nih ya Yoshida cocoknya sama Haruna aja udah.

Kalau kata seorang peserta yang hadir, komik ini terlihat sudah diplot kalau Miiko dan Tappei memang pada akhirnya akan dibuat menjadi pasangan. TAPI!!! Ada tapinya, ada juga yang berandai-andai gimana misalnya Miiko pada akhirnya justru dipasangkan dengan Yoshida???

Ada yang bilang terlalu dark kalau kayak gitu plotnya wkwkwkwk. Plis ya rasanya kayak udah diterbangin ke awan sama Bu Ono dengan cerita-cerita cute Miiko-Tappei untuk kemudian dibanting ke tanah sampai pecah berkeping-keping karena hidup tidak seindah khayalan di dalam kepalamu beb. πŸ˜‚


Apakah Mari akan sukses menjadi komikus?
Kalau melihat dari cerita masa depan di volume 25 sih kelihatannya iya. Semoga seperti itu lah ya nantinya. Doa terbaik untuk Mari. ^^


Bagaimana pendapat kamu tentang persahabatan Miiko, Mari, dan Yuuko?
Hebat sih mereka bertiga sahabatannya bisa awet. Karakater tiga tokoh ini kan beda-beda ya, Miiko cenderung ceria kekanak-kanakan, Mari yang galak, dan Yuuko yang paling kalem dan dewasa di antara mereka sekaligus jadi penengah kalau Miiko dan Mari bertengkar. Bonding-nya kuat banget walaupun banyak kejadian-kejadian yang menguji persahabatan mereka. Hal yang paling saya suka dari tiga sahabat ini adalah kalau marahan nggak pernah lama. Istilahnya kayak pagi marah, siangnya udah baikan.


Apa yang membuat komik 'Hai, Miiko!' bertahan sampai bertahun-tahun?
Kalau menurut saya karena jalan ceritanya ringan dan ada pelajaran hidup di setiap ceritanya yang mudah untuk ditangkap. Ceritanya itu cenderung dari hal-hal sederhana yang sering terjadi sehari-hari di sekitar pembaca, yang pada akhirnya membuat pembaca bisa relate dan menjadi pembaca loyal.


Menurut kamu komik 'Hai, Miiko!' akan berakhir seperti apa?
Wah ini bikin baper😁. Di satu sisi penasaran dengan akhir semua tokoh-tokohnya, tapi di sisi lain nggak pingin komik ini habis dan nggak lanjut lagi. Ada juga yang khawatir komik ini akan jadi kayak Detektif Conan yang nggak tau ending-nya kapan. πŸ˜…

Banyak skenario yang diutarakan di dalam forum, seperti: (1) bisa jadi komik ini berakhir di tingkat Miiko dkk SMP, alias nggak dilanjutin sampai dewasa, (2) akan lebih baik kalau komiknya sampai dewasa dan diakhiri dengan Miiko menikah dengan Tappei terus Bu Ono bikin cerita lepas aja habis itu. WKWKWKWKWKW yuyur pendapat nomor 2 itu saya aminkan sih HEHEHEHEHE.

Oh iya di diskusi ini juga ditanyakan tentang hal sadar atau nggak kalau ada hari-hari istimewa yang diulang-ulang terus tiap volume, seperti hari Valentine atau Natal tapi tokoh-tokohnya tetap kelas 5 SD? SADAR BANGET LOL. Tapi saya berusaha untuk mengesampingkannya sih. Kayak...yaudah ceritanya bisa dinikmati kok dengan mengabaikan latar waktu, yang penting pas Valentine Miiko selalu ngasih cokelat ke Tappei. Gitu. *TETEP*


Kalau bisa jadi salah satu tokoh di komik 'Hai, Miiko!' kamu pingin jadi siapa?
Banyak yang jawab pingin jadi Miiko, termasuk sayaπŸ˜‚. Alasannya macem-macem, ada yang kagum dengan karakter Miiko yang happy go lucky, ada yang alasannya karena dia disukai sama cowok cakep kayak Tappei. Coba tebak alasan saya yang mana? Tentu yang kedua~ mana ada saya mikir berat-berat di akhir pekan~

Peserta lain (kalau nggak salah namanya mba Tania) pingin jadi ibunya Tappei. Dia penasaran bagaimana cara mendidik anak yang pada akhirnya bisa menjadi sosok seperti Tappei. Oh iya mba Tania ini udah punya anak balita guise, beragam banget lah latar belakang peserta yang hadir waktu itu. πŸ’—

Terus ada juga yang pingin jadi Pak Guru HAHAHAHA, ini jawaban dari the one and only male in the forum. Kata dia alasan milih Pak Guru adalah karena beliau jarang muncul dan sekalinya muncul langsung ceramah. πŸ˜‚

Ada lagi yang pingin jadi mamanya Miiko. Menurut peserta yang milih tokoh mamanya Miiko ini, mamanya Miiko adalah seorang wanita yang hebat. Bisa berkarir dan menjadi ibu yang baik untuk tiga orang anak di saat yang sama. Thumbs up untuk mamanya Miiko! πŸ‘


Kalau Miiko ditembak Tappei dan Yoshida, kira-kira reaksinya seperti apa?
Lagi-lagi sebagai #TeamTappeiGarisKeras maka jawaban saya singkat saja: Tappei diterima, Yoshida ditolak. πŸ˜‚

Jahat nggak? Enggak lho, saya ini mendukung sepenuhnya Yoshida dan Haruna untuk bersama. Karena apa? Karena Haruna ini cewek keren dan tangguh. Dia udah pernah bilang suka Yoshida tapi sama Yoshida ditolak.

Tau nggak Haruna bilang apa setelahnya? Dia bilang, "Yoshida...mulai sekarang, aku akan berjuang keras untuk menjadi gadis hebat! Dan mungkin nanti Yoshida akan menyesal!" dengan wajah ceria dan mata berbinar. Habis itu dia pergi main dengan Miiko dan Mari karena sama Miiko memang udah dipanggil wkwkwk. YOU GO GIRL!


Okeee itu tadi memori tentang apa yang saya kerjakan di Sabtu minggu kemarin (yang mana tepat banget akhir bulan Januari). Menyenangkan sekali bisa bertukar pendapat dengan sesama penggemar komik 'Hai, Miiko!'. Ngobrol-ngobrol dengan orang-orang baru di kondisi yang lagi jenuh tuh rasanya kayak di-recharge. Satu setengah jam berasa cepeeet tau-tau selesai. Indikator saya menikmati sesuatu sih itu hehe. 

Sampai jumpa di postingan selanjutnya! Have a great weekend!


P.S.
Kenang-kenangan dari acara Weekend Bahas Buku komik 'Hai, Miiko!' πŸ’›



*

26 comments :

  1. Wuah, sebagai pengkoleksi Miiko, sayapun #teamMiikoTappeigariskeras πŸ˜‚

    Menurut saya, mereka berdua sudah diplot dari awal oleh komikusnya untuk jadi pasangan, persis Sizuka dan Nobita dari komik Doraemon yang melegenda hahahaha πŸ˜† Dan setuju sama mba Endah, Miiko ini meski komiknya sederhana, khas cerita anak-anak, dan isinya banyakan buat ketawa, tapi ada makna hidup yang bisa dipelajari dari sana 😍

    Plus saya paling suka momen-momen Miiko bersama Mamoru, betul-betul deh mereka berdua ini mengingatkan saya dengan adik saya, mba. Kocak banget tingkahnya 🀣 Wk. By the way, semoga Miiko ada endingnya, jangan sampai gantung, yaa. Perasaan dari dulu, beli komik nggak pernah ada yang tamat. Hahaha. Padahal yang dikoleksi nggak jauh dari Conan, Doraemon dan Miiko saja, eh sama Ninja Hatori juga tapi sudah nggak ada kelanjutannya πŸ™ˆ

    Thank you sudah bahas Miiko mba Endah, jadi ingin baca ulang πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAAHHH Kak Eno ternyata fans Miiko juga yuhuuu tos~ <3

      Paling suka kalau Miiko udah mensiasati keterbatasan uang jajannya untuk lebih kreatif sama barang-barangnya sendiri Kak Eno wkwk bisa ngajarin anak-anak untuk tidak hedon sejak dini. Iyaaa semoga emang beneran sama Tappei endingnya, cuman yang Doraemon itu aku agak nggak sreg sih Kak pinginnya Shizuka sama Dekisugi *dihajar shipper Nobita-Shizuka sedunia*

      Ya ampuuun Kak Eno kayak Miiko dong kalau sama adiknya Kak Eno? xD Kak Eno kocak nih kayaknya orangnya xD Eh iya Ninja Hatori itu gimana endingnya coba.

      Sama-sama Kak Eno makasih udah baca juga. <3

      Delete
  2. Karena aku juga #TimTappeiGarisKeras jadi aku sangat mendukung Miiko dan Tappei!! Hululululu~ Beneran deh kalau akhirnya Miiko malah sama Yoshida, bisa-bisa Miiko diboikot nanti dimana-mana karena udah bikin kzl sejuta umat para pembaca Miiko 🀣. Hubungan Miiko dan Tappei tuh gemes-gemes gimanaaaa gitu 🀣 aku setiap baca tuh greget sendiri soalnya Tappei selalu malu-malu kalau udah ngomongin suka-sukaan 🀣. Aku juga ingat Eps favorit yang Kak Endah tulis di atas, asli gemes banget pas baca 🀣. Aku ngarepnya juga komik Miiko berakhir saat mereka menikah soalnya kalau berakhirnya di SMP doang, kurang greget ah *banyak mau*
    Kalau dari semua karakter yang ada, aku suka Momo karena gemes wkwkwk. Tapi mungkin aku ingin jai Yuuko karena pintar masak 🀣 *simple banget alasannya*
    Aku harap semoga cerita Miiko ada endingnya karena kalau dibuat nggak selesai-selesai pfffttt lelah juga nanti yang baca πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHHAHAHAH iya bener, Yoshida sama Haruna aja. Gapapa deh endingnya too good to be true buat sebagian orang yang penting kita sebagai #TeamTappeiGarisKeras bahagia. xD

      Iyaaa tsundere kan anaknya si Tappei itu, kalau suka nggak nunjukin terang-terangan malah ngeledekin mulu. Aku sampe baca berkali-kali tau Li yang episode itu hahahaha sambil berimajinasi sendiri lanjutan Tappei-Miiko dewasa kencannya kayak apa. T____T

      SETUJU!! Aku juga banyak mau, maunya endingnya nikah lah udah daripada gantung nggak jelas. Kayak Meteor Garden gitu kan enak endingnya jelas tak tek wkwkwkwk malah nyambung ke serial TV.

      Oh iya Momo itu kayaknya gedenya bakal jadi anak pintar ya. Hooo keren kalau bisa masak kayak Yuuko nanti Lia sama Prikitiew bisa bikin Bakery Prikitiew kayak Yuuko-Kenta yang menjalankan bisnis Bakery Sato.

      Delete
  3. Endah aku nanyain cerita soal ngobrolin Miiko ini di DM, eeh langsung dijawab satu postingan hahaha! Seruu yaaa acaranya? Sayang ih aku ga bisa ikutan kemarin hiiiks 😭😭

    Seperti yang sering kita obrolin yaa aku juga #TimTappeiGarisKeras dan setujuuu Yoshida sama Haruna ajaaa huhuhu... Yoshida belum ngeh kalau Haruna ini cewek keren, cerdas, berani pula wkwk semoga nanti semakin dewasa Yoshida bisa sadar yaa πŸ˜‚πŸ˜‚

    Duuh cerita Miiko sama Tappei ke masa depan itu memang favorit banget gemesiiin 😭 Sama satu lagi yang aku suka, pas Tappei ga sengaja ngatain Miiko karena malu diledekin mulu, terus Miiko marah dan Tappei mau minta maaf tapi adaaa aja halangannya. Akhirnya dia minta maaf pas acara melihat bintang jatuh huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAAAAK MIANE AKU BELUM BUKA DM xD dan gatau kalau Kak Eya nanya ini juga, alhamdulillah terjawab satu postingan ya xD Iya Kak Eya pas akhir Januari itu lagi sibuk-sibuknya bukan sih.

      IYA BENER! Yoshida harus membuka mata kalau Haruna itu keren. Semoga komiknya bisa sampe mereka dewasa aamiin!

      IYAAA IYAAA AKU INGET ITU HAHAHAHAHAH! Miiko marah terus Tappei bingung karena didiemin wkwkwkwk makanya jangan ngadi-ngadi kalau suka yaudah bilang aja suka hih gemes.

      Delete
  4. Aku baca hai Miiko juga!!! Dari jaman SMP-SMA, dulu sering banget nongkrong di toko buku buat baca terbitan baru dari Hai Miiko hahahah. Wah pertanyaannya pengin aku jawab semua πŸ˜† tapi emang sih Tappei dan miiko ini fansnya membludak banget, padahal termasuk komik anak-anak. Terus si Mamoru itu dewasa sekali, aku suka merinding sendiri liat scene mamoru sama pacarnya 🀣, terus liat miiko yang sangat polos menggambarkan sosok anak-anak seutuhnya berasa jomplang banget.

    Duh karena baca nya udah lama banget jdi lupa deh episode mana yang paling aku suka, kayaknya yang pas white day deh dan pas episode miiko jadi bntuin mari chan buat ngasih naskah komiknya ke penerbit, aaaakh lupa deh judulny apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo jawab semua mba Reka, aku pensaran jawabannya. u.u

      Komik anak-anak di mana pembacanya yang dulu anak-anak, sekarang udah pada gede semua dan masih setia ngikutin. xD Iya lho Mamoru sama Yuka itu bener-bener kayak udah serius gitu kan kalau pacaran ya. xD Udah kayak orang dewasa pemikiran keduanya. Sementara Miiko sama Tappei isinya ribut mulu tiap hari. xD

      Yang pas White Day tuh kayaknya yang cowok ngasih cokelat ke cewek bukan sih? Oh iya inget aku yang Miiko bantuin Mari ngasih naskah itu cuman ya itu tadi lupa judulnya juga. xD

      Delete
  5. Hidup tim Miiko dan Tappei garis keras!!
    No debat debat, pokoknya Miiko kudu bareng ama Tappei! *Lah maksa

    Aku pertama kali baca Hai Miiko kapan tuh lupa, pokoknya ini jadi salah satu komik favoritku dan aku sempet koleksi sebelum negara api menyerang. I mean.. semua komikku diloakin sama Mbah Uti :(

    Habis itu aku nggak pernah beli komik lagi, trauma.. *yah aku curhat dong!

    Cerita Miiko paling berkesan, pas dia ketemu peramal di pinggir jalan dan dikasih bola ajaib, terus dia time travel ke masa depan. Demi apapun, itu cerita tersweet selama baca Hai Miiko. Mereka udah pada remaja dan ternyata masih temenan. Belum lagi adegan cemburunya Tappei pas Miiko bareng Yoshida, aaawww!! Dan Miiko yang entah antara g peka atau pegimane sama si Tappei ini, gemes-gemes tapi kocag! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIDUP MAKSA!! xD

      HAAA SEDIH BANGET DILOAKIN T__________T bisa dipahami kalau kamu trauma :(

      Itu yang time travel ke masa depan ada beberapa sih emang, seru kan ya semoga sama Ono Sensei dilanjut beneran sampai dewasa biar nggak nanggung. u.u

      IYAAAA HAHAHAHAHAHAH aslinya Tappei sama Yoshida udah saling tau kalau target masing-masing ada cewek yang sama, cuman ceweknya ini nih bener kata kamu antara nggak peka ape pegimane bisa nggak ngeh gitu gemes :)

      Delete
  6. Aku jugaa tim Miiko dan Tappei πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜†
    Gemes bgd klo mereka berdua. Apalagi Tappei kadang dg gaya cool to perhatiannya ke Miiko. Anak kecil udah bs bikin greget πŸ˜†πŸ€£
    Btw, seru jg ya Mba, ada acara ngbrol bareng sesama penggemar Miiko. Ternyata itu yg ngadain Mba Sintia yaa. Aku follow dia di instagram krna suka bahas buku2 bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Thessaaa huhu dia kan tsundere ya jadi bikin deg-deganπŸ˜† seru banget, kemarin itu pertama kalinga aku ikut acara kayak gini mba, mood booster lah🌸 iya mba Sintia suka bahas buku, kalau aku cuma follow twitternya habis acara itu, dan waktu baca-baca blognya ternyata Ci Jane pernah komen di salah satu postingannyaπŸ˜‚ kita semua bertemu karena buku🌸

      Delete
  7. Komik miiko ini aku tahu, tapi ga baca. Jd agak blank pas baca bbrp tokohnya :D.

    Aku tahu ttg miiko dari temen yg tergila2 komik ini. Jd waktu itu dia komen di blogku, pas tulisan ttg museum bom atom Hiroshima yg aku pernah datangin. Temenku bilang salah satu cerita di miiko, ada ttg museum bom Hiroshima :D. Dari situ awal aku tahu ttg miiko :D

    Jd penasaran pgn baca juga mbaaa . Sbnrnya aku suka komik. Tp memang LBH suka komik yg jelas endingnya kapan wkwkwkwkwk. Jgn sampai di PHP seperti Conan dan topeng kaca hhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya mba Fanny, ada salah satu cerita Miiko yang dia berkunjung ke kota Hiroshima. Ceritanya agak menyedihkan karena tentang perang dan penderitaan rakyat sipil pada masa itu. Aku bacanya sampai nangis. :(

      Coba baca Miiko ini mba Fanny, siapa tau cocok karena ceritanya ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari hehehe. Aduh kalau Detektif Conan aku udah nyerah bacanya mba, ga sanggup udah banyak banget pula volumenya. xD

      Delete
  8. aku ketinggalan banyak soal miiko ini, hiks kemana aja aku yak
    kayaknya malah nggak pernah tau ini waktu dulu sering ke tempat persewaan komik
    yang diinget doraemon, conan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku dulu juga suka ngikutin Conan mba Ainun, kalau doraemon aku lebih suka serial tv-nya soalnya menurutku gaya gambarnya bagusan yang serial tvπŸ˜… coba mba kalau ada waktu ngikutim Miiko lagi, masih 30an volumenya belum nyampe > 50

      Delete
    2. baidewei, doraemon mau tayang filmnya yang itu tuh hehe

      Delete
    3. oh ada lagi mba setelah film Stand by Me? baru tau wkwk, makasih mba ainun infonya <3

      Delete
  9. Cung! #TeamMiikoTappei juga... XD
    Walau kadang sebel sama tsundere-nya Tappei, tapi kuanggap aja karena dia belum dewasa (yaiyalahh... anak SD gituloh :))) )

    Hai, Miiko! jadi satu2nya komik yang kukoleksi lengkap sampai edisi spesialnya. Sempat sedih karena setelah tahun 2012 ga bisa beli edisi baru karena pindah ke Jepang. Pas mudik disempetin sih, beli buat melengkapi koleksi. Tapi, mesti nunggu 2-3 tahun karena aku mudiknya jarang2 ^^"

    Terus baru setelah 5 tahun kemudian kepikiran, kenapa ga beli versi original bahasa Jepangnya langsung aja. Sungguh telmi sekali... wkwkwk...

    Sekarang setelah balik ke Indonesia, berasa sedih lagi deh, ga bisa langsung beli edisi terbarunya. ^^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk tsunderenya Tappei itu bikin gemes kalau sebagai pembaca, kalau sebagai Miiko pasti ngeselin ditsunderein tiap hariπŸ˜‚

      Nah iya mba Helvines aku mikirnya juga gitu tadi...kenapa nggak beli yang edisi Jepang kan lebih cepat🀣🀣🀣

      Iya kalau di Indonesia nunggu tahun baru dulu baru bisa beli edisi baru😭

      Delete
    2. Panggil Hicha aja, mba...
      Berasa lagi kerja kalau dipanggil Helvines wkwkwk

      Sebenarnya aku lebih aktif di wordpress. Tapi di reply as-nya cuma ada pilihan Google Account yg buat blogger, padahal mah kutak pernah menulis di blogger :))

      Bingung juga dulu pas daftar blogger makenya nama resmi ^^"

      Delete
    3. Oalah ini mba Hicha wkwkwk, nggak nyadar. Iya mba aku setting gitu soalnya nggak mau dapat komen anonymous huhu takut apalagi di blogku yang kpop tuh rawan ribut. T.T

      Delete
  10. Halo kak April, salam kenal ya.

    Jujur aku belum baca satupun komik hai miiko jadinya tidak bisa komentar banyak karena belum baca bukunya.

    Tapi sepertinya komiknya menarik ya, soalnya ceritanya ringan dan ada pelajaran hidup di setiap ceritanya.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agus salam kenal juga, hehehe gapapa Mas kan selera orang beda-bedaπŸ‘Œ Kalau ada waktu coba baca, lucu dan seru kalau menurutku🌸

      Delete
  11. Halo Mbak, kayaknya suka banget sama Miiko, ya. Saya dulu waktu masih SMP juga suka baca Miiko, tapi cuma punya beberapa volume :D

    walaupun udah bapak-bapak sampai sekarang saya masih suka baca komik miiko buat selingan :D

    Sekarang juga punya komik lengkapnya sih, mulai dari namaku miiko, hai miiko, cerita terbaik, fan book, zaman edo, hai miiko cilik juga ..
    Saya beli komik juga sebagai balas dendam di masa lalu yang belum sanggup beli komik miiko :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Edotz! Suka banget sampai nggak mau kelewat kalau edisi terbarunya terbit HEHEHEHE.

      Wah keren, memang status kehidupan nggak akan mengubah hobi yang menyenangkan. :p

      Wkwkwkwkwk sama mas, kebanyakan orang dewasa gitu nggak sih? Suka beli-beli yang dulunya nggak bisa beli. xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top