September 22, 2022

#JanexLiaRC: Babah Alun Naik Haji


Buku berjudul Babah Alun Naik Haji adalah buku non-fiksi yang berupa autobiografi perjalanan ibadah haji dari seorang muslim peranakan bernama H.M. Jusuf Hamka. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Versi yang ada di iPusnas adalah Edisi Digital, 2020, dengan ketebalan vii + 136 hlm.

Continue Reading
4 comments
Share:

September 19, 2022

#JanexLiaRC: Perjamuan Khong Guan


Apa pelajaran Bahasa Indonesia yang paling nggak kamu favoritkan? Kalau saya puisi. Menurut saya, puisi merupakan karya sastra yang paling susah dibuat dan dibaca. Dulu waktu masih sekolah, kalau bikin puisi itu rasanya meras otak banget milih kata-katanya. Cara membacanya juga kok gak bisa yang biasa saja nadanya. 😅

Continue Reading
4 comments
Share:

September 13, 2022

#JanexLiaRC: All is Fair in Love and Game


Sebagai mbak-mbak non-fiksi, bulan ini saya mau nyantai dikit. Kalau dipikir-dipikir dari awal tahun kemarin, walaupun sudah mencanangkan untuk membaca buku fiksi, sepertinya fiksi-fiksi yang saya pilih kebanyakan masih agak berat temanya (kalau nggak politik ya sejarah). Maka dari itu bulan ini beneran pingin baca buku fiksi yang ringan-ringan aja.

Continue Reading
4 comments
Share:

September 11, 2022

Documentary Movies About 9/11

Photo by History in HD on Unsplash 

Saat kejadian 9/11 terjadi, saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Masih kecil dan masih nggak begitu paham dengan berita. Waktu itu yang saya ingat hanya sebatas aksi terorisme yang merobohkan menara kembar World Trade Center (WTC) di Amerika Serikat. 

Continue Reading
6 comments
Share:

September 8, 2022

#JanexLiaRC: Duo Hippo Dinamis Tersesat di Byzantium


Sebagai fans tulisan Trinity The Naked Traveler, rasanya senang sekali bisa menyelesaikan membaca graphic travelogue ini. Duo Hippo Dinamis: Tersesat di Byzantium merupakan komik yang ceritanya terinspirasi dari salah satu cerita di seri buku jalan-jalan The Naked Traveler. Komik ini adalah karya Trinity dan Erastiany, dengan Sheila Rooswitha sebagai komikusnya.

Continue Reading
8 comments
Share:

September 6, 2022

#JanexLiaRC: Bagaimana Negara Mengatasi Krisis dan Perubahan


Akhirnya selesai juga membaca buku ini. UPHEAVAL karya Jared Diamond awalnya saya targetkan sebagai challenge warna biru, tapi sampai bulan Juli habis buku ini tidak tersentuh. Karena sampulnya fifty fifty alias ada biru dan ada putih, ketika JanexLiaRC mengumumkan tema bulan Agustus adalah putih maka buku ini saya masukkan ke daftar bacaan. Nyatanya sampai bulan Agustus berakhir, buku ini belum juga selesai dibaca. Untungnya bulan ini temanya bebas, jadi UPHEAVAL bisa dimasukkan lagi. What a journey. 😅

Apa yang menyebabkan buku ini lama untuk diselesaikan?

Continue Reading
No comments
Share:

August 24, 2022

#JanexLiaRC: Atomic Habits

Atomic Habits by James Clear, published by Gramedia Pustaka Utama, 342 pages.

This book was good at the beginning but then gradually slowed down. 

Atomic Habits dibuka dengan kisah sang penulis yang rajin melakukan kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari seperti tidur lebih awal dan bangun lebih pagi sehingga hidupnya lebih tertata dibanding beberapa temannya yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. James Clear juga menceritakan sebuah kecelakaan olahraga yang dialaminya yang membuatnya nyaris meninggal dunia. 

Continue Reading
1 comment
Share:

August 22, 2022

A Bali Road Trip Story


Bulan kemarin saya mendapat kesempatan pergi ke Pulau Bali lagi setelah empat tahun lalu ke sana. Bedanya dengan tahun 2018, sebulan yang lalu saya perginya lewat jalan darat dan bersama dengan teman-teman yang lebih menyenangkan. Jadi, di Bali merasa tidak sendiri. 😇

Continue Reading
10 comments
Share:

August 20, 2022

Going Back to Bromo after 10 Years


Dulu di tahun 2012 saya pernah ke Bromo dalam rangka praktikum kuliah. Karena kunjungannya dalam hal yang bersifat akademis, maka titik-titik yang dikunjungi di Bromo berbeda dengan kunjungan wisata. Hal ini saya sadari setelah minggu lalu datang ke Bromo sebagai (penerjemah pendamping) turis.

Continue Reading
4 comments
Share:

August 17, 2022

#JanexLiaRC: The Psychology of Money


Akhirnya warna yang saya nanti-nantikan sekaligus paling saya khawatirkan datang juga: PUTIH! 😆 Tantangan membaca buku dengan sampul berwarna putih saya nanti-nantikan karena seperti halnya buku bersampul biru, tumpukannya sama-sama tinggi. Lalu kenapa pakai khawatir segala? Karena datangnya setelah warna biru. 😂

Gagal santai. 😂 *ditabok*

Continue Reading
6 comments
Share: