October 19, 2017

Semarang Satu Hari


Selamat pagi!

Hari ini saya mau cerita tentang liburan ke Semarang.....satu bulan yang lalu. Rencana liburan ini sudah dari kapan tahun dan baru terwujud tahun ini. Kalau kata buku sidu "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali".

Cerita liburan ke Semarang akan saya bagi menjadi beberapa bagian: transportasi, destinasi, dan biaya.


October 10, 2017

Penasaran dengan Nenek Moyang Bangsa Sendiri


Masih tentang sejarah hehe. Kali ini buku yang berhasil saya baca sampai habis berjudul 'Kaladesa Awal Mula Sejarah Nusantara' karya Prof. Agus Aris Munandar yang diterbitkan oleh penerbit Wedatama Widya Sastra.

Kata kaladesa berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya 'waktu dan tempat' atau 'kesempatan yang baik'. Kalau dihubungkan dengan masa awal sejarah Nusantara, kaladesa dapat dijabarkan menjadi "pada waktu yang tepat dan baik, kepulauan Nusantara di Asia Tenggara memasuki periode baru, periode sejarah". Periode dimana masyarakat suatu peradaban mengenal tulisan.

October 9, 2017

Dari K-Pop sampai Wali Songo

*tulisan ini sudah ada di draft sejak tanggal 7 Oktober 2017* *sempet bingung mau dimasukkin di blog ini atau blog K-Pop satunya, tapi karena lebih banyak ngomongin tentang buku agama jadi yaudah ditulis disini aja*


Jadi hari ini saya baru selesai baca buku 'Sejarah Islam Nusantara' karya Rizem Aizid yang diterbitkan oleh Diva Press. Buku ini saya beli di akhir bulan Agustus dan nganggur sebulan. Baru pada awal Oktober ini saya baca dan selesai di minggu pertama.

Akhir-akhir ini saya jadi suka dengan sejarah, terutama sejarah tentang negeri sendiri. Semakin jauh mengenal K-Pop saya semakin merasa harus mengenal tanah air sendiri hahaha. Benang merahnya dimana antara K-Pop dengan nasionalisme yang mendadak membara ini?

September 26, 2017

Di Singapura


Alhamdulillah dapat kesempatan untuk mengunjungi Singapura. Durasi menginjak tanah Singapura kemarin sekitar dua malam dua hari. Tapi malam kesatu sama hari terakhir buat berangkat sama pulang, jadi waktu efektif di Singapura kira-kira sehari semalam aja.

September 25, 2017

Featured on Sealemon


Awal September kemarin saya lagi liburan ke Semarang. Kalau lagi liburan kayak gitu saya jarang banget mengaktifkan data internet ponsel supaya baterai awet haha. Ponsel sepenuhnya saya gunakan untuk ambil-ambil foto. Nah malamnya pas sampai di hotel di Semarang, data internet saya aktifkan lagi dan ada satu pesan dari sodara saya yang bikin saya terkejut senang.