December 30, 2022

The Only Games that I Know


Ngomongin soal game, perkenalan saya dengan game elektronik pertama kali adalah dari game watch (kalau orang-orang di kampung saya nyebutnya gembot). Di game watch yang ada di rumah dulu, permainan yang ada hanyalah Tetris (yang kalau berhasil ngebom tumpukan yang disusun, bunyi suaranya malah "bego lo" atau "boleh juga lo" WKWKWKWKWK).

Kemudian seiring berjalannya waktu tibalah era Nintendo. Di kampung saya dulu, orang yang pertama kali punya Nintendo adalah pakde saya sendiri. Super Mario menjadi permainan paling populer kala itu. Sebagai anak ingusan yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan nggak punya Nintendo sendiri di rumah, saya jadi sering main ke rumah pakde (padahal sebelumnya jarang banget). Siang-siang gitu sukanya ngintip lewat jendela ruang tamunya. Kalau sepupu saya sedang main Nintendo, saya langsung masuk ke rumahnya. Zaman dulu main masuk ke rumah orang terus tiba-tiba nimbrung ikutan main Nintendo yang punya rumah adalah hal yang biasa. Kalau sekarang kayaknya udah jarang yang seperti itu. rata-rata bocil sekarang mainnya di depan rumah (orang lain) rame-rame sambil mainan lato-lato.

Singkat cerita, bapak saya menunjukkan tanda-tanda mau beliin anak-anaknya Nintendo tapi jaim...sepertinya. Karena saya harus berjanji dulu kalau punya Nintendo bakal tetep belajar, mainnya hari Sabtu-Minggu aja dan hanya lima menit. Entahlah, dalam pikiran saya dulu main Nintendo lima menit itu kayak udah lama banget. Padahal...

Akhirnya Nintendonya datang juga. Tapiii karena yang berangkat beli adalah bapak dan ibuk, maka milihnya nggak terlalu tepat. Games yang ada di dalamnya hanya berkutat seputar Super Mario dengan berbagai tipe, contohnya Super Mario J yang Marionya bisa lompat jauh dan tinggi banget dan Super Mario G yang nggak bisa mengecil ketika menyentuh musuh. Lainnya saya lupa, pokoknya dikiiit banget jenis permainannya.

Lalu sepertinya kakak laki-laki saya (yang lebih luas pengetahuannya di dunia Nintendo) berinisiatif minta dibeliin kaset game yang bisa ditancapkan ke Nintendo agar permainannya menjadi jauh lebih banyak. Dan memang iya, permainannya jadi lebih banyak dan lebih seru. Rumah saya dulu jadi rame didatangi teman-teman dari sekitar rumah. Asli deh dulu itu hiburan emang dikit banget ya kalau dipikir-pikir. πŸ˜…

Anyway, game yang jadi favorit kakak saya dulu sudah pasti balap mobil F1. Gila itu kalau main dia nggak ada ngepot sama sekali mobilnya. Meanwhile...hamba... . Saya sampai ngambek waktu itu karena diketawain tiap mobil saya ngepot padahal sirkuitnya cuma bentuk elips biasa. Selain balap mobil F1, kakak saya juga suka game Spartan X (pukul-pukulan gitu deh). Terus dia juga jago banget anjer main Super Mario sampai tamat level 8 dan menyelamatkan tuan putrinya. Perasaan dia gak pernah kelihatan main Nintendo sebelumnya tapi kok jago banget. πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Pantes lah udah jadi anak sulung. *GAK ADA HUBUNGANNYA*

Kalau saya waktu itu suka banget main Islander Button sama ninja kecil-kecil yang ada kodok gedenya (kalau nggak paham tenang saja nanti ada videonya). Tapi dari kedua permainan itu, saya nggak pernah lolos sampai level tertinggi huhuhu. Rasa penasaran saya tentang level tertinggi kedua permainan tersebut terbawa sampai gede dan akhirnya terpecahkan di tahun 2022. Edaaan edan memang perkembangan teknologi ini ngeri banget. Dulu saya mana kepikiran bisa tau ending Islander Button di YouTube, internet aja nggak ada. Ternyata memang segala sesuatu itu harus ditunggu. Kita nggak akan pernah tau akan ada apa di masa depan.

Beberapa waktu kemarin saya jadi tenggelam mencari semua game Nintendo yang bisa saya ingat nama atau visualnya agar bisa menyusun sebuah playlist di YouTube untuk tujuan nostalgia. Rasanya mau nangis ketika bisa melihat games yang dulu nggak pernah bisa saya mainkan karena sulit, tapi akhirnya saya bisa tau level akhirnya bagaimana. TERHARU BANGET. 😭 Games tersebut adalah sebagai berikut:


Btw ada beberapa games seperti Mickey Mouse, Tenis, dan Mighty Bomb Jack yang saya masukkan juga di playlist tersebut padahal di kaset saya dulu tidak ada. Ketiga permainan tersebut ada di Nintendo versi lebih baru milik tetangga saya. Iya, seiring berjalannya waktu sepertinya banyak orang juga mulai beli Nintendo sendiri-sendiri di rumah. Permainannya pun lebih beragam.

Saya juga memasukkan games Plants vs Zombies dan Feeding Frenzy di playlist tersebut padahal games tersebut bukan games dari Nintendo. Dua games tersebut baru saya kenal ketika saya kuliah, HEHEHEHE. Ada juga games Super Cow tapi sepertinya videonya sedang di-private oleh pengunggah videonya. I really love Super Cow. Inget banget dulu mainnya sampai mentok baik level maupun piala yang dikumpulkan. Sayangnya komputer yang ada games Super Cow rusak, saya belum sempet back up datanya. HUHUHUHU SEDIH. 😭

Plants vs Zombie dan Feeding Frenzy masih saya mainkan sampai sekarang, hahahaha. Di saat banyak orang mainan PUBG dkk sampai push rank apa segala macem, saya tetep ke game jadul. πŸ˜… Ya mau gimana saya nggak bisa main games macam PUBG, wkwkwkwk. Gak tertarik juga. Jujur saya nggak nyaman dengan online game zaman sekarang. Saya pernah main Super Star K-Pop tapi ending-nya kecapekan sendiri karena melawan orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk meraih ranking tertinggi. Emang anaknya gak punya jiwa kompetisi yang besar. πŸ˜†

Kesukaan terhadap game jadul akhirnya membawa saya untuk konsisten main games yang ada di aplikasi belanja online berwarna orange, wkwkwk. Tipe permaiannya sama seperti games yang ada di handphone teman saya waktu kami SMA. Bedanya yang di aplikasi belanja bisa dapat koin untuk tabungan di aplikasinya. πŸ˜‚

Oh iya, mumpung ngomongin masa sekolah, setelah Nintendo berjaya ketika saya masih SD sepertinya PS juga mulai muncul. Saya ingat ada rental PS di kampung waktu itu. Isinya kebanyakan anak-anak laki-laki. Waktu saya ngintip mereka main, ternyata tampilan gamesnya 3D. Saya yang sudah terlalu familiar dengan games 2D jadinya bingung waktu itu, hahahaha. Permainan PS nggak pernah saya sentuh sama sekali sampai sekarang.

Waktu SMP, Nintendo di rumah rusak. Kasetnya pun sudah saya kasihkan ke keponakan. Waktu itu mikirnya udah nggak mungkin lagi main Nintendo, nggak mungkin kangen. Belasan tahun kemudian kangen dan Nintendo beserta kasetnya udah nggak bisa dimainin lagi, lmao. Btw waktu saya SMP itu games yang sempat saya mainkan adalah games zombie di komputer teman sekelas. Dia ceritanya anak orang berada gitu deh, jadinya punya komputer dan kenal permainan-permainan yang dimainkan di komputer. Games-nya seru karena banyak jump scare-nya.

Jika bisa disimpulkan, jenis games yang saya kenal dan pernah saya mainkan berdasarkan urutan waktu adalah sebagai berikut:
  • SD: game watch dan Nintendo
  • SMP: game zombie di komputer teman
  • SMA: game di handphone teman
  • Kuliah: Plants vs Zombie, Feeding Frenzy, Super Cow, game fashion show dan mahjong di komputer dan laptop
  • Kerja: Super Star K-Pop di handphone dan games di aplikasi belanja onlineπŸ˜‚

Tadi sambil mikir tentang tulisan ini, saya sambil browsing Nintendo. Kayaknya alat yang dibeli orang-orang di kampung saya tuh yang KW deh, HAHAHAHA. Soalnya tulisannya PolyStation dan belinya di pasar. πŸ˜†


*

4 comments :

  1. Postingan ini nostalgic sekalii XD

    Ngomong-ngomong soal nintendo, waktu aku SMP lagi mulai ngehits PS. Karena adekku mupeng sama almh.ibuku dibeliin. Tapi, ternyata itu nintendo, bentukan luarnya doang yang PS. Namanya pun bukan PlayStation, kalau ga salah PolyStation juga. Pantes aja waktu itu aku sebenarnya agak heran kenapa harganya bisa jauh lebih murah dari PS beneran :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha Polystation adalah teman anak-anak Indonesia 90-an. xD Seneng banget rasanya nostalgia tentang game-game di Nintendo. Anyway, Al-fatihah untuk almh. ibu mba Hicha. <3

      Delete
  2. Mba endaaaaah, aku auto ngakak baca trakhirnya 🀣🀣🀣🀣. Baru tau loh ada polystation hahahahahah.

    Aku pun awal2 nge games juga dari game watch. Tetris pastinya, dan games perang nembakin kapal gitu Mbaaa πŸ˜„. Seru tuuh. Setelah kluar Nintendo, papa langsung beliin. Games nya banyak, tapi aku ttp sukanya mariobroz. Ama yg sirkuit balap, itu seru sih 🀣. Aku jago kalo itu. Semua sirkuit aku cobain πŸ˜„

    Tapi kita sama, pas PS kluar, aku ga suka. Malah puyeng. jadi yg mainin ya adikku yg cowo. Dia mainnya pun hanya bola 🀣. Makin ga ngerti aku. Pindah ke games di PC kayak Solitaire dkk.

    Tapi kalo skr, games yg aku save cuma candy crush, toy blast, ama worm 🀣🀣🀣. Masih rutin aku mainin kalo ini πŸ˜„.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWKWKWK ya begitulah mba Fan, yang asli gabisa kebeli akhirnya pasar menyediakan yang KW. xD

      Tetris ini legendaris banget ya. Kayaknya ortu kita, generasi 80-an dan 90-an gak asing dengan Tetris. Mario Bros juga sih, wah favorit banget di games Nintendo. Kayak semua anak tuh mainnya Mario Bros dulu sebelum main yang lain-lainnya. xD Wehhh keren mba Fanny, aku dulu gasuka yang balap mobil soalnya susah. xD

      Iya kaaan, kayak langsung beda banget gitu gambarnya jadi 3D yang bikin bingung untuk orang yang telanjur familiar dengan 2D kayak kita ini. xD Haduh mba Faaan, bola PS tuh yang bikin aku bingung tampilannya. Siapa yang jadi player dan siapa yang figuran aja, aku gabisa bedain, hahahaha.

      Wkwkwkwk beneran nih kita satu frekuensi kalo soal games-games begini. xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top