June 17, 2021

ADA ALIEN DI LUAR ANGKASA?


Identitas Buku
Judul Buku: ADA ALIEN DI LUAR ANGKASA?
Penyusun: TIM KOK BISA
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 978-623-00-2434-4
Jumlah Halaman: 96 hlm.


Blurb
Buku ini akan menjawab pertanyaan paling besar yang ada di benak kita: Apakah kita hanya sendirian di luasnya alam semesta? Lewat buku ini, kita akan menjelajahi tanda-tanda kehidupan di luar Bumi, sampai usaha-usaha manusia untuk menemukannya. Mari kita mulai perjalanannya.

  • Berisi fakta-fakta menakjubkan tentang alam semesta
  • Dilengkapi dengan ilustrasi unik
  • Dibuat oleh tim yang berada di balik media edukasi terbesar se-Indonesia, Kok Bisa


Review
Sebagai penyimak konten video Kok Bisa, ketika mereka mengumumkan akan menerbitkan sebuah buku, saya penasaran sekaligus ragu untuk membelinya atau tidak. Alasannya karena sudah punya ensiklopedia dari National Geographic yang berjudul ANTARIKSAPEDIA. Kemudian di masa-masa bimbang itu, saya membuka-buka lagi ensiklopedia tersebut di bab yang membahas kehidupan di luar angkasa. Ternyata isinya tidak mendetail dan hanya ada satu sampai dua halaman saja pembahasannya. Hal ini membuat saya yakin untuk membeli buku Kok Bisa pertama yang berjudul 'Ada Alien di Luar Angkasa?' ini.

Awalnya saya kira kertas cetakannya sama dengan ANTARIKSAPEDIA, yaitu kertas glossy. Namun ketika bukunya datang, kertasnya bukan kertas glossy hehehe. Ini bukan sebuah kekurangan yang fatal sih, hanya saja memang perkiraan saya yang ketinggian. Ketebalan kertasnya pas dan cetakannya bagus, dalam artian tidak ada warna yang keluar jalur garis animasinya. Buku ini full color dengan berisi gambar-gambar ilustrasi khas Kok Bisa.

Buku 'Ada Alien di Luar Angkasa?' dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membahas kehidupan di luar bumi yang prediksinya sudah ada dari zaman Mesir, Yunani, India, dan Amerika kuno. Usaha-usaha yang telah dilakukan untuk menemukan kehidupan di luar Bumi dari tahun 1700an sampai zaman modern sekarang ini juga dijelaskan di bagian ini.

Bagian kedua membahas tentang perjalanan mencari alien. Usaha-usaha yang ada di bagian pertama, lebih didetailkan lagi di bagian kedua ini. Bab paling menarik bagi saya adalah pembahasan tentang Fermi Paradox, yaitu serangkaian pertanyaan dan dugaan mengenai kenyataan bahwa banyak planet di luar sana yang seperti Bumi tetapi belum ada kehidupan yang dapat berkomunikasi dengan kita. Setelahnya dibahas tentang hipotesis-hipotesis kehidupan di luar Bumi sebagai jawaban dari Fermi Paradox tersebut.

Bagian ketiga membahas pentingnya mencari kehidupan di luar Bumi, apa yang akan kita lakukan jika bertemu dengan alien, dan apakah kita siap bertemu dengan peradaban dari galaksi lain. Kehidupan di luar Bumi memang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan, bagian ketiga ini mengajak pembacanya untuk berimajinasi...and I found it is sooo interesting.

Buku ini tidak hanya membahas bagaimana jika alien lebih maju dari manusia di Bumi, tetapi juga kemungkinan kalau mereka adalah makhluk yang lebih primitif dari kita. Tidak ketinggalan pula pertanyaan bagaimana jika alien itu tidak ada. Disadari atau tidak, dengan terus mempertanyakan apakah kehidupan di luar Bumi itu ada, kegiatan ini mendorong manusia untuk terus mengembangkan teknologi sampai seperti sekarang.

Dulu, tim Kok Bisa pernah membuat sebuah video yang membahas tentang seberapa luas alam semesta ini. Jawaban singkatnya LUUUUUAAAAASSSSS SEKALI! Saya sampai merinding waktu nonton. Catatan kaki buku ini juga membuat saya merasakan itu lagi karena sepanjang 96 halaman, belum cukup untuk menampilkan tata surya dari Matahari sampai planet terluar tata surya (Matahari diskala menjadi berukuran 1.39 cm). Mentok hanya sampai planet Saturnus, saking luasnya. Itu baru tata surya, belum segalaksi Bima Sakti.

Karena hanya terdiri dari 96 halaman, buku ini isinya poin-poin penting saja. Khas seperti isi video-video di channel YouTube Kok Bisa. Cocok untuk dibaca anak-anak dan orang dewasa yang tertarik dengan tema luar angkasa tapi tidak punya banyak waktu untuk mengakses segala sumber dari website LAPAN, SETI, NASA, jurnal-jurnal ilmiah seperti PLOS ONE, dan sumber-sumber lainnya. Topik yang berat disajikan dalam tampilan ilustrasi dan narasi yang ringan serta mudah dipahami.


*
Endah April
Endah April

Hello! I write about K-Pop, traveling, books, movies, and life. Please enjoy my blog, thank you! Contact me: happinessanddelight[at]gmail[dot]com

14 comments:

  1. Well, aku termasuk orang yang percaya bahwa di luar bumi ada makhluk hidup lainnya. Simple aja, masak semesta segedhe ini, galaksinya banyak, dan pasti planetnya juga bejibun, cuman bumi doang yang ada makhluk hidupnya. Pasti ada, tapi teknologi kita belum mumpuni untuk itu. Atau jangan-jangan, mereka yang udah datang ke bumi dan membaur di sini sejak dulu kala. Siapa yang tahu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup kemungkinan kayak gitu bisa jadi memang sudah terjadi Pit, kitanya aja yang belum tau. Lagian kehidupan lain di luar Bumi juga udah diduga ada sama Stephen Hawking kan, jadi yaaa bisa jadi ada entah mereka lebih canggih atau lebih primitif dari makhluk Bumi. Lagian lagi, dari keseluruhan jagat raya ini, hanya 4% yang diketahui manusia, sisanya masih menjadi misteri. Lagian lagi lagi (wkwk) wujud kehidupan di luar Bumi juga bisa jadi wujudnya jasad renik kayak pas pertama kali Bumi kebentuk kan, nggak tentu selalu berwujud alien-alien yang digambarkan dalam film-film sci-fi.

      Delete
  2. aku suka kontennya kok bisa. Memang videonya ga lama, tapi riset dan pengumpulan data ga main-main. Belum lagi cara penyampaiannya yang mudah dipahami.
    aku malah baru tahu jika mereka juga merambah ke dunia buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu sebagai pengikut konten Kok Bisa!😁 Video nggak terlalu lama dan isi yang hanya yang penting-penting aja adalah kunci untuk menarik perhatianku HAHAHAHAHHAHAA siapa eloooπŸ˜† setuju sih riset mereka nggak main-main, sumbernya banyak tapi dikemasnya nggak bertele-tele, terus digambarkannya tuh dengan hal-hal yang bisa dipahami orang awam gitu. Kayak misal pas bahas benda apa yang lebih kecil dari atom, wah itu perbandingannya betul-betul disajikan dengan hal-hal yang ada di sekitar kita sehari-hari sih. Jadinya nggak bingung gitu membayangkan kecilnya kecil seberapa, karena kalau cuma pakai satuan unit yang ilmiah gitu kadang nggak kebayang jugaπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… wkwk bukunya ini pengumumannya ada di akhir-akhir video yang apa gitu judulnya, mungkin mas Vay pas kelewatan kali ya😜

      Delete
  3. Bukunya infomartif banget kayaknya nih.... walaupun keliatannya nggak terlalu tebel, tapi kayaknya seru juga, apalagi buku ini juga ada ilustrasinya.
    Bagus sih pasti, ngomongin alien yang waktu saya masih kecil selalu bikin penasaran :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informatif banget mas Edot, ilustrasinya dan cara peletakan narasinya juga bikin aku lebih nyangkut bacanya. Sama nih aku juga selalu penasaran sama hal-hal yang berkaitan dengan alien😁

      Delete
  4. Huuuu udah lama nggak nonton channel Kok Bisa, habis lihat review buku ini malah pengin ubek-ubek channelnya lagi wkwkwk.
    Aku pernah nonton videonya yang soal luar angkasa itu dan MERINDING JUGA DONG!! Aku sampai mikir "astaga, kita setitik debu aja nggak sampai! Dibanding sama luasnya tata surya ini!" Jadi bikin bersyukur sama kehidupan yang dikasih hingga saat ini *kok bahasnya jadi kemana-mana* 🀣
    Btw Kak Endah, buku ini tulisan vs gambarnya kalau dibandingin berapa persen? 50:50 atau lebih banyak tulisan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw ubek-ubek Li, tonton dari mulai kamu vakumπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ nyuruh-nyuruh. NAH KAN MERINDING JUGA😭😭😭 yesss aku juga merasa manusia tuh keciiiiiil banget di alam semesta ini, terus mikir mau petentengan kok ya apa banget gitu yaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ gapapa Li emang kalau bahas besarnya tata surya dan semua di luarnya itu suka bahasnya ke mana-manaπŸ˜† Kalau menurut aku malah 70:30 gambar banding isinya. Narasinya tuh nggak penuh satu halaman gitu lho. Backgroundnya gambar, terus disisipi tulisan, semoga kebayang ya kamu wkwk.

      Delete
  5. Naaah buku begini cocok aku baca bareng Ama anak2ku nih mba. Ga terlalu tebel, hanya menuliskan point2 penting, JD menjelaskan ke anak2 juga enak.

    Ntr mau cari deh bukunya. Aku juga selalu penasaran dgn apa yg ada di antariksa ini sbnrnya. Banyak pertanyaan, tapi mungkin memang ga semua bisa terjawab. Bukti kalo ada kuasa lain yg maha besar yang mengatur semua "keruwetan" di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Fanny, bukunya juga full color dan full gambar. Enak kalau dibuat baca bersama anak-anak. Bahasanya mudah dipahami.

      Yup benar sekali, nggak mungkin nggak ada yang ngatur dan nggak mungkin kalau semua ini hanya kebetulan semata. Terlalu detail untuk itu semuaπŸ˜‰

      Delete
  6. Apa cuma Aku yang nggak pernah nonton videonya KokBisa?? Padahal bagus banget videonya edukatif dan informatif.. tapi channel mukbang lebih menggiurkan buat ditengok πŸ˜‚πŸ˜‚

    Aku malah baru tahu kalau KokBisa ngeluarin Buku... keren2..
    Kalau soal kehidupan Makhluk di luar sana.., duhh, Merinding sebnernya.. secara langit tuh luas banget.. kita cuma butiran debu yg nggak ada apa2nya..

    Mungkin disana ada Bangsa Krypto, atau Bangsa Eternals atau bangsa Sorveign.. hahah 🀣🀣 mulai halunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHAHA coba mas Bayu nonton satu yang paling menarik topiknya, siapa tau nanti ketagihan. xD

      Aku juga kaget dulu mereka waktu announce bikin buku, kayak wow oke, mulai merambah media lain selain video, media yang lebih konvensional.

      Benar sekali~~~ kecil banget manusia ini, gitu masih ada yang petantang petenteng sok iye. xD

      WKWKWKKWKW monmaap nie apa mas Bayu ngomongin Star Wars universe? Wkwk.

      Delete
  7. huwaaa kemana aja aku ya, aku suka nih baca buku buku macam ensiklopedia kayak gini
    dan aku baru tau ada channel kok bisa. hiks sedihnya
    padahal ilmu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe mungkin mba Ainun lagi sibuk sama urusan lain jadinya nggak tau tentang Kok Bisa punya buku. Coba intip-intip dulu channelnya siapa tau nanti malah ketagihan. xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.