December 8, 2020

End of Year Book Tag 2020


Pertanyaan-pertanyaan yang ada di tulisan ini saya dapatkan dari
video Booktuber Kanaya Sophia. Kak Aya adalah booktuber dalam negeri yang saya favoritkan karena cara bicaranya nggak ada 'eeeee' sama sekali. Walaupun katanya sudah melalui proses editing (iya saya pernah komen tentang hal ini di videonya hahaha), saya tetep kagum dengan pembawaan Kak Aya dalam mereview buku-buku yang sudah dibacanya soalnya santai, pelan-pelan, jelas, dan nggak terburu-buru. Bagi yang suka review buku-buku fiksi thriller dan misteri, silakan cek channel Kanaya Sophia karena kak Aya seringnya mereview buku-buku dengan genre tersebut.

Anyway, enam pertanyaan ini Kak Aya dapatkan dari orang luar negeri dan sebenarnya cocoknya dijawab di bulan Oktober-November. Berhubung ada istilah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, jadi jawabnya di bulan Desember pun nggak apa-apa. xD

Baiklah mari mulai saja~~~


Are there any books you started this year that you need to finish?
Ada, buku Sejarah Rempah-nya Jack Turner. Bacanya mulai bulan apa ya lupa, hahahaha. Kemudian terdistrak bacaan fiksi akhirnya ngalah dulu yang bacaan berat karena otak rasanya bingung misahin apa yang mana. Rencananya sih tahun depan buku Sejarah Rempah mau saya lanjutin bacanya, tahun ini sudah nggak keburu hehehe. TMI, buku ini termasuk dalam rangkaian pembelian dalam rangka #DiRumahAja awal-awal dulu. :p


Do you have an autumnal book to transition into the end of the year?
Nggg...nggak ada, Indonesia hanya punya dua musim soalnya. Lagipula dalam hal baca buku saya nggak tergantung sama musim, lebih tergantung sama mood. :)


Is there a new release you're still waiting for?
Yup! Lagi nunggu rilisnya buku Mari Andrew yang berjudul My Inner Sky di bulan Maret 2021. Keterangan dari website resminya tentang My Inner Sky seperti ini:
A whole, beautiful life is only made possible by the wide spectrum of feelings that exist between joy and sorrow. In this insightful and warm book, writer and illustrator Mari Andrew explores all the emotions that make up a life, in the process offering insights about trauma and healing, the meaning of home and the challenges of loneliness, finding love in the most unexpected of places–from birds nesting on a sculpture to a ride on the subway–and a resounding case for why sometimes you have to put yourself in the path of magic. 
My Inner Sky empowers us to transform everything that’s happened to us into something meaningful, reassurance that even in our darkest times, there’s light and beauty to be found.

Saya suka banget sama gaya ilustrasi Mari Andrew, sederhana tapi maknanya dalam. Buku lain karya Mari Andrew yang pernah saya baca judulnya Am I There Yet.


What are three books you want to read before the end of the year?
Wah...ini, untung ngerjain QnA ini jadinya inget kalau punya rencana baca empat judul Goosebumps-nya R.L. Stine wkwkwkwk. Saya pingin baca cerita yang My Hairiest Adventure, The Cuckoo Clock of Doom, Monster Blood III, dan It Came from Beneath the Sink. Rencananya pingin baca per minggu satu judul, nyatanya sudah masuk minggu kedua Desember belum baca satu pun. :)))


Is there a book you think could still shock you and become your favorite book of the year?
Iya ada, buku The Origin of Species-nya Charles Darwin. Saya takjub sama buku ini karena nggak menihilkan adanya Tuhan. Dulu saya sering dengar desas-desus yang mengatakan bahwa baca buku The Origin of Species bikin ateis wqwqwq. Nyatanya ya enggak, mungkin yang bilang gitu belum baca bukunya.


Have you already started making reading plans for 2021?
Belum xixixixi. Sebenarnya ada enam buku yang pingin saya selesaikan baca di tahun depan tapi belum spesifik detilnya mau bulan apa.


Kalau kamu gimana?


*

14 comments :

  1. Waah aku udah lama ga nontonin Booktuber huhu...

    Endaaah yang Mari Andrews cover bukunya gemesin banget doong warnanyaaa 💕 Aku jadi penasaran pengin liat ilustrasi di dalemnya!

    Yang soal Origin of Species ini kayaknya emang yang suka ambil kesimpulan gitu tuh yang belum baca ga sih? Sering banget denger buku-buku sains dianggap menihilkan Tuhan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Eya booktuber yang biasa ditonton siapa?
      Bagus kan Kak warna warni gitu T_____T ilustrasinya itu bener-bener sederhana tapi maknanya dapet gitu lho Kak, aku seneng banget lihatnya.
      IYA HAHAHAHAHA gatau deh sumber yang ngatain ateis itu dari mana kok menyebar banget di sekolah dan universitas.

      Delete
  2. Hi Kak Endah, baca jawaban-jawaban dari Kakak benar-benar menarik! Sebab genre bacaan Kak Endah kayaknya beda nih dari aku dan judul-judul yang Kakak sebutkan di atas, baru aku dengar semua 😆 kecuali Am I There Yet. Kak Endah sering-sering update tentang buku dong ðŸĪŠ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Lia <3 Wkwk iya aku suka nonfiksi terus kamu suka fiksi, saling melengkapi lah ya xD
      Aku usahain nanti habis baca buku-buku yang mangkrak di rumah, reviewnya aku tulis di sini wkwkwkwk. Ada satu sebenernya yang udah selesai baca tapi belum dapet mood nulis reviewnya xD

      Delete
  3. Di luar negeri itu enak yaaa bikin book tag bisa nyocokin sama musim. Apalah daya kita cuma punya musim hujan dan kemarau bahahaha

    Btw, bacaan kamu menarik banget karena idem sama Lia, genre kita lumayan berbeda hahahaha tapi seru sih, daftar bacaan aku jadi lebih luas gitu lho, nggak itu-itu mulu yang dibaca hihi

    Cusss abis ini jawabin semua pertanyaan edisi JanexLia ya wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh lupa komen soal Booktuber Kanaya Sophia itu. Langsung ceki-ceki channelnya :D

      Entah kenapa ngomongin soal Youtuber yang kalau ngomong nggak pakai "eeee" teringat dengan Jenn Im kalau dia lagi bahas buku juga XD

      Delete
    2. Hahahahaha warga tropical paradise can't relate🙈
      Aku juga semakin tercerahkan lho Ci sejak ada JanexLia, jadi nambah pengetahuanku tentang fiksi atau self help Korea.
      Tentu saja~~ sudah masuk draft tulisan untuk QnA dari JanexLia hahaha tinggal jawab-jawab terus launching😆
      Ci...aku langsung tertarik deh sama Jenn Im begitu ini tadi klik videonya yang dia pinned(?), alamat otw stalking nih habis ini.

      Delete
  4. Toss dulu mba ✋, booktuber kak Aya juga jadi salah satu reviewer favoritkuu. Asik banget dengerin dia ngereview buku, koleksinya juga gak kalah menarik. Wah aku baru sadar kayaknya bacaan mba Endah lebih banyak nonfiksinya ya, salut juga sama orang yang banyak baca nonfiksi btw Am I there Yet bakalan jadi wishlist aku buat thn depan nih kayaknya, aku kepincut sama yg kamu bilang kalo tulisan penulisnya sederhana tapi maknanya dalam ðŸ˜ŧ😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu~ bertemu dengan sesama penggemar channel Kak Aya~ koleksinya banyak banget, mana pernah menang giveaway buku satu rak penuh dari acara BBW kemarin kayaknya ya, apa yang setahun yang lalu gitu.
      Iya banyak nonfiksinya wkwk, kemarin sempat main-main ke blognya mba Reka juga tapi belum sempat komentar huhu mohon maaf.
      Iya aku suka gayanya Mari Andrew di buku Am I There Yet, menenangkan gitu walaupun nggak spektakuler ngasih jawaban yang gamblang.

      Delete
    2. Wkwkwk gppa mba. Berkunjung aja aku udah seneng kok 😁👍ðŸŧ

      Delete
  5. Ketemu fansnya Kak Aya di blog! Tos dulu yok Mba hihihi 😆
    Aku juga suka banget nontonin Youtube Kak Aya karena kita sejalur dalam genre buku yaitu tentang misteri thriller dan dari Kak Aya aku dapet banyak banget list buku menarik.

    Btw Mba Endah keren banget bacaannya di dominasi non-fiksi! Aku baru baca beberapa halaman aja udah ketiduran lho Mba beneran tidur 😂 Jadi kalo liat orang-orang yang bisa betah baca buku non fiksi itu keren banget deh!

    Semoga list2 buku untuk tahun depan (6 buku ya) beneran dibaca dan bukan sekedar wacana ya Mba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAI MBA TIKA! Seneng bisa ketemu sama sesama fans Kak Aya >.< bener banget dan Kak Aya juga suka ngasih rekomendasi buku non fiksi walau nggak sering, aku paling suka kalau lagi bahas rapelan bacaan. Bisa dapat rekomendasi macam-macam dari situ.

      WKWKWKWKWK enak tuh kalau lagi insomnia langsung ambil buku non fiksi aja, selesai masalah xD Aku juga kagum sama pembaca fiksi, sering mereka itu lebih ekspresif imajinasinya daripada aku yang kayaknya kaku kebanyakan baca buku non fiksi T.T

      HAHAHAHAHHAH aamiin aamiin terima kasih mba Tik doanya~

      Delete
  6. boleh juga nih pertanyaannya
    baideweii, bukunya masih asing nih aku, saking banyaknya judul judul buku yang menarik, sampe bingung ya hahaha
    2021 ini astagahhh rajin beli di gramedia digital, tapi belum kebaca semua, gimana ini wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus jawab juga mba ainun hahaha, iya itu buku-buku banyakan nonfiksi mba, aku anaknya team nonfiksi. xD
      wkwkwkwkwk susah emang kebiasaan menimbun ini ya, i feel you mba ainun~~~ xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top