December 20, 2018

[#21] Pekerjaan Rumah Favorit


Kalau dipikir-pikir banyak juga ya pekerjaan rumah itu. Ada nyapu, masak, nyuci baju, nyuci piring, beres-beres, sampai benerin atap bocor. Yang terakhir ini nggak dilakukan sering-sering sih.

Saya paling nggak suka masak hehehe. Alasannya karena dulu pas kecil suka dimarahin kalau "salah" pegang suthil. ADUH APA SIH BAHASA INDONESIANYA SUTHIL??? Itu lho alat yang dibuat membalik tempe pas lagi digoreng. Lupa saya bahasa Indonesianya apa. Padahal saya ngerasanya ya nggak salah cara megangnya. Buktinya tempe bisa berhasil saya balik tanpa kecipratan minyak panas hahaha. Everyone has their own way but mommies don't like it lol.


Kalau nyapu saya biasa aja, tapi memang cenderung lebih milih langsung ngepel lantai tanpa nyapu sih. Soalnya kan lantai kalau disapu debunya bertebaran kan. Nah ini yang bikin saya bersin-bersin soalnya saya alergi debu. Jadi kalau nyapu saya selalu pakai masker. Pernah dinyekin tetangga dibilang keminyik atau bahasa Indonesianya sok gaya nyapu aja pake maskeran. Untung saja bisa menahan emosy jadi hanya saya balas dengan senyuman tidak dengan penjelasan judes panjang lebar tentang hubungan alergi dan alergen.

Seperti yang sudah saya bilang di postingan kemarin, sebelum punya mesin cuci nyuci baju adalah momok buat saya karena capek banget. Nggak sempat nyuci pakaian tiap hari jadi cucian numpuk di akhir pekan. Dan nyuci sebanyak itu secara manual sungguh menguras tenaga buat saya pribadi. Sejak punya mesin cuci pekerjaan nyuci baju sangat ringan sekali dan bisa diselingi mengerjakan perkerjaan lain seperti beres-beres rumah atau nyuci piring.

Beres-beres rumah nggak saya lakukan tiap hari. Biasanya sih pas menjelang hari raya Idul Fitri HAHAHAHAHAHA. Beres-beres besar kalau itu mah. Biar rumah nggak berantakan-berantakan banget pas ada banyak orang. Beres-beres tiap hari bikin saya capek makanya males ngelakuin huhu. Sejak punya buku Marie Kondo yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up", beres-beres jadi lebih mudah. Lebih mudah but still not my favorite.

Favorit saya adalah...NYUCI PIRING! Kegiatan ini sangat saya nikmati. Saking menikmatinya, pernah waktu masih kuliah saya pergi ke kontrakan temen dan ngelihat cucian piring mereka numpuk tinggi dan dengan senang hati saya cucikan. Bukan maksud pamer, ini adalah bukti bahwa saya suka banget nyuci piring. Gimana ya rasanya itu kegiatan ini sangat simpel gitu. Tinggal bersihin sisa makanan, gosok piringnya pakai sabun, lalu bilas di air mengalir. Udah. Nggak ribet kan.

Saya mendahulukan gelas, sendok, dan garpu kalau lagi di tempat cuci. Biar alat-alat ini nggak terkotori dengan sisa-sisa lemak di piring atau mangkuk. Biar nggak bau apa-apa. Habis gitu baru deh nyuci piring dan mangkuk. Setelah itu baru perkakas yang gede-gede kayak panci dkk. Saya suka pakai sabun cuci yang banyak biar nggak amis alat-alat makan dan masaknya. Sebel banget kan kalau mau makan tapi piring atau sendoknya masih beraroma rada-rada amis gitu. Ew.

Ada yang suka nyuci piring juga?


**
Endah April
Endah April

Hello! I write about K-Pop, traveling, books, movies, and life. Please enjoy my blog, thank you! Contact me: happinessanddelight[at]gmail[dot]com

No comments:

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.