December 6, 2018

[#12] Berjuang Menerapkan Kebiasaan Sehat


Topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang "tips hidup sehat versi kamu". Agak miris juga nulisnya soalnya selama ini saya belum 100% melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat ini haha. Lima kebiasaan ini masih dalam tahap standar hidup sehat yang seharusnya saya lakukan setiap hari tapi karena kebanyakan alasan jadinya ya gitu deh.


1. Sarapan pagi
Ini penting banget buat sebagian orang, karena sebagian yang lain katanya nggak suka sarapan kayak teman saya. Lambungnya nggak enak kalau ada isinya pagi-pagi, katanya. Kalau saya termasuk #TeamSarapan!! Kalau sampai nggak sarapan pasti akan ngemil mulu tapi nggak pernah kenyang dan konsentrasinya nggak bisa full kayak kalau sudah sarapan. Menu sarapan ideal harusnya ada karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Tapi berhubung nggak sempat masak sendiri jadi yang ada aja di meja makan diambil hahaha. Kadang karbohidrat sama protein aja atau kadang karbohidrat sama serat aja. *tips kesehatan macam apa*


2. Olahraga teratur
Ini nih yang susah huhuhu. Padahal dulu pernah rutin setiap pagi senam aerobik 15-30 menit sebelum mandi. Dampak yang saya rasakan adalah badan lebih bugar dan mood lebih bahagia.

sumber


3. Tidur cukup
INI LEBIH SUSAH LAGI HAHAHAHAHA. *curhat mulu* Padahal kalau diterapkan dengan baik di badan jatuhnya enak banget. Nggak gampang capek.

sumber


4. Mengkonsumsi madu, vitamin, dan susu
Nah kalau ini sering saya terapkan kalau badan udah mulai terasa akan tumbang. Biasanya kalau kemarinnya kurang tidur. -_____- Madu biasanya saya konsumsi dengan air, jadi minuman madu (manfaat madu bagi kesehatan bisa dibaca di artikel ini). Kalau masih lesu aja setelah dikasih madu baru tambah vitamin C dan susu. Susu yang saya minum biasanya susu sapi cap beruang yang iklannya ular naga wkwkwk (artikel tentang kandungan yang ada di dalam susu sapi ada di sini).


5. Menjauh dari drama di lingkungan sekitar
Poin terakhir ini untuk kesehatan jiwa. Biar seimbang dengan kesehatan fisik yang sudah didapat dari empat poin sebelumnya. Drama yang diciptakan oleh orang lain bisa sangat mempengaruhi psikis diri sendiri. Secuek-cueknya orang pasti akan terpapar juga hawa negatif yang disebarkan oleh orang di sekitarnya. Untuk itu menjaga kesehatan jiwa sangat penting. Selain menjauh dari sumber drama, yang mana sulit huhu *curhat lagi* tapi ya setidaknya kita berusaha nggak terlalu memberi mereka panggung, kita bisa menyibukkan diri dengan kegiatan yang kita sukai. Tentunya setiap orang beda-beda dong kesukaannya, tinggal pilih aja mana yang disukai. Cuekin aja sumber dramanya biar nggak stres. *berbicara kepada diri sendiri*


Itu tadi tips kesehatan dari saya, yang mana lebih cocok disebut curhat daripada tips. Semoga bermanfaat!


*

2 comments :

  1. Aku juga #TeamSarapan! Aku termasuk yang seneng nyiapin menu sarapan daripada masak buat lunch or dinner hoaahaha. Olahraga juga PR banget nih. Makin tua stamina berasa banget makin loyo. Yang paling keliatan karena suka madol olahraga ya berat badan deh nih T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk aku kebalikannya, lebih suka bantu-bantu pas nyiapin dinner, iyaaaa huhuhu makin ke sini rasanya metabolisme makin lambat -___-

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top