July 30, 2020

Oleh-Oleh Wisata Religi Wali Limo


Tiga tahun yang lalu, tahun Hijriah maksudnya, saya pingin banget posting tulisan ini. Tapi terkendala foto-foto yang sudah saya siapkan. Foto-fotonya entah ada di mana. Kemudian saya hilang minat untuk posting. Tahun ini mau Idul Adha lagi dan saya jadi merenung tentang Idul Fitri yang nggak ke mana-mana kemarin karena pandemi. Did I take 3 years ago for granted? I hope not.

31 Agustus 2017 M (9 Dzulhijjah 1438 H)

Berhubung besok Idul Adha, jadi hari ini saya mau cerita tentang liburan Idul Fitri kemarin. Mwehehehehe. Telat banget ya. Gapapa daripada nggak diceritakan sama sekali. Sayang.

Seperti yang sudah saya singgung di penutup tulisan ini, liburan Idul Fitri kemarin saya melakukan wisata religi ke makam Wali Limo. Ikut rombongan di kampung.

Siapa aja Wali Limo itu? Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gresik, Sunan Drajad, dan Sunan Bonang. Saya sempetin baca buku tentang Wali Limo biar nggak blank-blank banget waktu di lokasi. Belajar dari pengalaman mbak Enefwe (penulis buku 'Haram Keliling Dunia') yang pernah wisata ke istana Schönbrunn Austria kediamam Ratu Sisi. Katanya kalau baca tentang destinasi wisata lebih dulu sebelum berkunjung kesana, kita akan lebih menghayati objek wisatanya. Bener banget!

Tapi saya nggak akan cerita tentang Wali Limo di blog ini karena sejarahnya sungguh panjang, saling berhubungan satu sama lain, dan saya bukan seorang pencerita yang baik. Daripada nanti salah dan nggak paham mending kalau pingin tau, baca sendiri aja buku tentang Wali Limo. Hehehe.

Dengan berwisata religi, sebagai muslim salah satu keuntungan yang saya dapat adalah tau dimana lokasi tempat peristirahatan terkahir para wali yang dengan gigih menyebarkan ajaran agama Islam di pulau Jawa di tengah masa penjajahan Portugis dan Belanda. Kegiatan utama wisata religi jelas membaca tahlil. Dan menurut saya sendiri, kegiatan foto-foto sebaiknya nggak dilakukan di area makam. Biar sopan aja dan supaya nggak menganggu jamaah lain.

Berikut ini saya lampirkan hasil foto-foto di luar area pemakaman yang berhasil saya ambil. Sengaja ngumpulin foto-foto ini biar tetap ingat kalau tempat yang kayak gini waktu ada di area Sunan Ampel, kalau yang itu di area Sunan Drajad, gitu-gitu. Saya kadang suka bingung soalnya hehehe.

Area sekitar Sunan Ampel

Area sekitar Sunan Giri

Area sekitar Sunan Gresik

Area sekitar Sunan Drajad

Area sekitar Sunan Bonang


Akhirnya ubek-ubek lagi laptop nyari file foto-fotonya lagi. 😅 Cmiiw ya kalau ada yang salah area, terima kasih.


*

4 comments :

  1. Kak Endah, aku salfok sama area sekitar Sunan Drajad dong 😂
    Foto area sekitar Sunan Drajad banyak makanan gitu, aku kaget terus nyariin dimana kuburannya 🤣
    Terus baru engeh pas udah lihat foto terakhir, ternyata ini area sekitar makam-nya bukan makamnya sendiri 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWKWKWK iya aku ambil fotonya area sekitaran bukan pas di makamnya🤣takut ganggu orang lain

      Delete
  2. saya sampai sekarang belom pernah ikut wisata wali lima
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas suatu hari kalau situasi sudah mendukung :D

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top