November 9, 2021

Seperti Berkaca Membaca 'Semangat, Tante Sasa!'


[99% curhat, 1% review]

Sebagai tante-tante milenial berponakan dua, yang mana satunya adalah Zillenial akhir sedangkan satunya lagi generasi alpha, saya tentu ikut merasakan bagaimana rasanya mengasuh anak kecil. Yaaa...walaupun nggak 24/7 juga sih, hehehehe. Paling-paling dalam satu hari, saya hanya menghabiskan waktu 3-4 jam bermain dengan mereka. Itu pun sudah capek pake banget plz.

Makanya ketika membaca ulasan novel 'Semangat, Tante Sasa!' yang ditulis oleh mba Tika, Lia, dan Ci Jane, saya merasa nggak asing dengan beberapa hal tentang pengasuhan anak. Novel 'Semangat, Tante Sasa!' karya mba Thessalivia ini bercerita tentang seorang wanita karir yang harus menjadi pengasuh keponakannya yang masih berusia enam tahun. Wanita karir ini bernama Sasita, keponakannya bernama Velisa. Velisa dititipkan ke Sasita karena ibu Sasita pergi naik haji. Jadilah Sasita menjadi "ibu" untuk Velisa selama empat puluh hari.

Begitu mendapat kesempatan untuk membaca novel 'Semangat, Tante Sasa!', tentu nggak saya sia-siakan (THANKS A LOT LIII!). Di sela-sela pekerjaan yang lagi banyak, novel ini menjadi penghibur diriku di kala pikiran sedang ruwet.

Cerita di dalam novel ini dekat dengan kehidupan sehari-hari, nggak asing lah saat membacanya. Alurnya juga nggak membingungkan walaupun ada beberapa bab kilas balik. Selesai membaca novel ini, rasanya...the ending made me craving for a sequel. >.<

Anyway, hal yang membuat saya seperti melihat diri sendiri ketika membaca 'Semangat, Tante Sasa!' adalah kebersamaan Sasita dan Velisa. Sumpah ya Velisa ini bener-bener tingkahnya mirip dengan keponakan saya, hahaha. Misalnya kalau Velisa lagi makan tuh suka lamaaa banget selesainya. Persis dengan keponakan saya waktu dia TK dulu. Sarapan sambil nonton televisi, beuhhh...udah deh. Kalau nggak diingetin buat menyuap, lupa lah dia kalau lagi makan. Begitu diajak makan di luar, eh mendadak makannya jadi cepet banget. Mana ekspresi wajahnya happy lagi. πŸ˜‚

Selain tentang makan, kesamaan lain Velisa dengan keponakan saya adalah saat nonton YouTube. Apalagi keponakan yang paling kecil, udah gedenya di masa pandemi, yaudahlah jadinya akrab banget sama platform berbasis video itu. Bahkan jempolnya sudah ready untuk menekan 'Skip this Ad'. πŸ™‚ Begitu diajak bermain permainan yang mengasyikkan, dia lupa dengan ponsel.

Hohoho...semudah itu ternyata perhatianmu teralihkan. *digampar* *APANYA YANG MUDAH HAH APANYA* 😭

Main sama anak kecil memang asyik, tapi capeknya brooo...nggak nahan. πŸ˜‚ Kalau main board game sih masih mending ya, kalau sampai dia ngajak kejar-kejaran atau main engklek gitu...udah deh umur nggak bisa bohong. Anak kecil sungguh energinya luar biasa nggak habis-habis.

Tularkan energimu ke tante dong say biar akika kuat menghadapi dunia. /PLAK/

Walaupun kadang sebel dan capek menemani anak-anak bermain (karena doi nanya mulu cuy, bahkan untuk pertanyaan yang sebenarnya dia tahu jawabannyaπŸ˜‚), lalu kalau tiba-tiba mereka spontan mengeluarkan kalimat ajaib seperti "terima kasih ya tante sudah mau main sama aku" atau "senang banget main sama tante", wahhh...tetep capek sih LOL. Tapi jadi langsung gemes dan bahagiaaa. Berasa orang penting sedunia huhuhuhu. Sayang keponakan-keponakanku dan Velisa. Terima kasih sudah membuat tante lupa sejenak dengan kecapekan duniawi. ❤

Duh...anak kecil tuh emang inosen banget ya, jadi kalau misalnya kita (kita???) kesal dengan hal lain tapi kemudian jadi marah-marah ke mereka, mereka cepet banget maafinnya. 😭 Jujur waktu baca bagian ini saya pingin nangis deres teringat kelalaian di masa jahiliyah. Pingin lari ke rumah meluk para keponakan. Namun apa daya motor masih diservis. Iya, saya bacanya di ruang tunggu bengkel. Hehe hehe.
 
Tips: Sangat tidak disarankan membaca novel 'Semangat, Tante Sasa!' di ruang publik untuk pembaca yang gampang mewek seperti hamba. JADI NGGAK BISA NANGIS! πŸ˜–

Hubungan Sasita dengan ibunya yang diceritakan di beberapa bab juga membuat saya ingin meneteskan air mata. Komunikasi yang baik antara orangtua dengan anak memang sangat penting.

Komunikasi yang baik juga berlaku di lingkungan pekerjaan maupun percintaan. Sasita ini tuh orangnya nggak enakan (wow sungguh mengingatkanku pada masa awal-awal bekerja hahahaha). Nggak enakan ke orang lain ini bisa jadi memberatkan kita sih, tapi untuk mengatasinya juga nggak mudah. Oleh karena itu, saya pingin peluk satu-satu orang-orang yang mudah merasa nggak enakan ke orang lain baik yang sudah berhasil mengatasinya maupun yang masih dalam proses. It must be really hard buddy but you are matter just like everybody else. You also deserve to be happy just like everybody else. πŸ€—

Tentang percintaan...hmmm intinya jangan pernah menjalin hubungan dengan orang yang sudah punya ikatan pernikahan dengan orang lain. Just don't. Baca deh novel ini biar tahu gimana ribetnya Sasita menjalin hubungan dengan pria beristri. HHHHHHHHHH.

Novel 'Semangat, Tante Sasa!' berisikan banyak pelajaran hidup tentang kasih sayang dan keikhlasan. Hati rasanya hangat begitu selesai membacanya. Udah plotnya nggak bikin mikir, ada tips mengasuh anak kecil pula yang dirangkumin sama mba Thessa. Gimana nggak seneng coba bacanya. ❤

Kalau kamu sedang mencari bacaan fiksi dengan genre keluarga dan konfliknya nggak segengges sinetron tanah air beta, I recommend you to read 'Semangat, Tante Sasa!'. Semoga bisa merasakan hati yang hangat juga nanti pas baca ya.

Cukup sekian ulasan novel fiksi dari seseorang yang hobinya baca buku non-fiksi. Harap maklum jikalau isinya banyakan curhat. 😝

See you on my next post. Have a great day!


*

P. S.
Tbh saya dipanggil "mbak" bukan "tante" sama para ponakan wkwk. Ya kayak Jan Ethes manggil "mbak Ayang" ke Kahiyang gitu deh~ πŸ˜†


#penting

*

P. P. S.
I also made a video version of 'Semangat, Tante Sasa!' review😝 check it here: Review Novel: Semangat, Tante Sasa!


**

16 comments :

  1. Kalau novelnya relate banget sama diri sendiri, tingkat bapernya bisa berkali-lipat ya Mbak ... Semangat, Tante Sasa! ini emang novel yang bisa bikin nyesss pembacanya ngeliat anak sekecil Velisa harus hidup tanpa kasih sayang kedua orangtua, disamping itu kita juga dibikin gemes sama kepolosannya Velisa :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Edot, langsung flashback ke masa lalu waktu ponakanku yang gede itu masih seumuran Velisa, inosen banget huhu mana aku penuh dosa😩

      Ya ampun kalau ngelihat kondisi Velisa nangis-nangis kangen orangtuanya tuh kayak...byaaarrr pingin nangis seember😭

      Delete
  2. Seru yah novel mba Thessa, saya belum selesai baca tapi bisa relate dengan apa yang mba Endah bahas. Soalnya saya punya banyak keponakan, dari anak-anak para sepupu, sampai anak-anak para sohibul hahahaha πŸ˜‚ Secara nggak langsung, paham pusingnya jadi Sasa πŸ™ˆ

    By the way, mba Endah dipanggil mba oleh keponakan? Mirip saya juga, saya dipanggil Tante oleh cucu saya gara-gara beberapa keponakan saya ada yang sudah punya anak πŸ˜† Berhubung bude-bude saya beberapa sudah pada punya cicit semua, jadi deh sekarang status saya nenek-nenek untuk beberapa anak πŸ˜… *curhat*

    Terus tadi saya lihat Youtube mba Endah, langsung tertarik sama cara sampul plastik buku tanpa selotip hihihi, thank you tips and trick-nya, mba Endah πŸ₯³πŸŽ‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya Kak Eno, cerita di novelnya deket banget sama hidup kebanyakan dari kita-kita yang punya ponakan. xD

      OMG SAME HAHAHAHAHA, tbh aku juga udah nenek-nenek Kak Eno. Dan sama kayak Kak Eno, cucu itu manggilnya tante. xD Dia anak keponakan aku yang keponakan ini usianya cuma beda 2 tahun aja sama aku, efek ibuk punya sodara buanyak jadinya begini wkwkwkwk.

      Yuhuuu asik tips dan trikku berguna~~~ sama-sama Kak Eno, makasih udah main-main ke channelku. Untuk video menyampul plastik itu sebenernya nanti ada juga postingan buat blog, masih di schedule hehehehehe.

      Delete
  3. I feel you Kak.... aku malah kalo udah capek main sama keponakan di malam hari pake pura-pura tidur dulu biar gak di ganggu eh tetep aja digangguin jugaπŸ˜‚, ada aja kelakukan mereka supaya tantenya bisa main bareng. Keponakanku anteng kalo udah di kasih video atau games sama tuh kayak Velisa yg nonton sampai tengah malem πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHHAHAH SAMAAAA, kadang kalau kita pura-pura tidur, sama mereka malah dicolok-colok matanya nggak sih??? xD Atau kalau nggak gitu kitanya dinaikin sama mereka biar kita bangun. xD

      Delete
  4. HAHAHAH..
    Aku juga mengharapkan Sequelnya :D Sasita jadinya nikah nggk ya sama Bapak yang itu tuh 😁 *Colek Mba Thessa

    Aku suka banget sama bukunya.. Soalnya emang relate banget. And yess bener. Main sama anak tuh Ya Allah capek banget.. Mereka masih bisa haha hihi hoho sedangkan kita udah gubrakk.. Kecapekan, apalagi kalau udah diajak main kuda-kudaan. Ya Ampunn.. pinggang auto bengkok kayanya.. hahah

    Awal baca tuh, greget ya sama si Sasa.. wkwk. sama agak greget juga sama mamanya. Duhhh.. Tapi untung dibuat happy ending. πŸ˜„ Keren sih Mba Thessa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi so sweet banget mereka ketemunya. <3

      BENEEERRRR, sumpah kayak mereka nggak kenal capek. WKWKWKWKWK alhamdulillah ponakanku nggak minta main kuda-kudaan. Semangat buat punggungnya mas Bayu. :p

      Iyaaa greget banget apalagi bab bagian cinta-cintaannya kaaan, hih. Indeed, tulisannya dilirik sama penerbit besar, we are proud of mba Thessa!

      Delete
  5. masih proses baca dan belum selesai
    ceritanya simple menarik dan emang relate sama kita kita nih
    aku aja dipanggil bude sama keponakan, kalau dipanggil diarea rumah masih oke lah, pas dipanggil di tempat umum kayak gimana gitu hahahaha
    jadi kalau sama mereka, aku sukanya manggil ke diriku sendiri "ayoo sama mbak ainun", biar mereka ikut ikut manggilnya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha menolak tua ya mba Ainun kita. xD Semangat bacanya~~~

      Delete
  6. Endah dipanggil 'mbak' sama keponakan, kalau aku dipanggilang 'Eya' doang sama anak-anaknya temen-temenku wkwkwk... Mungkin karena nyebut Eya tuh gampang buat anak-anak yang baru bisa atau masih belajar ngomong, tapi ada yang sampai besar juga masih manggilnya Eya doang ga pakai tante atau kak atau mbak wkwkwk... Not that I complain tho πŸ˜‚πŸ˜‚

    Aku belum kebagian bukunya karena pengin yang edisi tandatangan Mba Thessa wkwkwk...

    Emang kalau baca cerita fiksi tapi relate sama kita tuh senengnya jadi dobel, bacanya jadi lebih apa yaa seneng gitu kayak jadi merasa ga sendiri walaupun samanya yaa sama kayak karakter fiksi πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHAHA cara barat nggak tuh manggil nama aja. xD Mungkin gitu ya Kak, berasa manggil Eya aja tanpa embel-embel tante/kak/mbak udah kayak (((ketempelan))) embel-embel itu. Penasaran sama reaksi teman-teman Kak Eya kalau anaknya cuma manggil Eya aja ke Kak Eya. xD

      Hooo selamat menanti bukunya~~~ Iyaaa bener, berasa ada teman senasib sepenanggungan. :p

      Delete
  7. Mba Endaaah, makasii banyak yaa udah baca kisah Ve dg Tante Sasa. Sampe dibuatin reviewnya juga 😍😍

    Suka jg baca curhatannya Mba Endah πŸ˜† Karena Sasita adalah banyak orang kaya kita semua, yg kadang suka ga enakan walaupun ujung2nya malah ngerepotin diri sendiri πŸ˜† Dan aku ngakak baca klo anak2 emang baterenya ga abis2 yaa. Hehehe.. Malem kadang kita kadang jg udah lima watt, mereka masih aja seger pdhal siangnya jg ga pd tdr siang πŸ˜†

    Sekali lg makasii ya Mbaa. Cus aku mau meluncur ke youtube channelnya Mba Endah dulu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. MBA THESSA~~~ makasih sudah nulis cerita yang heart warming seperti 'Semangat, Tante Sasa!'~~~

      Hahahahaha sekalian curhat mumpung ada teman senasib sepenanggungan aka Sasita. xD Bener bangeeet astagaaa...malah kemarin itu ponakanku baru minum obat flu. Kan bikin ngantuk ya, dia tahan dong nahan nggak tidur. Energinya banyak banget mbok ya ditularin ke tantenya ini. :)))

      Sama-sama mba Thessa, makasih juga udah mampir ke sini dan channel YouTube-ku. <3

      Delete
  8. Aku jadi ga sabaaaar mau baca buku mba thessa ini, tapi rasanya masih harus nunggu dulu Krn antrian buku yg mau aku baca Minggu ini masih banyak sbnrnya 🀣. Berhubung pernah baca buku mba thessa sebelumnya, aku sedikit kebayang bakal seperti apa bukunya kali ini :D. Kemarin itu pas buku ini kluar yg versi fisik, LGS meseeen, demi bisa dpt TTD mba thessa juga πŸ˜„.

    Kayaknya nih buku bisa ngajarin aku banget ttg cara ngadepin anak2, Krn selama ini jujurnya aku dibantu babysitter. Tanpa si asisten, rasanya ga bakal bisa mendidik anak2 jadi kayak skr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk kalau bacaannya udah abis, langsung gas baca mba Fan. xD Nah itu dia aku belum pernah baca buku Nikah Muda-nya mba Thessa huhu.

      Iya mba Fanny, tips-tips di dalamnya berguna. Aku juga nerapin beberapa tipsnya ke keponakanku hehehe.

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top