January 7, 2024

Tahun Baru, (Pengumuman) Template Baru~


Pengumumannya telat banget, template-nya udah ganti sejak tanggal 5 Desember 2023. πŸ˜‚ Yes, saya akhirnya memutuskan untuk ganti template berbayar setelah dari 2014 pakai template gratisan terus. Apa yang membuat saya akhirnya ganti ke template yang sekarang?

Suatu hari di akhir November atau awal Desember, lupa, saya melihat-lihat beberapa postingan lama di blog sendiri. Postingannya sih nggak ada masalah ya, yang bermasalah adalah adanya profil Google saya di bagian bawah tampilan blog sebelum kolom komentar. Saya pinginnya profil tersebut nggak tampil lagi karena kok kayaknya nggak efisien aja. Soalnya udah ada laman About Me juga kan.

Profil tersebut juga tulisannya nggak berubah walaupun bionya sudah saya edit via akun Google. Nggak otomatis nyambung ternyata. Saya mencoba cari cara untuk mengedit dan bahkan menghapus tampilan profil itu tapi nggak nemu. Mau coba mengedit kode htlm template kok ya pusing. Yaudah cari cara yang mudah aja, yaitu...ganti template berbayar.

Referensi saya perihal template blog masih sama dengan awal-awal ngeblog dulu, yaitu menu arsip harus mudah diakses oleh diri sendiri soalnya saya suka baca-baca postingan lama di blog sendiri. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Selain itu tampilannya juga harus tersedia dengan gamblang dalam sekali klik supaya mudah mengamati dalam satu tahun udah pernah nulis apa aja. Pokoknya yang kayak blognya Kak Icha (Annisa Steviani), Kak Eya, dan Ci Jane.

Mereka bertiga pernah menulis pengalaman ganti template berbayar. Kalau Kak Icha pakai template dari Vefio Themes, sedangkan Kak Eya dan Ci Jane pakai yang dari Skyandstars. Setelah melalui beberapa pertimbangan, terutama kemudahan akses pembelian dan harga, pilihan saya jatuh ke Skyandstars.

Skyandstars punya website sendiri. Website-nya ringan dan navigasinya jelas banget. Tata cara pembelian template dan keterangannya juga mudah dipahami. Harga di website-nya cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan jika membelinya dari platform pihak ketiga. Template yang saya pilih namanya Clarity Blogger Template.

Setelah melakukan pembayaran, saya nggak langsung mengunduh file template-nya karena masih ribet di kantor. Berdasarkan pengalaman yang lalu-lalu kalau ganti template tuh bakalan ngabisin waktu seharian untuk nata ini itunya. Angel (owner Skyandstars) bahkan sampai mengingatkan kembali kalau file-nya belum diunduh. πŸ˜…

Setelah load kerjaan menurun, saya unduhlah template tersebut. Waktu itu sore hari, saya udah pasang kuda-kuda untuk bersiap ngurusin template sampai malem. Ternyata pemirsa...nggak sampai dua jam dua blog saya udah beres ganti template, termasuk ngilangin residu dari template sebelumnya, yang prosesnya ternyata nggak seribet waktu ganti dari template gratisan satu ke template gratisan lainnya. πŸ₯³ Template berbayar memang beda kelas. πŸ‘Œ

Guideline yang dikirim bersama dengan file template-nya sangat jelas menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan supaya tampilan blog bisa sama dengan demo yang ada di website Skyandstars. Nilai plusnya lagi adalah Angel cepat merespons email pembeli dan memberikan solusi ketika permasalahannya tidak bisa ditemukan di guideline. Di website-nya kan dia bilang akan merespons dalam 24-48 jam. Nah, dia stick to that statement. Jadi, sebagai pembeli nih nggak was-was dengan template yang baru dibeli dan nggak merasa digantungin akan dibalas kapan email-nya. πŸ’—

Di dalam proses ganti template ini, saya sudah lebih berpengalaman daripada yang lalu-lalu. Blognya saya private dulu, baru utak-atik, wkwk. Dulu tuh pernah blognya nggak saya private karena nggak kepikiran. Ganti template ini itu segala macem sampe stres dan balik lagi ke template Watermark Bubblegum bawaan Blogger karena udah sebel banget kok nggak bagus-bagus juga hasilnya. Akhirnya blognya saya tinggal offline apa adanya begitu. Kalau nggak salah inget ya, Lia pernah komen menyaksikan template blog apa adanya itu. πŸ˜‚ Inget nggak, Li? πŸ˜‚

Begitulah cerita tentang bagaimana akhirnya template blog ini menjadi seperti sekarang. Blog K-Pop saya juga pakai template ini btw, biar hemat dan nggak ribet, wkwk. Biar orang-orang ngeh juga kalau pemilik My Big Mini World dan Happiness and Delight adalah orang yang sama. πŸ˜† Pede banget kayak ada yang notis. πŸ˜†

Anyway, di Skyandstars pilihan template untuk Wordpress tersedia lebih beragam daripada Blogger. Siapa tau teman-teman yang memakai Wordpress pingin ganti template bisa ke website Skyandstars. Cakep-cakep template-nya. >.<


*

24 comments :

  1. Waaah selamat mbak endah buat template premium barunya😁
    Bagus mbak tampilan template blognya.. cakeeep
    Untung banget yaa beli template bonus CS-nya cepet responnya dan alhamdulillah sekali beli langsung cocok... kalo saya sempet ada drama yang punya template slow respon berhari-hari dan empat kali beli baru cocok πŸ˜…

    Btw, itu di bawah header, tulisan My Big Mini World ada spasi lumayan lebar, emang gitu tampilannya ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Edot. Iya pas baca tulisan mas Edot tentang beli template baru itu dulu aku ikutan stres bayanginnya. πŸ˜… Alhamdulillah akhirnya happy ending ya dengan template mas Edot yang sekarang.

      Nggak, itu space buat iklan wkwkwkwk. Kadang muncul kadang enggak iklannya. Aku sendiri masih males benerinnya, jadi yaudah aku biarin kayak gitu aja selama menurutku nggak ganggu tampilan. 😁

      Delete
  2. Selamat atas tampilan baru blognya,
    Looks sweet :)

    ReplyDelete
  3. Menurutku pilihan yang tepat Kak Endah beli template blog di Skyandstars karena di sana templatenya aku lihat-lihat emang bagus-bagus banget, clean dan manis apalagi pink πŸ˜†
    Aku ingat pertama kali notice template baru Kak Endah wkwk waktu pertama lihat berasa banget lebih fresh dan kayak ada manis-manisnya gitu(?). Congrats untuk template barunya, Kak πŸ₯°

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk maaci LiiiπŸ₯° Iyaaa Skyandstars ini suits my style banget, hahahahah.

      Delete
  4. Duhh jadi pengenn.. 🀣 tapi ngebayangin prosesinya itu bikin males dluan.

    Tapi setuju sih, template yg gratis tuh kadang lieur gtu ngutak-ngatiknya 😭. Begelibet... Makanya aku beli template juga. Belinya di Mas Sugeng... Dan iyah proses pergantiannya jelas banget... Mau nanya apa juga pasti dibales..

    Btw, templatenya cakep mba.. simpel elegan gtu..🀩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaci Mas Bay~~ yuk ganti template lagi yuk. *kompor* *dijambak* πŸ˜† Iyaaa, kalau ada dana mending beli template ternyata daripada pakai gratisan soalnya kalau beli itu berkorban uang, kalau pakai gratisan berkorban emosiiiik. πŸ˜†

      Delete
  5. begitulah bedanya berbayar dan gratisan.. ada harga, ada rupa! πŸ˜†

    duh jadi pengen ganti template juga ini πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! Kalau udah ngerasain yang premium gini baru nyadar kenapa nggak dari dulu belinya. 🀣

      HAHAHAHAHA yuk mas Zam bisa yuk ganti juga yuk~ 🀣🀣

      Delete
  6. IHIYYYY TEMPLATE BARUWWW <3<3<3

    Ci Angel tuh sangat sangat helpful, ya kan? Pokoknya tiap kali ada problem langsung minta tolong beliau, sat set terima jadi 🀣 Terus template Skyandstars simpel namun elegan, makanya masuk banget di kriteriaku. Ini template yang kamu lucuk, branding-nya MBMW banget XD

    Abis ganti template berbayar, ngerasa lebih harus rajing ngeblog nggak sih, Ndah? WKWKWK

    ReplyDelete
    Replies
    1. OHOHOHOH MAACI CI JANEEE😍πŸ₯°πŸ₯°πŸ˜†πŸ˜πŸ₯°

      Helpful banget ya ampuuun, ga nyesel berbisnis dengan Ci Angel. πŸ₯³ Beneeer emang Ci Jane panutanku di dunia pertemplatean blog, hahahaha.

      IYAAA, astagaaa semoga tahun ini lebih rajin ngeblog biar lebih banyak memori yang terekam di blog berpenampilan baru iniii. πŸ˜πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Delete
  7. Endah, aku tahun 2024 rencananya juga mau ganti template berbayar, alasannya lebih kurang sama kayak kamu. Udah cek sana sini emang kecantolnya sama template skyandstars di etsy, tapi belum purchase. Untung aku baca artikel kamu, jadi tau kalau ownernya juga jual di website sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay!!! Yuk mba Dila direalisasikan ganti templatenya. πŸ’ͺπŸ₯³πŸ§‘🧑

      Delete
  8. wow, selamat ya mbak Endah dengan template barunya. Selamat tahun baru juga saya ucapkan, semoga di tahun ini menjadi lbh baik dari tahun sebelumnya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Maaci banyak, walaupun telat aku ucapkan selamat tahun baru jugaπŸ₯³πŸ₯³

      Delete
  9. Kalau template baru kayak gini biasanya bikin semangat untuk ngeblog deh..hahhahaa

    Templatenya bagus. Bersih dan navigasinya jelas. Pada bulan lalu buka blogmu merasa ada yang beda dengan tampilannya (ya karena artikelnya ga ada yang baru..wkwk).

    Ku ga paham dengan kekorean jadi ga singgah di blog satunya. Bisa baca sih, tapi ga tau mau komen apa..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wkwkwkwkwk. πŸ˜†

      HAHAHAHAHA semoga habis ini sering update blog biar isinya ada yang baru. πŸ™ˆ Thank you mas Vay sudah berkunjung. πŸ₯³

      WKWKWKWKWK rada alien kayaknya emang bahasa fans kpop kalo buat non-fans yak. πŸ˜†πŸ™ˆ

      Delete
  10. akhirnya w ikut juga beli template di skyandstars. tampilannya clean✨ milihnya template apa, eksekusinya template apa wkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
  11. Tampilannya cantik, nyaman banget di mata ;)

    ReplyDelete
  12. Sayang laptopku LG rusak, jadi cuma bisa liat perubahannya dari hp , yg mana kdg ga terlalu jelas berubah kalo ga notice benar2 πŸ˜„. Barusan mau nanya ttg space lumayan gede di atas, tp ternyata udh ditanya mas Rivai, dan but iklan toh yaa.

    Oke berarti tinggal nunggu mba Endah rutin update nih πŸ˜„πŸ˜„. Kan udh rumah baru hahahaha. Eh design baruu maksudnya 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk soalnya masih sama-sama putih juga background-nya dengan theme yang dulu. Mas Edot mba Fan yang nanya. Iya gap gede itu kadang muncul kadang enggak iklannya. Kalau pakai ads blocker gapnya bisa ilang. xD Hahaha makasih mba Faaan, semoga aku makin rajin ngeblog dan punya waktu banyak untuk nulis blog. xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top