November 27, 2018

[#2] Tema Blog Favorit dan [#3] Makna di Balik Nama Blog

Dua tema challenge dijadikan satu tulisan. Okesip. Semalas ini ternyata diriku.


Saya baru mulai ngeblog serius mulai pertengahan tahun 2014. Sebelum itu pernah bikin dua blog. Tahun 2010 bikin blog gara-gara tugas dari dosen. Sampai saat ini saya lupa nama blognya apa. Kemudian kalau nggak akhir 2013 ya awal 2014 bikin blog lagi namanya bluemeetspink dot blogspot dot com karena ikut-ikutan sodara. Nulisnya pakai bahasa Inggris biar go internesyenel hahaha cetek banget pikirannya dikira semudah itu. Temanya tentang korea-koreaan. Baru tiga postingan udah males lanjutin.

Barulah di pertengahan tahun 2014 saya bikin blog lagi dengan nama happinessanddelight dot blogspot dot com dan mulai rutin menulis. Isinya campuran antara curhat dan fangirlingan oppa. Di blog Happiness Delight inilah saya menemukan keasyikan ngeblog sampai ikut beberapa komunitas blog di Indonesia. Waktu postingan sudah banyak, seorang teman menyarankan untuk daftar adsense.


Sebelum disarankan sama teman ini, saya beneran nggak kepikiran tentang adsense dan hal-hal canggih ngeblog lainnya. Kemudian sedikit demi sedikit belajar, lanjut menerapkan hal-hal yang sekiranya nggak bikin pusing dan stres utak-atik blog (karena ngeblog sejatinya adalah untuk refreshing), dan akhirnya adsense ditolak karena terlalu gado-gado. Saya cermati apa yang disarankan agar adsense blog saya diterima.

Enam bulan setelah adsense Happiness Delight ditolak, saya bikin blog ini. Selain alasan adsense, alasan lain yang menyertai lahirnya blog ini adalah giveaway buku 'The Life Changing-Magic of Tidying Up' oleh Bentang Pustaka dan Diana Rikasari. Waktu itu kalau nggak salah syaratnya bisa milih upload foto di Instagram atau nulis blog tentang buku tersebut. Karena saya yakin pasti nggak dapet kalau mengandalkan foto di Instagram, mengingat orang-orang di luar sana udah dewa banget kemampuan fotografi, editing, dan penataan pilihan kata untuk caption, makanya saya milih nulis blog yang bagi saya terasa lebih mudah.

Saya mulai pisahin postingan-postingan koreaan dan non-koreaan. Postingan koreaan tetap bertahan di blog Happiness Delight. Sedangkan postingan non-koreaan saya pindah ke blog ini semua. Selepas tu dapat dua kabar baik, alhamdulillah.

Dulu saya sempat punya keinginan mengganti url blog Happiness Delight dari happinessanddelight dot blogspot dot com ke nama yang lebih mudah biar nggak ada huruf dobel-dobelnya. Tapi karena blognya terlanjur famous yaudah nggak jadi. Padahal nggak famous. #halu

Nama Happiness Delight ini terinspirasi dari Park Chanyeol. Dia imejnya kan happy virus di grup EXO. Pernah pakai foto profil tulisannya Happiness Delight juga untuk akun Instagramnya. Karena saya bucin Chanyeol maka jadilah. Alamatnya pingin pakai happinessdelight dot blogspot dot com tanpa "and" tapi apa daya ada yang lebih gercep. Dan ini tadi saya cek ybs sudah tidak aktif ngeblog. :)

Sementara untuk blog ini, nama My Big Mini World terinspirasi dari lagu Jessica Jung yang judulnya 'Big Mini World'. Blog ini ibaratnya dunia milik saya sendiri yang bener-bener punya saya, nggak ada orang lain yang bisa utak-atik karena kunci masuk dunia ini alias kata sandinya hanya saya sendiri yang tau. Dunia milik saya ini ukurannya kecil dibandingkan alam semesta dan seisinya (udah kecil, maya lagi), tapi buat saya terasa besar. Karena di dalam dunia milik saya ini, saya bebas mengungkapkan berbagai macam hal dari sudut pandang saya dalam bentuk rangkaian kata-kata. Bebasnya masih saya pagari sih biar nggak bablas. Bagaimanapun jejak digital itu kejam. Konyol kalau di masa depan saya gagal jadi idol gara-gara jejak digital yang suram. Untuk alamatnya sendiri, saya pakai nama aprilendah karena...endahapril sudah ada yang pakai duluan.

-___________________-

Blog ini isinya campur-campur mulai dari cerita jalan-jalan, review amatiran tentang film dan buku, sampai curhat. Intinya  biar ada catatan kalau saya pernah pergi kemana saja, pernah baca buku apa saja, pernah nonton film apa saja, ngalamin kejadian menarik apa saja, dll dsb. Catatannya tentu yang mudah ditemukan kembali, terarsip dengan baik, dan boleh dibaca banyak orang. Kalau nulis di buku harian yang sifatnya rahasia dan nggak boleh sampai kebaca sama orang lain itu saya trauma. Teman saya dulu ada yang tangannya nglithis buka-buka buku harian punya saya waktu saya nggak ada. Males banget asli.

-___________________-

Anyway gemar nulis blog, menjadikan saya juga hobi membaca. Saya suka baca-baca blog orang. Kalau dua-tiga postingannya menarik, saya akan baca postingannya dari awal. Kalau banyak yang menarik dan temanya banyak yang cocok dengan minat saya, lanjut follow. Tema-tema blog favorit saya tentu nggak jauh-jauh dari traveling, film, koreaan, cerita hidup yang menginspirasi, dan buku.

Tema-tema itu masih ada sub kategorinya lagi. Misal kalau traveling saya lebih suka gaya backpacking daripada yang luxury, lebih suka yang personal daripada sekedar ngomongin biaya-biayanya, dan gaya ceritanya santai nggak serius-serius amat. Kalau film saya suka blog nikenbiacarafilm, banyak film-film yang saya tonton asalnya dari baca review blog itu. Yang koreaan tentu milih blog yang bahas grup kesukaan saya juga. Nah untuk tema buku agak susah-susah gampang untuk nemu yang cocok karena saya lebih suka baca non fiksi daripada fiksi.

Udah sih itu aja yang mau diomongin hari ini.

EH...

SEBENTAR...

HARI INI TANGGAL BERAPA...

HAPPY BIRTHDAY PARK CHANYEOL! I LOVE YOU!


*

4 comments :

  1. Waah Endah, aku suka cerita di balik nama blog ini, baguuss πŸ‘πŸ‘ Huhu gimana rasanya ngurusin dua blog sekaligus? Tapi ya karena beda topik kayaknya ga terlalu pusing yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu makasih kak eya, iya nggak terlalu pusing soalnya temanya beda jauh hahaha

      Delete
  2. Huahahaha endingnya ada ucapan ultah buat si happy virus *oke aku salfok*

    Aku baru ngeh kalo nama blog kamu terinspirasi sama lagunya Jessica. Tapi maknanya memang deep yaa.

    Semangat terus ngeblognya, Endah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiba-tiba inget dia ultah pas posting tulisan iniπŸ˜‚
      Big mini world memang side track sih di album pertama apa keduanya gitu lupa, iya maknanya dalem aku suka haha
      Makasih ci janeπŸ’™

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top