May 8, 2019

Ramadan Dulu dan Sekarang


Bulan Ramadan tahun ini saya ngerasanya kayak tiba-tiba sudah puasa lagi. Padahal secara hitungan ya emang udah waktunya hehehe. Saya tanya ke teman kantor ngerasa kayak apa yang saya rasakan nggak, jawabannya iya hahaha.

Ngomong-ngomong soal suasana Ramadan, saya jadi nostalgia dengan jaman dulu. Jaman masih kecil, yaaa sekitaran masa-masa SD dan SMP gitu lah. Pakai poin deh nulisnya biar urut dari mulai sahur sampai salat Tarawih.

1. Sahur dan beberapa jam setelahnya
Dulu waktu makan sahur selalu sambil nonton TV. Acara-acara yang sering saya tonton waktu itu di antaranya lawakan Haji Bolot dan Haji Malih (lupa judulnya apa) sama kuis 'Sahur Kita' yang pembawa acaranya Eko Patrio dan Ulfa.

Kalau nonton acaranya Haji Bolot tuh nggak bisa nggak ngakak, tapi ibu saya marah kalau saya nonton itu soalnya kadang lawakannya ada yang bikin ibu saya nggak nafsu makan hahaha. Nggak aneh-aneh kok lawakannya, kadang emang mood lagi nggak pas aja. Contoh kayak saya dulu pas sahur (masih ngantuk tapi harus tetep makan) eh nonton Sule jadi kakek-kakek giginya item wkwkwk nggak nafsu makan seketika.

Sekarang pas udah kerja saya jadi jaraaaaang banget makan sahur sambil nonton TV. Kayak udah males nyalain TV, maunya cepet-cepet makan terus sikat gigi dan kembali tidur.

2. Setelah salat Subuh
Dulu karena sekolah juga libur, jadi habis salat di surau langsung deh main badminton sama temen-temen sampai matahari terbit. Sekarang? Boro-boro hehehehe. Habis salat Subuh seringnya langsung tepar tidur lagi. Harusnya nggak baik sih kayak gini ehe. Ngaji bentar gitu lah minimal ya sampai matahari terbit. Tapi yang namanya amal ibadah sebaiknya disimpan sendiri dan tidak diumbar.👌

3. Tengah hari
Dulu ya bobo siang laaah huhuhu bobo siang ternyata adalah sebuah kemewahan. Sekarang pas tengah hari ya pasti lagi di kantor kalau hari kerja. Merem bentar pas istirahat bisa sih tapi malah jadi bikin males huhuhu. Kalau lemes menyerang di tengah hari, siasat saya di Ramadan tahun ini adalah dengan mengingat-ingat twit om Pinot yang ini:


...langsung seger lagi. 😅

4. Ngabuburit
Dulu ngaji di surau sama temen-temen. Habis ngaji lanjut tadarus. Pokoknya enak deh dulu itu teman sepermainan banyak banget. Sekarang ngabuburitnya ngapain ya? Hehehe. Di jalan kayaknya sih nyetir motor pulang kerja. Nyampe rumah juga nggak bantu banyak di dapur huhu, seringnya nyampe pas masakan udah mateng semua. I love you Mom, I'm so sorry.

5. Buka puasa
Dulu beberapa menit sebelum buka puasa biasanya nonton kultum di TV. Sekarang nggak pernah nonton TV lagi kalau buka puasa. Biasanya makan sambil...skrol timeline. 😅 Hiburan dan pengetahuan jaman sekarang nggak hanya bisa didapat dari TV (tentunya sumbernya harus jelas ya).

6. Salat Tarawih
Nah ini nih paling seru dari seluruh hari. Surau selalu rame banget sama anak-anak sepantaran. Salat Tarawih ngetag tempat paling belakang buat satu geng hahaha. Salat Isya masih anteng dan...perlahan-lahan antengnya buyar pas salat Tarawih. Ada aja yang kami lakukan waktu masih anak-anak dulu. Main SOS lah, beli jajan terus dimakan di surau lah, godain temen yang lagi salat lah. Sungguh masa kanak-kanakku yang bikin kangen. Habis gitu bubaran salat Tarawih langsung antre...minta tanda tangan imam di buku kegiatan Ramadan. 😆

Kalau sekarang ya sudah pasti berbeda. Sudah tobat alhamdulillah. Teman-teman bergurau dulu juga udah mencar ikut suaminya masing-masing ke luar daerah. Ini nih yang bikin saya baper setiap Ramadan datang: nggak bisa kayak dulu lagi.

Sekarang juga anak-anak kecilnya pada anteng dan rajin banget salat Tarawihnya. Padahal nggak ada buku kegiatan Ramadan lagi. Fix jaman dulu anak-anaknya petakilan. 😂😂

7. Tadarus di malam hari
Dulu masih diisi sama kami yang tadarus di suraunya. Walau malem yang tadarus anak-anak perempuan. Suka dapat jajan dan minum gratis dari tetangga yang baik hati berderma. Sekarang yang tadarus malam kebanyakan bapak-bapak dan bacanya cepet biar khatam tepat waktu.


Waaah kalau ditulis begini jadi makin jelas bedanya. Nulis ini bukan maksud mengeluh, pamer, atau gimana ya. Ini murni nostalgia saja dan menyimpan kenangan di tulisan supaya kalau lupa bisa dibaca kembali terus jadi inget deh. Gitu.

Ramadan kalian dulu gimana waktu masih kecil?


*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top