May 31, 2019

Buka Bersama dan Baju Baru


Momen bulan Ramadan dekat dengan kebiasaan buka bersama. Entah itu dengan sahabat, teman semasa sekolah, teman kuliah, atau rekan kerja.

Ajakan buka bersama paling banyak yang pernah saya terima adalah di tahun 2010-2011 dimana masih kuliah semester-semester awal. Ajakan itu datang dari geng semasa SMA dan geng kuliah. Saya juga masih semangat banget menyambutnya sampai ikutan memilih kandidat tempat buka bersama.

Awal-awal kerja dulu juga masih dapat ajakan buka bersama dari beberapa teman kerja. Bukanya di food court mall dekat kantor biar nggak ribet dan nggak perlu pulang dulu ke rumah. Begitu jam kerja habis bisa stay sebentar di ruangan rame-rame sambil nunggu agak sorean dikit.

Kalau undangan buka bersama dari kantor pasti selalu dapat tapi saya nggak pernah ikut hehehe. Soalnya acaranya kan pasti menjelang Maghrib, sedangkan jam kantor selesainya agak jauh dari waktu buka bersama. Kantor udah sepi karena semua pada pulang. Mau nunggu di ruangan kok ya sendirian banget saya takut hahaha. Bisa sih ke tempat teman yang dekat kantor, tapi males ah nanti bajunya nggak ganti. Pinjem baju temen juga saya nggak mau. Bawa baju dari rumah juga ngapain. Banyak alasan memang.

Semakin ke sini ajakan buka bersama semakin berkurang. Tahun ini saja saya buka bersama hanya satu kali. Itu pun dengan seorang teman saja. Bukanya di sebuah mall yang agak jauh dari kantor, mall ini lebih sepi dibanding dengan mall dekat kantor.

Yang saya suka kalau buka bersama dengan sesedikit mungkin orang (dan hanya orang-orang terdekat) adalah salat Maghrib nggak terlewat. Kami sengaja salat dulu sebelum makan biar tenang.

Saya pernah waktu masih kuliah dulu buka bersama bareng anak-anak satu kelas di sebuah rumah makan yang memang terkenal rame. Yang ada malah salat Maghrib kelewat karena ruang salatnya nggak sebanding dengan tamu yang datang. Inilah faktor utama yang bikin saya (dan mungkin kalian juga) males buka bersama.

Belum lagi jalanan macet waktu berangkat karena semua juga pada keluar. Entah itu untuk buka bersama atau sekadar ngabuburit. Memang lebih nyaman tuh buka bersama di rumah bareng keluarga. Nggak kena macet dan nggak perlu lama antre salat Maghrib.

Kembali ke cerita buka bersama dengan seorang teman beberapa hari yang lalu. Setelah selesai makan, kami lanjut jalan-jalan di mall untuk belanja pakaian.

Ibuk saya dari awal puasa udah tanya-tanya saya punya baju baru apa belum. Rencana saya nggak beli karena baju lama juga masih ada, tapi daripada jadi rame mending nurut ibuk aja wkwkwk.

Beli lah sepotong baju sama celana. Bajunya milih yang bisa dipakai berkali-kali nggak hanya di rumah tapi juga di kantor. Makanya saya menghindari banget beli gamis karena selain not my style, juga nanti gamisnya nggak bisa dibuat ngantor. Bisa sih sebenernya soalnya beberapa buibu di sana pakai gamis kalau kerja. Tapi males ah wong saya nggak suka pakai gamis. πŸ˜‚πŸ˜‚

Yang saya suka, keluarga saya bukan tipe yang harus berpakaian seragam di hari raya. Jadi milih baju ini suka-suka aja sesuai selera masing-masing.

Saya memang jadi sangat-sangat selektif dalam hal beli-beli baju sejak baca buku Marie Kondo dan minimalisme. Enggak, saya bukan seorang minimalis. Saya cuma menerapkan gaya hidup yang hanya memiliki barang-barang yang sparks joy saja, dan memakai baju sampai baju itu nggak layak dipakai. Biar nggak kebanyakan bikin limbah.

Waktu saya belanja itu harinya masih lumayan jauh dari hari raya jadi nggak begitu sesek orang. Pilihan bajunya juga masih banyak. Harganya juga masih wajar di kantong saya. Urusan harga ini saya suka mikir lama lho kalau beli pakaian hahaha, padahal kalau beli album K-Pop mikirnya nggak selama itu. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Belanja di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan pernah atau bahkan sangat sering saya lakukan sebelum kerja dulu. Dari masih kecil bahkan. Hadeuuuh udah kenyang deh itu namanya desek-desekan dan muterin pusat perbelanjaan dari sore sampai malem. Bapak saya selalu badmood kalau udah kayak gitu hahaha. Ibuk saya sih kayaknya badmood juga tapi ditahan biar anaknya dapat baju baru huhuhu. Thank you my parents.

Dulu saya inget banget waktu belanja masih sama ortu, saya ngelihat kakak kelas SMP saya belanjanya udah sama temennya sendiri. Saya sampai bertanya-tanya ke diri sendiri "kapan ya bisa belanja sendiri tanpa nyeret-nyeret orang tua?". Dan masa itu datang ketika saya udah kerja. Iya, dari kecil sampai lulus kuliah saya masih belanja bareng orang tua. πŸ˜…

Waktu kuliah semester akhir itu kan kakak saya udah punya anak dan anaknya udah lumayan gede jadi belanjanya sama ponakan itu. Bapak saya jadi sumringah nemenin belanjanya karena ada cucu WKWKWKWKWK.

Suatu kali (atau sekian kali tapi nggak banyak kali) saya pernah belanja pakaian untuk hari raya ini sebelum bulan Ramadan tiba. Rasanya asli seneng banget. Nggak desek-desekan, modelnya masih banyak, dan pas puasa nggak bingung belanja.

Tapi memang mungkin untuk beberapa orang hal ini nggak bisa dilakukan karena masalah finansial. Jadi bisanya beli baru pas habis nerima THR yang rata-rata dikeluarkannya menjelang hari raya alias sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Menurut saya terserah aja mau kapan belinya yang jelas tidak perlu memaksakan kondisi. Apalagi sampai berbuat kriminal huhuhu tolong jangan. Karena selain merugikan orang lain, juga merugikan diri sendiri. :(


*

2 comments :

  1. Belanja buat lebaran di minggu-minggu udah dekat hari H itu semacam ribet banget yaa hahaha mall penuh, antrean kasir kayak ular, milih-milih juga jadi ga fokus dan kebanyakan udah kehabisan ukuran bajunya wkwk.. Sama Endah, alhamdulillah punya keluarga yang ga pernah punya keinginan kembaran di hari raya wkwk jadi tiap lebaran bebas ga harus nyari baju samaan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. RIBET BANGET KAK, nggak mau lagi deh, betul itu semua yang kak eya katakan terjadi di pusat perbelanjaan kalau deket-deket hari rayaπŸ˜‘ wohohoho keluargaku ada temennyaπŸ‘

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top