June 14, 2019

Libur Lebaran 2019


Walaupun judulnya libur lebaran, hal-hal yang akan saya ceritakan hari ini di sini juga terjadi sebelum hari-H lebaran.

Liburan panjang kemarin bener-bener saklek ngikutin kalender. Kirain libur udah mulai dari tanggal 30 Mei sampai 9 Juni kan, ternyata mulai liburnya tanggal 1 Juni. Tanggal 31 Mei tetep masuk kerja.

Di tanggal 1 Juni pun tetep masih harus ikut upacara Hari Kesaktian Pancasila. Untungnya pagi pas upacara itu cuacanya lagi mendung, jadi nggak keringetan sama sekali.

Lanjut tanggal 2-4 Juni...yang mana saya nggak inget detilnya ngapain aja. Pokoknya sehari sebelum lebaran itu beres-beres rumah seperti tahun-tahun sebelumnya. Nggak ikut menata kue ke toples karena udah dilakukan sama ibuk saya dari kapan hari.

Kue-kue yang ada di rumah semuanya beli, nggak ada yang bikin sendiri. Saya bahkan lupa kapan terakhir ibuk saya bikin kue sendiri untuk sajian hari raya. Kayaknya pas saya masih SD deh. Dulu pernah bikin nastar yang dikasih hiasan cengkeh di atasnya jadi penampilannya kayak buah tomat kecil. Pernah juga bikin kue kacang bentuk bulan sabit. Bikin kacang goreng sendiri juga pernah. Terus ngikutin resep kue dari radio juga pernah (ngabisin mentega banyak banget wakakak). Intinya sih repot syekali makanya ibuk saya nggak pernah bikin kue sendiri lagi. Apalagi sekarang anak-anaknya kerja semua jadi nggak ada yang bantuin.

Kue apem yang buat hajatan sehari sebelum hari raya juga beli di tetangga wkwk. Yang bikin sendiri tentu saja masakannya kayak sambel goreng kentang, ayam goreng, mie, dkk. Ayamnya alhamdulillah bisa motong ayam sendiri. Sejak halaman belakang rumah ditembok tinggi, ayam-ayam peliharaan ibuk saya udah nggak dimalingin orang lagi.

Beranjak ke hari-H lebaran sampai dua hari setelahnya, yaitu tanggal 5-7 Juni. Habis salat Ied lanjut salam-salaman sama tetangga kanan-kiri rumah, terus ke rumah sodara yang agak jauhan, agak jauhan lagi, dan ke temen kerjanya bapak saya.

Hari Sabtu tanggal 8 Juni, jalan-jalan sekeluarga nyobain tol baru plus rekreasi ke Taman Safari Prigen Pasuruan. Tolnya masih gratis dan pemandangan di kanan-kirinya cukup menyejukkan mata karena hijaunya vegetasi sejauh mata memandang.



Sampai di Taman Safari Prigen kami ambil tiket yang bukan terusan soalnya sampai sana udah tengah hari hahaha yaiyalah orang berangkat dari rumah aja pas adzan dhuhur. Selain lebih mahal, kalau ambil tiket terusan juga kayaknya bakal lebih rugi soalnya nggak dari pagi di sana, jadi takutnya nggak bisa menikmati semua wahana. Bener aja. Kirain yang dateng siang tuh sedikit, taunya tetep rame.

Waktu safari adventure malah sempet macet. Macetnya ternyata gara-gara rusa-rusanya pada keluar ke jalan semua hahaha.


Pertama kali ke Taman Safari Prigen dulu waktu saya masih SD. Perginya ikut keluarga pakde (kakaknya ibuk) karena bapak saya dulu sakit dan dirawat di rumah sakit. Nggak inget sama sekali ngapain aja waktu safari adventure, ingetnya cuma air dari kolam kuda nil membanjiri jalanan di depannya. Terus waktu di area permainan inget pas mandi bola ngambil kulit bola plastiknya (yang setengah lingkaran itu). Terus naik roller coaster yang mana sepanjang roller coaster-nya jalan saya nggak berani angkat kepala HAHAHAHAHA.

Waktu ponakan pertama saya masih balita dulu juga pernah ke Taman Safari Prigen. Waktu itu nggak punya kamera bagus jadi nggak ada dokumentasi banyak.

Dua tahun berikutnya ke sana lagi dan waktu jalan-jalan di area foto dengan satwa, saya dan sodara saya bertemu dengan pemain badminton Indonesia Nitya Krishinda. Foto bareng deh sama mbaknya. Sodara saya yang foto bareng, saya bagian ngambil fotonya.

[Baca juga: Amateur Runner]

Tahun ini ke Taman Safari Prigen-nya dengan seorang anggota baru: adiknya ponakan saya. Ponakan yang kedua ini masih balita. Seneng banget sama hewan, nggak ada takut-takutnya. Kalau mobil udah jalan tapi dia belum dadah-dadah say goodbye ke hewannya, langsung nangis wakakak.

Safari adventure tahun ini kerasanya kayak cuma bentar banget. Kayak kurang banyak aja jenis hewan yang ditemui. Entahlah memang seperti itu atau hanya perasaan saya sama sodara saya saja.



Kalkun

Llama atau alpaca?

Kawanan singa

Sapi

Unta punuk dua

Badak bercula satu (KAKA!!)

Wildebeest

Rusa Bawean

Jerapah

Watusi

Lanjut ke area bermain dan baby zoo. Ponakan saya yang pertama udah ikut saya sama sodara waktu jalan-jalan di sini. Nggak ikut sama mbah-mbahnya dan ortunya lagi. Di sini kami jalan-jalan ke area mandrill, buaya muara, harimau Benggala, bekantan, landak, orangutan, singa, dan taman burung. Sayangnya area Australian Outback udah nggak ada, dipindah ke Australiana Zone tapi belum jadi. Padahal saya pingin lihat kangguru dari dekat. :(

Mandrill

Buaya muara

Harimau Benggala
Bekantan (maskot TMII)

Elang bondol (MOMO!!)

Burung kakaktua (Iago-nya Jafar wkwk)

Kalau beberapa tahun lalu sempat melihat show lumba-lumba, tahun ini kami nonton show burung dan Temple of Terror. Show burungnya cuma kebagian segmen akhir karena venue-nya baru ketemu pas akhir-akhir. Area itu sebenernya kalau paham betul ya cuma muter-muter aja, berhubung kami nggak paham betul jadi yaaa gitu deh haha. Kalau show Temple of Terror kami nonton dari awal sampai akhir. Worth it banget! Atraksi para pemain dan satwanya sangat menghibur. Jangan lewatkan show ini kalau ke Taman Safari Prigen.

Taman reptil dan Aquatic Land kami skip karena udah capek, udah sore, dan udah laper plus haus. Langsung ke roller coaster di detik-detik akhir sebelum Taman Safari tutup. Karena tiket kami bukan tiket terusan maka tiket roller coaster-nya beli sendiri di loket. Untung masih ada yang buka walaupun yaaa...mbaknya agak bete gitu karena mungkin jam kerjanya udah mau habis hehehe.

Setelah naik roller coaster dewasa, ponakan saya yang gede nemenin adiknya yang masih balita naik roller coaster bayi. Begitu turun ya nangis itu adiknya. Yasudahlahnya biar ditenangin sama ayahnya. xD

Udah deh habis itu pulang. Hari udah gelap. Di perjalanan pulang sebelum masuk lagi ke tol, kami cari makan malam. Keluarga kami dari dulu nggak pernah punya langganan tempat makan kalau lagi di jalan. Kalau nemu satu tempat makan yang semua menu makanannya bisa kami santap ya udah berhenti dan masuk ke sana. Rasa urusan belakangan. xD

Nah di hari Minggu tanggal 9 Juni, saya mulai ngerasa KOK LIBURNYA CEPET BANGET SELESAI?? KOK BESOK UDAH SENIN AJA?? Padahal ya emang udah waktunya hahaha. Awal-awal liburan saya sok-sok ngerasa liburnya panjang bener. Begitulah manusia.

Anyway selama liburan kemarin saya jaraaang banget pegang hape. Kayak males gitu rasanya mau ngidupin paket internet. Pinginnya bener-bener menikmati waktu libur dengan sebaik-baiknya di dunia nyata. Pingin lepas dari mikirin deadline juga, soalnya bos saya waktu mau liburan tuh sempet mau ngajak saya ngerjain kerjaan tapi saya menolak ehehe. Lumayan sih bisa sekalian istirahat sementara dari medsos juga.

Terus bisa lanjut menggambar eye doodle challenge yang tertunda selama berbulan-bulan lamanya. Saya kaget lho sama kemampuan tangan saya dalam menggambar mata kuda. "KOK BAGUS???" gitu, HAHAHAHA. Maap ya kalau narsis. Ini bagus menurut standar saya sendiri. Kapan-kapan saya update kalau udah selesai semuanya. Hari ini cukup sekian. Sampai jumpa!


*

2 comments :

  1. Endah liburannya menyenangkan sekaliiii 👏👏 Aku terakhir ke Taman Safari (yang di Bogor) kayaknya pas SMP/SMA hahahaha kangen pengin ke sana lagi jadinya setelah lihat-lihat foto di sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus kak ke sana, tbh aku pingin juga ke yang di cisarua tapi so jauh hahaha

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top