April 21, 2024

Proses Perpanjang Masa Berlaku SIM C


Memperpanjang masa berlaku SIM C tahun ini jauh lebih mudah dan nyaman dibandingkan dengan lima tahun yang lalu. Tempat perpanjangnya masih sama tapi pengalamannya sangat berbeda.

Lima tahun yang lalu saya berangkat sekitar pukul 6.15 pagi dan baru pulang sekitar pukul 11.15 WIB. Tahun ini berangkat dari rumah pukul 7.16 pagi dan SIM C sudah ada di tangan ketika jarum jam akan menuju pukul 10. Benar-benar menghemat waktu dan energi.

Masih tetap sama dengan lima tahun yang lalu, saya parkir sepeda motor di dalam area SATPAS. Lalu membeli map SIM C dan bolpoin serta memfotokopi SIM C lama dan KTP di tempat fotokopi yang juga berada di dalam area SATPAS. Bapak-bapak fotokopinya sudah tahu berapa lembar yang dibutuhkan untuk proses perpanjang SIM. Beliau juga sangat informatif ketika ditanya letak tempat tes kesehatan. Total biaya yang saya habiskan di tempat fotokopian tersebut sebesar 10K.

Gedung lokasi tes kesehatannya berada di dalam area SATPAS. Kalau lima tahun yang lalu tempatnya berada di luar dan pada waktu itu sangat penuh sesak dengan orang. Tahun ini jumlah orang yang mengantre jauh lebih sedikit dan jauh lebih tertib.

Tes kesehatannya berbeda dengan lima tahun yang lalu. Kalau dulu hanya cek penglihatan jarak jauh dan mengangkat tangan ke depan, tahun ini ada tes psikologi sebagai pendahulunya. Tes psikologi ini bentuknya mengerjakan soal-soal psikotes (pola garis, pola gambar, tes rambu, dan emosi) dan berbiaya 100K. Lanjut ke tes kesehatan fisik berupa tes penglihatan jarak jauh dan buta warna (ditanyai juga perihal tinggi dan berat badan serta golongan darah). Tes ini berbiaya 20K.

Setelah itu menuju ke loket informasi untuk mengisi formulir perpanjang SIM. Panduan mengisi formulirnya ditempel di sekitar loket tersebut. Ternyata ada jalur khusus antrean perempuan. ♡

Setelah selesai mengisi formulir dan menyerahkan map berisi 3 lembar fotokopi SIM lama, 3 lembar fotokopi KTP, dan 1 lembar hasil tes kesehatan ke petugas, pemohon diberi kertas antrean untuk menunggu dipanggil ke loket pembayaran. Di loket pembayaran ini, pemohon wajib menyiapkan uang pas untuk membayar biaya perpanjang SIM C sebesar 75K. Pemohon yang berjenis kelamin perempuan diprioritaskan membayar terlebih dahulu. 

Setelah membayar, pemohon diarahkan ke ruang registrasi (kalau nggak salah inget) untuk menyerahkan SIM C lama dan mengoreksi data diri yang akan dicetak di SIM baru. Kemudian lanjut ke ruang foto, lalu menunggu di depan loket cetak SIM untuk menerima SIM baru. Di ruang tunggu loket cetaknya disediakan satu baris kursi berwarna pink khusus perempuan. 

Jika sudah menerima SIM yang baru, maka proses perpanjang SIM sudah selesai~~~ Tempat dan prosesnya lebih nyaman dan lebih cepat dibandingkan dengan lima tahun yang lalu. Nilai plusnya lagi adalah ada tempat duduk dan antrean khusus perempuan. Kalau lagi buanyak pemohonnya dan kebanyakan laki-laki, perempuan bisa feel safer dengan fasilitas tersebut. Jadi nggak berdesak-desakan dengan laki-laki. 

Total biaya yang saya keluarkan untuk proses perpanjang SIM C tahun ini beserta dengan biaya pakir adalah: 10K + 100K + 20K + 75K + 2K = 207K.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya~~~


*

2 comments :

  1. Sekarang juga ada aplikasi untuk perpanjang sim, tapi aku belum pernah mencobanya. Banyak orang memilih perpanjang secara manual karena dinilai lebih cepat.

    Aku terakhir perpanjang sim itu tahun 2020. Prosesnya cepat. Test kesehatan dan psikotest juga berjalan lancar. Namun, ada satu hal yang bikin kecewa, yaitu kualitas foto sim yang jelek banget.

    Polisinya berasa asal jepret karena muka terlihat belang dan gelap. Tiap lihat foto sim bawaannya emosi sendiri...tahun depan bakal perpanjang sim. Lagi cari tempat perpanjang yang pnya kualitas foto bagus...hahaha

    ReplyDelete
  2. Tahun lalu aku juga perpanjang SIM dan kaget karena panjang banget runtutannya sekarang apalagi waktu ada kerjain psikotest itu, banyak banget bapak ibu yang kerjasama waktu ngerjain ini 🤣

    Untuk prosesnya enak sih cepet ya kalo udah selesai isi psikotest itu, antrinya ga lama cuma kayaknya biayanya beda-beda ya seingetku kok aku lebih mahal dari ini ya apalagi waktu itu bayarnnya masih harus cash susah banget nyari uang pas nya

    ReplyDelete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top