June 28, 2022

My Favorite Athletes from Time to Time


Mumpung masih semangat membahas tentang olahraga dan topik ini memang belum pernah ada di blog ini, hari ini saya mau cerita tentang atlet-atlet yang pernah dan/atau sedang saya sukai. From what I can remember, saya mulai menaruh perhatian ke olahraga sejak masih SD. Berawal dari nonton Asian Games Busan 2002 Korea Selatan, kegemaran ke olahraga bertahan sampai sekarang (wow berarti sudah dua puluh tahun πŸ˜‚).
 
Selama kurang lebih dua puluh tahun malang melintang nontonin acara olahraga (nonton acara olahraga lho ya bukan mengamalkan olahraga secara istikomah rutin di dunia nyata wkwk), tentunya saya punya cukup banyak atlet-atlet favorit pada masanya. Dimulai dari, of course, Taufik Hidayat atlet badminton tanah air. Dulu itu saya masih SD dan mau puber kayaknya wakakak jadi langsung suka pas lihat om Taufik yang terbilang ganteng itu.
 
Namun, perjalanan ngefans om Taufik nggak mudah karena...sodara saya juga suka! πŸ˜‚ Percaya nggak percaya kami sampai cakar-cakaran waktu rebutan koran yang ada fotonya Taufik Hidayat. :") Buseeet buset gini amat gw pas kecil. πŸ˜‚ Kemudian karena males rebutan terus, saya pindah haluan ke...Lin Dan. Dahlah ya kebucinan saya ke Lin Dan ini nggak usah ditanya, baca aja postingan Like a Dog with Two Tails ini. πŸ˜†
 
Selain atlet bulutangkis, saya juga memfavoritkan beberapa atlet tenis karena sering bongkar-bongkar majalah Bola punya sepupu. Waktu itu saya suka dengan Martina Hingis gara-gara baca dan lihat fotonya di artikel yang berjudul Hingis is Back!. Tante Hingis waktu itu kalau nggak salah inget, lagi ada di peringkat 1 dunia dan menurut saya beliau sangat cantik. Saya sampai membawa pulang lembaran artikel tersebut. Sayangnya foto-foto tante Hingis nggak sempat saya gunting dan simpan sebagai arsip. Sekarang bendanya sudah nggak karuan lagi ada di mana. :(
 
Kalau atlet tenis dalam negeri saya suka Wynne Prakusya. Teman sebangku saya pas SD juga suka, jadi kami sering ngobrol tentang Wynne dan Angelique Widjadja. Nggak hanya suka baca berita tentang tenis sih, waktu SD dulu saya juga pingin banget main tenis tapi alatnya mahal, hahaha. Alhasil sama bapak, saya dibuatin raket dari tripleks buat main tenis dengan sodara di teras depan rumah. πŸ˜‚ Jangan ditanya berisiknya kayak apa, bunyi tak tok tak tok mulu kalau bolanya kena pukulπŸ˜‚ (tbh raket tripleks itu juga kami buat main badminton, wkwk).
 
Oh iya soal Wynne Prakusya, dulu saya curiga kalau dia pacaran sama Taufik soalnya sama-sama wajahnya bagus. Eh beneran dong mereka pernah pacaran. Dalam hati saya membatin: nggak bisa ngefans cowoknya so ngefans ceweknya aja. πŸ˜…Sedangkan pemain tenis putra yang saya suka waktu itu adalah Roger Federer just because habis baca artikel di koran dan menemukan fakta bahwa beliau sedang berada di peringkat satu dunia. Tapi ngefans ke om Roger ini nggak bertahan lama karena saya sering dicengin sama sodara, wkwkwk.
 
Lama kelamaan saya ngerasa bosen dengan tenis karena pada masa itu pertandingan tenis jarang banget (atau malah nggak ada) tayangannya di televisi. Waktu teman sebangku saya yang sama-sama suka Wynne tadi bilang kalau Wynne-Angie kalah pertandingan, saya dengan jahatnya bilang bosen denger tentang tenis. HUHUHUHU maaf ya chingu aku dulu memang anaknya sok asik. 😭
 
Lalu ketika beranjak SMA, saya suka sepak bola. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Random banget nggak sih. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Waktu itu saya suka Kaka. Sampai pernah ngebelain bangun dini hari buat nonton pertandingan AC Milan. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Ujung-ujungnya ya ketiduran sebelum pertandingan selesai. Fans bola karbitan ya begini. Ngomong-ngomong, ada seorang teman SMP-SMA saya dulu yang mirip Kaka. Gilaaa itu tiap dia main futsal di lapangan depan kelas, saya dan teman lainnya nontonin mulu nggak bosen-bosen. πŸ˜†
 
Selain Kaka, saya juga suka Cesc Fabregas. Ini tuh nggak usah ditanya kenapa saya ngefans mereka berdua: jawabannya karena tamvvan. Waktu SMA dulu saya suka masuk ke gudang perpustakaan untuk nyari koran yang ada fotonya Fabregas, wkwk. Ada beberapa yang saya simpan tapi sekarang udah nggak ada. :(
 
Eh iya, waktu tanah air heboh dengan piala AFF tahun 2012, yang Indonesia masuk final. Saya sempat tergila-gila dengan Irfan Bachdim. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Inget banget dulu mau ada kuliah siang, saya sempet-sempetin nonton wawancara Jennifer Bachdim di sebuah acara gosip sebelum berangkat. Edan. πŸ˜†
 
Acara olahraga lain yang saya suka waktu SMA adalah MotoGP. Waktu itu masih sering banget kan televisi nasional nayangin perlombaannya. Inget banget waktu itu saya suka mendiang Nicky Hayden, sampai-sampai waktu chattingan MiRC(!!!) yang diomongin om Nick melulu. Terus pindah target operandi ke Dani Pedrosa karena, again, males rebutan sama sodara. πŸ˜† Foto-foto Pedrosa sempat saya arsip tapi kayaknya sekarang udah hilang deh. Soalnya fotonya tuh selalu pas lagi pakai helm jadi wajahnya nggak kelihatan. :(
 
Di olahraga renang saya menfavoritkan Michael Phelps yang pada Summer Olympic selalu mendapatkan banyak sekali medali emas. Saya yang memang dari kecil sudah sering diajak berwisata ke kolam renang tapi nggak bisa berenang sampai usia seperempat abad, pada waktu itu tergila-gila dengan Phelps dan punya fotonya dari sebuah koran. Setelah saya cari ternyata fotonya udah lenyap nggak tau kemana. :(
 
Kalau diingat-ingat lagi, saya nggak terlalu ngikutin badminton sejak Taufik Hidayat pensiun. Baru tertarik lagi setelah Asian Games 2018 dan sadar kalau ternyata bulutangkis tanah air masih bisa terus berjaya. 😁 Waktu Asian Games kan badminton heboh banget gara-gara tunggal putra dan ganda putra masuk final. Bertebaran lah twit-twit tentang Muhammad Rian Ardianto di timeline, wkwkwk. Di masa itu saya juga lagi gila-gilanya ke K-Pop group SEVENTEEN. Kebetulan banget Rian ini wajahnya mirip S.Coups, leader-nya SEVENTEEN, HAHAHAHAHAHA. Yaudah deh hamba terperosok pesona mas Jom.  :))) Biarpun sekarang Rian sudah punya pacar yang tidak lain tidak bukan adalah Ribka Sugiarto, pemain ganda putri, saya tetep suka-suka aja lihat dia main (bukti bahwa suka atlet nggak hanya dari tampang dan status πŸ˜‚).

Ryosuke Irie, perenang Jepang, juga masuk dalam daftar my fave athletes gara-gara Asian Games 2018. Irie memang nggak dapat medali emas di event tersebut (dapatnya perak), tapi semangatnya untuk terus berkompetisi sangat tinggi walaupun usianya sudah tidak semuda atlet lain. πŸ‘

And the newest new comer of the year in my "My Favorite Athletes from Time to Time" list is Lee Zii Jia, a badminton player from Malaysia. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Gara-garanya waktu di perempat final Indonesia Masters lawan Ginting kemarin, dia kelihatan shining shimmering splendid. Akhirnya merembet nonton LZJ versus Viktor Axelsen di semi final Indonesia Open 2022 dan di final All England 2021. Nggak hanya itu, saya juga nontonin wawancaranya di media Malaysia, meet and greet bersama produk yang meng-endorse dia, podcast-nya bersama Anders Antonsen dan Hans-Kristian Solberg Vittinghus, zoom interview dengan influencer negeri Jiran, sampai scroll satu-satu postingan dan story instagramnya. :)))
 
Dari kekepoan itu saya mendapat informasi bahwa Lee Zii Jia sekarang adalah pemain independen Malaysia, nggak lagi bernaung di bawah BAM (PBSI-nya Malaysia). Karena keputusannya hengkang dari BAM itu dia sampai terancam nggak bisa main dua tahun. Gile untung aja nggak jadi kayaknya. Informasi lainnya adalah...ternyata doi hobi nyanyi dan ngerap sambil main gitar. Banyak banget lagu-lagu yang dia cover di instagramnya (mostly Chinese songs). Terus dia dimanajeri oleh kakak perempuannya sendiri yang bernama Lee Zii Yii. Keluarga Lee punya peliharaan seekor anjing jenis golden retriever (sepertinya) yang mereka beri nama Bruce. Lee Zii Jia ini anak tengah, dia punya seorang adik laki-laki.
 
Buat yang pingin nonton Lee Zii Jia senyum dan ketawa ngakak (jarang-jarang kan mbikos ini anak terkesan expressionless di lapangan wkwk), kamu bisa nonton interview LZJ dengan JoHaRa ini. Bonus informasi dia masih single lol (at least waktu kisaran Olimpiade Tokyo tahun kemarin). Mba-mba yang pada potek habis nonton QnA Loh Kean Yew (alias Keanu alias Calvin Loh) di channel Hendra Setiawan, mungkin bisa mencoba memantau Lee Zii Jia, kali aja dia sampai sekarang masih belum punya pacar. πŸ˜† Tapi kalo tiap tau mereka punya ayang terus hati lu potek ya susah sih. πŸ˜…

Oh iya, Loh Kean Yew masuk ke honorable mention postingan ini. Lihat dia bertanding tuh nyenengin karena senyum mulu mas Kean. >.< Bahkan pas kalah di perempat final Indonesia Open lawan Jia kemarin aja dia masih bisa senyum-senyum lho. Luar biasa memang idola Lulove Luna ini. πŸ‘πŸ‘πŸ‘ Gara-gara nonton video QnA Kean dengan Kojeng dan mendengar dia bisa berbahasa Chinese, Cantonese, dan Hokkien, saya langsung searching di YouTube beda ketiga bahasa tersebut apa. πŸ˜†

Xie Xingfang juga masuk honorable mention btw, hehehe. Dulu kalau lihat mba Xingfang main saya suka salfok dengan kecantikan dan tinggi badannya, kemudian membatin: ini orang kalau pacaran sama Lin Dan cocok sih, udah mainnya sama-sama bagus, good looking pula. EH BENERAN MEREKA UDAH PACARAN HAHAHAHA.

Kamu punya daftar atlet favorit juga nggak?


*

2 comments :

  1. *males rebutan* lho ya ini 🀣 lol banget. Taufik Hidayat pula yang direbutin
    btw, nama-nama yang aku tahu di atas cuma Taufik Hidayat sama Irfan Bachdim hehe maklum nggak ngikutin tontonan olahraga
    jadi kadang kalo lagi aa event pertandingan gede banyak orang ribut nonton, aku dipojokan cuma bengong sambil makan kacang 🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha Taufik Hidayat dulu jadi idola, mba Dea. Zaman segitu juga kayaknya pilihan masih terbatas, belum kayak sekarang yang mau nonton apa-apa udah mudah banget. xD Wkwkwkwk asik tuh makan kacang sambil nonton keributan. xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top