October 24, 2018

Book Club (2018): Menatap Masa Tua dengan Penuh Semangat

Wkwk ya ampun judulnya.


Sejauh ini film 'Book Club' menjadi satu-satunya film dengan semua-tokoh-utamanya-adalah-aktor/aktris-lanjut-usia yang pernah saya tonton. Mencoba untuk memperluas bahan tontonan dan hasilnya memuaskan. Film ini lucu, heart warming, dan sangat menghibur. Waktu yang berlalu kayak nggak kerasa. Kalau sudah begini artinya filmnya sukses mendapat penilaian "bagus" dari saya hahaha.

Ceritanya ada empat perempuan lanjut usia yang berkawan sejak masih gadis. Jangan salah walaupun mereka sudah masuk usia untuk disebut sebagai "nenek-nenek" tapi penampilan mereka masih cantik, trendi, dan bugar.

Empat orang itu adalah Vivian, Carol, Sharon, dan Diane. Semuanya digambarkan sebagai wanita sukses dan mandiri dengan caranya masing-masing. Sudah nggak punya tanggungan ngurus anak soalnya anak-anaknya juga udah punya kehidupan sendiri masing-masing (buat yang punya anak).

Vivian seorang pengusaha hotel yang kaya raya. Tidak butuh laki-laki untuk membuatnya sukses. Kesuksesan adalah dirinya sendiri. Carol seorang chef, berjiwa sosial tinggi, ibu dari tiga anak, dan istri dari seorang pensiunan. Sharon seorang lulusan hukum dari Stanford University. Pada jamannya kuliah, ada 301 lulusan, dari jumlah itu 62 orang adalah perempuan, dan dari jumlah perempuan itu hanya satu orang yang menjadi hakim federal, dialah Sharon. Sharon sudah bercerai dengan suaminya. Diane seorang ibu dari dua perempuan muda, suaminya yang seorang akuntan meninggal satu tahun yang lalu.

Mereka berempat disatukan dengan satu kesamaan: sama-sama suka baca buku. Kumpul-kumpul setiap bulan jadi agenda wajib untuk membahas sebuah buku. Dan buku yang dibahas pada saat pertemuan kesekian itu adalah buku 'Fifty Shades of Grey'. Buku karya E.L. James itu berhasil mengubah hidup mereka.

Yang pikirannya mesum duluan mending gausah nonton film ini. Soalnya pasti kecewa.

Love story keempat wanita tersebut digambarkan dengan apik dan elegan, tidak murahan sama sekali. Alih-alih ngomongin seks, justru film ini lebih menyoroti tentang impian manusia yang nggak ada batasan usia. Everyone deserves happiness, everyone deserves to be happy, no matter how old they are. Age is just a number.

Vivian dan laki-laki yang selalu mengaguminya, Arthur, bertemu setelah empat puluh tahun berlalu. Bukan impian Vivian memang, tapi Arthur. Bayangkan empat puluh tahun itu selama apa. Never give up on your dreams! Selama masih bernafas, yakinlah kita masih bisa berusaha untuk meraih mimpi. Nggak ada kata "terlalu tua" untuk meraih mimpi (ada sih kalau impiannya jadi PNS).

Hubungan Carol dan suaminya, Bruce, bisa romantis kembali setelah Carol mencoba berbagai upaya yang menurut Bruce agak gila. Seperti yang berkali-kali pernah saya baca di blog yang membahas tentang relationship, kunci utama sebuah hubungan adalah komunikasi kedua belah pihak harus lancar.

Sharon yang memang mandiri, tegas, dan sangat main logika ya nggak ngaruh walaupun hadir di pesta perayaan pertunangan anaknya-dan-pacarnya dan mantan-suaminya-dan-pacarnya. Sharon membuka diri untuk mencari teman hidup dengan memanfaatkan teknologi aplikasi online dating. Membuka diri terhadap hal baru itu nggak hanya di dunia perkencanan saja sih memang, semua bidang bisa kok menerapkan konsep ini. Wawasan dan jaringan pertemanan akan semakin bertambah.

Diane sangat-sangat dikhawatirkan oleh kedua anaknya yang tinggal di Arizona (Diane and the gank tinggal di LA). Suatu hari anak-anaknya itu membawa Diane ke Arizona supaya lebih dekat dengan mereka. Paham lah ya soal kekhawatiran anak terhadap orangtua yang tinggal sendirian dan jauh. Tapi ternyata gaes putri-putri Diane melupakan sebuah hal bahwa Diane, ibu mereka, punya standar sendiri untuk hidup bahagia. Diane adalah seorang ibu, dan seorang ibu akan selalu baik-baik saja katanya. MONANGIS NGGAK HUHU.

Setelah nonton film ini saya jadi semangat kalau misal diberi umur panjang sampai tua. Sudah tua pun hidup masih bisa bahagia kok, dan itu harus. Mikirnya jauh banget. :)


*

2 comments :

  1. Ahh pengen nonton ini dari bulan-bulan lalu tapi belum kesampaian. Aku tertarik sama summary-nya yang bilang "..their life turned upside down after reading the infamous "50 shades of grey". Di kepala langsung mikir "buset ini geng nenek mau ngapain?" ((: siang nanti kalo sempet nonton ah. Thank you review-nya, Endah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha aku awalnya juga mikir kayak gituπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ sama2 ci jane, selamat nonton!

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top