October 26, 2023

Buku dari Happy Meal


Tidak pernah tahu sebelumnya kalau menu anak-anak di restoran cepat saji ada yang hadiahnya buku. Biasanya dapat plush doll, tapi yang ini bisa milih antara mainan atau buku. Sebagai orang yang dulu sedang berapi-api membaca, tentu saja saya milih buku.

Buku dari Happy Meal ini tipis tapi di dalamnya tidak hanya berisi informasi yang menjadi judul buku. Ada pula tips membaca bersama anak-anak, mini games berupa mencari suatu objek, mengarang cerita dengan pembuka yang telah disediakan, dan menggambar.

Informasi yang dikulik di buku yang saya dapatkan berhubungan dengan luar angkasa, yaitu mengapa bintang berkelap-kelip. Penyampaian jawabannya dikemas dalam cerita fantasi yang melibatkan sebuah keluarga. Keluarga ini hidup di antara buku-buku dan mempunyai keingintahuan yang besar.

Menyenangkan sekali membaca cerita di dalamnya karena fiksi dan non-fiksi digabungkan, jadi lebih mudah menangkap informasi yang ada. Karena buku ini dirancang untuk anak-anak maka penyampaian informasinya dikemas dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Huruf yang digunakan tergolong berukuran besar. Kalimat-kalimat ceritanya dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu dan berwarna-warni. Ketika membaca penulis bukunya, saya merasa tidak asing karena pernah membaca namanya di buku How to Train Your Dragon. Yup, penulis buku Para Detektif Mungil: Mengapa Bintang Berkelap-kelip? adalah penulis yang sama dengan novel fantasi tersebut, yaitu Cressida Cowell.

*

8 comments :

  1. Aku juga baru tahu happy meal yang berhadiah buku. Bisa dibilang unik sih. Khan biasanya berhadiah mainan. Jadi terobosan dan cara baru untuk mengajak anak-anak untuk membaca buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, asal nggak dikasih tau ke anaknya kalau bisa milih mainan atau buku, wkwk.

      Delete
  2. wah bagus juga tuh untuk mengajak anak2 suka membaca, apalagi jaman skrg udh jarang bgt melihat anak2 yg suka membaca, mereka lbh demennya main hape, ps, game online... miris liat anak2 jaman skrg.

    BTW, ijin saya follow blognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa astaga apalagi kalau masih TK gitu susah kalau nggak dipaksa lepas dari handphone. Monggo silakan, terima kasih.

      Delete
  3. Aku juga suka dapat buku dari Happy Meal mba. Worthed banget terutama yang terjemahan dari bahasa Inggris. Kalau di Gramed kan mahal harganya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Phebie, soalnya tebel juga kan yang di Gramed, bisa di atas 200k sendiri.

      Delete
  4. bisa dapat hadiah buku ya
    sekarang jarang banget ini buku
    soalnya udah mulai jarang baca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu pas pesan bisa milih mainan atau buku.

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top