February 6, 2023

from thread to blog: Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi


Kenapa judulnya ada "from thread to blog"-nya? Karena buku ini saya review di utas Twitter.
 
Tahun ini saya mau nyoba hal baru, yaitu membuat reading progress dan review buku di Twitter. Kegiatan ini belum pernah saya lakukan sebelumnya. Berhubung reading challenge di blog sudah selesai, jadi tahun ini ikutannya reading challenge di Twitter. Semoga nggak mengurangi (((esensi))) ulasannya ya.
 
Saya sendiri berusaha semaksimal mungkin untuk membuat nuansa review di Twitter sama dengan review di blog (supaya nggak kerja dua kali). Bedanya paling cuma ada beberapa huruf yang disingkat karena di Twitter kan ada batasan karakter ya, dan juga kata gantinya pakai 'aku' kalau di Twitter, wkwkwk.

Yuk mari langsung ke review buku kumpulan cerita yang judulnya panjang, Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi, karya Eka Kurniawan ini~
 
πŸ‘§πŸ’“πŸ‘¦
 
1
Karena dulu sekalinya baca karya Kang Eka adlh Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas dan Cantik Itu Luka, membaca cerpen pertama di kumcer ini rasanya agak aneh in a good way. Bahasanya gak vulgar. Malah sempat bertanya2 sendiri, "Ini karya Ilana Tan apa Eka Kurniawan?"😁

Cerita prtma ttg seorg perempuan brnma Mei yg akn bertemu dg laki2 yg dikenalkan padanya. Mei org Indonesia yg pindah ke US krn peristiwa 1998. Ketololan laki2 yg ditemuinya itu membuat Mei trtawa, tawa yg blm prnh dilakukannya dlm 10 tahun terakhir. Cerpen ini berangka thn 2007.


2
Cerita kedua ttg suami istri yg dulunya pelanggan dan gadis bar. Konflik batin keduanya terjadi krn gincu merah sang istri. Seandainya mereka saling mengetahui bagaimana pemikiran dan isi hati keduanya mengenai gincu merah tsb. :")

Cerpen kedua alurnya mundur. Gaya penulisannya adalah gaya Eka Kurniawan yang aku familiar dengan gaya tsb. Seperti cerpen pertama, cerpen kedua juga berangka tahun 2007.


3
Sampai juga di cerita yang judulnya dijadikan judul buku. Sedih kali awak bacanya, tentang seorang gadis yg ditinggal lari kekasihnya di H-1 pernikahan. :"))) tw: menyakiti diri sendiri dan upaya mengakhiri hidup. Cerita berangka tahun 2012 ini menurutku open ending.


4
Cerita keempat ada sinting-sintingnya. Kenapa ya ada orang yang ortunya dikasih rezeki untuk nyekolahin dia di luar negeri tuh dianya malah gak niat sekolah dan berbisnis haram. Mending duit bapak u hibahin ke w aja. πŸ˜ͺ Cerpen keempat berangka tahun 2007.


5
Kutipan favorit dari cerita Membuat Senang Seekor Gajah (2014):
 
"Membuatnya senang kupikir hal yang lebih penting daripada apa pun," kata si anak lelaki. "Percuma ia hidup jika tidak senang." (hlm. 50)

Kalo ditelan scr literal, cerpen ini gore. πŸ˜… Jadi harus ditafsirkan dulu.


6
Satu kata untuk Jangan Kencing Di Sini (2012): wth...

πŸ™‚πŸ™ƒπŸ™‚πŸ™ƒπŸ™‚πŸ™ƒ


7
egk phm dg cerita Tiga Kematian Marsilam (2006), alurnya maju mundur, aku kehilangan jejak di kata ganti orang ketiga di tengah-tengah cerita, baca dua kali pun sama saja :(

so...

NEXT!


8
Cerita Batu (2014) is my favorite so far! Sebuah batu dipersonifikasikan sehingga dia bisa mempunyai rasa terhinakan, marah, dan menuntut balas. Seru sekali menyimak kisah si Batu ini. πŸ‘


9
La Cage aux Folles (2007) memuat cerita yang padat dengan nama-nama tokoh yang cukup banyak untuk sebuah cerpen, imo. Jujur awalnya nggak begitu tertarik dengan cerita ini karena judulnya susah dilafalkanπŸ˜… tapi ceritanya ternyata mudah untuk diikuti tanpa banyak mikir.


10
Judulnya sih Setiap Anjing Boleh Berbahagia (2013), TAPI ISINYA TRAGIS😭 Satu orang punya trauma dengan anjing, satu orang lagi menginginkan punya anjing, dan seekor anjing yang punya mimpi paling liar untuk ukuran dirinya.

:(((


11
Setelah menjadikan sebuah batu sebagai tokoh utama cerita, di cerpen ke-11 Eka Kurniawan menjadikan seekor anak bebek sebagai tokoh utama. Fabel gak sih ini namanya kalau tokohnya hewan-hewan? Judul cerpennya Kapten Bebek Hijau, berangka tahun 2011-2013.

Seperti halnya fabel untuk anak-anak, Kapten Bebek Hijau ini juga mengandung pesan yang bisa diambil setelah selesai membacanya. Pesan tersebut di antaranya: kalau masih piyik sebaiknya dengerin pesan emak yang lebih wise dan berpengalaman ttg hidup...

...dan penampilan yang kita anggap buruk belum tentu buruk untuk kita.


12
Cerpen Teka Teki Silang (2006) serem. πŸ₯Ά Bacanya pas malem lagi, rumah sepi, jadi berasa udara mendingin padahal cuma perasaanku aja. 😩 Cerita ini kayak film horor yang endingnya bikin penontonnya (aku) ber-?????-ria karena ora nyambung. Kzl. Di awal udah tegang padahal.


13
Membakar Api (2009) bercerita ttg intrik keluarga dan organisasi. Isinya ttg bisnis, mafia, konglomerat. Ternyata menjadi bagian dari itu semua, ada harga mahal yg harus dibayar (termasuk mengorbankan keluarga sendiri). Bergelimang harta tapi kok hidupnya kayak gak tenang. :(


14
Another sad story setelah Setiap Anjing Boleh Berbahagia, judulnya Pelajaran Memelihara Burung Beo (2007). :( Kehidupan tokoh utama yang bernama Mirah diceritakan dengan alur mundur. Pelajaran-pelajaran yang ada di cerpen ini ditulis secara eksplisit.


15
Alhamdulillah kumcer ini ditutup dengan cerita yang heart warming. Pengantar Tidur Panjang (2009) sedikit membuat mewek karena ceritanya tentang seorang anak yang menceritakan tentang bapaknya. πŸ₯Ί
 

Overall...
Enaknya membaca buku yang berisi kumpulan cerita adalah imajinasi bisa berganti-ganti dengan cepat. Khusus untuk buku ini, ada ilustrasi-ilustrasi di setiap bab. Seandainya punya buku ini waktu SMP, gambar-gambar tsb pasti aku jadikan contoh untuk mengerjakan tugas Kertakes (dulu sih mata pelajarannya namanya Kertakes ya, singkatan dari Kerajinan Tangan dan Kesenian, gak tau kalau sekarang nama mata pelajarannya diganti apa).

Anyway, seneng banget akhirnya bulan ini bisa namatin satu buku. πŸ₯° Bukunya ditutup dengan cerita yang nggak membuat mental breakdown lagi, jadi bisa tidur tenang deh~

See you on another reading thread. πŸ‘‹
 
πŸ‘§πŸ’“πŸ‘¦
 
 
Seperti itu lah bentuk reading progress dan review saya di Twitter. Oh iya, hampir ketinggalan, buku ini diterbitkan oleh Penerbit Bentang dengan ketebalan 170 halaman.


*

10 comments :

  1. Aku baru tahu kalau Pak Eka Kurniawan punya buku kumpulan cerpen.. 😬 Jadi pengen baca. Tadi di shopee ada. udah tak favoritin.. hihi 😁 Terimakasih Mba Endah. nanti 3 bulan 3 tak checkout. wkwkw πŸ˜‚
    Penasaran sama cerita ttg Anjing, Teka-teki Silang, Cerita Batu (karena di goodreads banyak yg suka cerpen ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa mas Bay kumcernya Eka Kurniawan, kalau nggak salah yang Corat-Coret di Toilet dan O itu juga kumcer. Hahahaha nunggu tanggal cantik ya mas Bayu biar banyak diskon. Sama dong kita sukanya gratong dan diskon. xD Mas Bayu harus baca 3 cerpen itu, dan gimana nanti opini mas Bayu tentang Teka-Teki Silang.

      Delete
  2. Dulu jaman masih sekolah SMA lumayan sering baca kumpulan cerpen ,seneng aja karena gak terlalu panjang(namanya aja cerpen 🀦)dan bisa milih"mana yg mau di baca duluan.....tapi gak ada gambar"nya..cuman tulisan tok sama kayak baca novel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalo kumcer gitu bacanya suka-suka kita mau yang mana dulu. Wkwkwk kalo ada gambarnya biasanya yang kumcer dari majalah remaja kayak KawanKu atau Gadis.

      Delete
  3. menurutku baca sebuah thread di twitter adalah cara mudah dan menyenangkan baca sebuah cerita, dibandingkan baca cerita berupa artikel panjang. jumlah karakter yang terbatas pada twitter malah jadi nilai tambah untuk terus melanjutkan cerita. Banyak user yang scroll semakin ke bawah hingga tidak sadar telah membaca puluhan tweet dan ratusan kata. Aku termasuk salah satu yang biasa baca thread. Pernah mengikuti thread cerita horror juga. Salah satunya desa penari...hihiihi

    Twitter dan blog hanya sebuah media. Bikin ulasan tentang buku yang dibaca patut dapat apresiasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tampilan pendek-pendek di Twitter sepertinya membuat sebuah postingan panjang jadi terlihat pendek. Padahal misalnya dikumpulkan jadi satu blogpost, bisa jadi sama panjangnya dengan sebuah postingan panjang. Wkwk iya bener, habis baca buku terus bikin review tuh tantangan tersendiri. Tantangan melawan rasa malas. xD

      Delete
  4. saya pernah nyoba bikin thread di twiiter, jadinya malah acak2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha acak-acakannya karena gak terbiasa atau Twitternya yang error?

      Delete
  5. Aku paling suka cerpen yang pertama tentang Mei, trus cerpen yang sama kayak judul, si kapten bebek, tapi favorite aku cerpen yang gincu ini merah sayang.

    Gincu ini merah sayang itu memberikan kita patah hati yang bisa diterima, dan itu bagus wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mei ini bikin ngakak mba endingnya. xD Kapten Bebek bagus banget emaaaangggg. <3 Iyaaa ya ampun rasanya tuh kayak apa ya padanan kata yang pas untuk Gincu Ini Merah, Sayang tuh...kayak ngenes tapi ngenesnya ikhlas dan dengan indah gitu lho. Sama agak nyesel juga, nyesel kenapa mereka nggak saling tahu perasaan masing-masing. :")

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top