June 19, 2024

Buku Gratis


Tiap saya cerita mendapat buku dari giveaway, sodara saya hampir selalu bilang bahwa saya sering menang giveaway. Well, kalau dibandingkan dengan dia yang kayaknya nggak pernah ikutan giveaway sih, saya memang lebih sering mendapatkan buku gratis karena lebih sering mengikuti giveaway buku di media sosial. Udah ya, udah ketemu jawabannya kalau ada pertanyaan tips mendapatkan buku dari giveaway.

Selain sering-sering ikutan giveaway, cara berikutnya adalah lupakan kalau sudah berpartisipasi. Karena kalau lupa dan ujung-ujungnya menang, maka oleh penyelenggaranya akan di-mention dan menjadi sebuah kejutan yang menyenangkan. Kalau nggak di-mention yaudah berarti nggak menang. Melupakan bahwa sudah berpartisipasi dalam suatu giveaway membantu saya untuk move on ke kegiatan lain dan nggak berlarut-larut dalam kesedihan jika nggak menang.

Kalau tipe penyelenggara giveaway bukunya seperti Kak Eno di Instagram yang kadang random menentukan pemenangnya gimana, bisa dari balasan DM atau dari komentar post Instagram, cara yang menurut saya paling bijak adalah dengan...nggak mengharapkan apa-apa. Komen aja setulus hati tanpa ada rasa ingin menang giveaway. Kalau memang dipilih Kak Eno untuk mendapatkan buku gratis ya berarti rezeki. Kalau enggak yaudah nggak ada beban apa-apa.

Setelah menghitung-hitung, buku-buku gratis di rak buku saya hanya sekitar tujuh belas persen dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (bisa dari hasil menang lomba, giveaway, atau dikasih teman). Sisanya ya beli sendiri. 

Kalau ditanya pingin nggak persentase buku-buku gratis tersebut mencapai angka 99%, misalnya. Ya pingin. Tapi keinginan tersebut tentunya harus disertai usaha seperti sering-sering ikut lomba atau giveaway yang hadiahnya buku, sering-sering memantau akun-akun mana yang banyak mengadakan lomba atau giveaway tersebut, hingga berjuang menjadi pengulas andal di media sosial supaya dilirik oleh penerbit-penerbit buku. It takes a lot of effort, right. Because, diapa-apain juga, there's no such thing as a free lunch.

Eh...

...tapi kan katanya mau ada maksi gratis dari si onoh ama si onoh WQWQWQWQWQ auk ah gelapπŸ™ˆ

Bye~~~

Semangat untuk kita semua!


*

6 comments :

  1. Aku jarang sih ikutan GA gini, krn memang sadar diri luck ku dalam dunia GA atau doorprize kayak pungguk merindukan bulan 🀣🀣 #apaansih πŸ˜„.

    Tp pernah juga dpt dr kak eno, ama temenku yg kebetulan ngadain GA blog. Krn temanya sesuai blog ku, makanya mau ikutan. Eh malah menang 🀭.

    Buku ku sendiri masih 98% hsl beli sendiri. Jd memang dikiiiit banget yg dari hadiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, tapi kalo luck-nya pas lagi berpihak gitu langsung dapet ya mba FanπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Betul, memang kebanyakan dari kita, persentase buku di rak ya hasil dari beli sendiri.

      Delete
  2. sama kayak mba Fanny, koleksi buku-buku aku selama ini lebih banyak dibeli sendiri. Kadang ada juga temen komunitas lari waktu itu, nawari mau buku apa enggak, buku novel lama gitu, daripada ga ada yang mau, ya udah aku mau-in aja hahaha, dan cuman ambil satu buku aja, karena sadar diri juga waktu membaca sekarang ga kayak dulu lagi, yang sehari bisa satu buku padahal tebel juga bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau ditawarin buku emang harus diambil mba Ainun, mayan banget itu. Betul, sepertinya sebagian besar dari kita memang koleksi buku-bukunya hasil dari beli sendiri. Kalau mengandalkan hadiah nggak akan sebanyak itu koleksinya.

      Delete
  3. Baca judulnya aku kira bakal bagi-bagi buku gratis. Ternyata tidak, malah sebaliknya.

    Kalau biasa menang giveaway rasanya sudah seperti suhu aja. Jadi langganan tetap. Setuju kalau kita ga perlu berharap menang. Kalau ga menang ya sudahlah. Ga usah dipikirin..hiks.

    Aku belum pernah menang giveaway, lebih sering dikasih teman dan beli sendiri. Mungkin emang ga suka berkompetisi jadi jarang ikut GA. Kalaupun ikut paling ya karena suka dengan temanya. Bukan hadiah yang bakal didapat. Ikut buat senang-senang aja...wkwkwkk

    Memang bakal ada makan siang gratis, tapi kamu ga diajak eh..hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah masih belum ada nyali untuk bagi-bagi buku jalur online. Langsung bayangin ribetnya gimana xD selama ini kalau ngasih buku masih jalur offline :p

      Betul, kalau dipikirin nanti malah suntuk sendiri. Jadi mending kalau udah ikutan, ya lupakan aja. Kalau nggak dimention berarti ya nggak menang. Atau boleh lah ngecek pas tanggal selesai giveaway, kalau belum beruntung mari lanjut ke giveaway lainnya xD

      Bagus mas Vay, jiwa kompetisi lebih baik nggak usah terlalu menggebu-gebu, yang sedang-sedang saja biar nggak merembet ke mana-mana. Wkwkwkwk iya kaaan seru kadang tuh ikutan giveaway kalau tantangannya sesuai dengan yang kita mau.

      HAHAHAHAHAHA KZL! Maksi gratisnya ada S&K yang berlaku xD

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top