June 8, 2016

8 Gelas Air Putih Per Hari di Bulan Ramadhan

sumber

Sehari sebelum puasa kemarin saya bersih-bersih laptop dan nemu videonya kak Icha (annisast.com) yang ini.

Videonya (selama satu tahun terakhir ini) mengendap di dasar laptop karena ketumpuk-tumpuk sama video-video baru. -_____-

Inti dari video tersebut adalah tetap minum 8 gelas air putih per hari di saat berpuasa karena kebutuhan air saat puasa sama dengan kebutuhan air saat tidak berpuasa.

Tahun lalu saya nggak mempraktekkan apa yang ada di video tersebut karena dalam bayangan saya..........8 gelas air putih per hari itu BANYAK banget gilak. Habis buka puasa makan ini itu ku tak shanggup kalo harus minum air putih demi memenuhi 8 gelas per hari. Huhuhu.

Alhamdulillah tahun ini bisa. :D

Caranya adalah dengan pola 242.



2 gelas berbuka: saat berbuka dan setelah hidangan berbuka

4 gelas malam: 1 sebelum makan, 2 sesudah makan, 1 menjelang tidur

2 gelas sahur: saat sahur (kalo saya 1 gelas sebelum makan sahur, 1 gelas setelah makan sahur)

Dua bulan terakhir ini memang saya baru menyadari manfaat minum air putih 8 gelas per hari. Pas di tempat kerja, otak rasanya adem banget dan tetap konsen sampe sore. Terus kulit rasanya lebih lembab meskipun kena AC seharian. <3 <3 <3 Tak ada yang lebih membahagiakan dari ini kawan. <3 <3 <3

Karena tubuh manusia tidak dapat menyimpan air jadi kita harus mensuplai air ke dalam tubuh yang hilang akibat keringat, urin, dan feses. Kebutuhan air bagi tubuh tergantung dari ukuran tubuh, metabolisme, kondisi cuaca, asupan makanan, dan jenis aktivitas kita. Tapi normalnya manusia butuh minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Delapan gelas itu sekitar 1,5 - 2 liter.


Fungsi air bagi tubuh manusia sangat penting, yaitu:
1. sebagai pembawa dan pendistribusi zat-zat esensial bagi tubuh seperti vitamin, mineral, dan glukosa.
2. sebagai pengangkut zat limbah dan racun yang nggak dibutuhkan oleh tubuh dan dikeluarkan melalui urin dan feses
3. membantu memecah zat-zat makanan yang kita makan dalam proses biokimia
4. sebagai pengatur suhu tubuh
5. sebagai pelumas sendi dan shock absorber bagi mata, otak, dan sumsum tulang belakang

Kadang kita (kita? lo aja kali bre) percaya kalo minum jus buah, teh, atau soda dapat menghidrasi tubuh layaknya air putih. Padahal minuman-minuman tersebut mengandung gula dan garam yang terserap ke dalam tubuh dan harus dikeluarkan dari tubuh dengan bantuan..........air putih.

Yes balik lagi ke air putih ujung-ujungnya.

Pernah dengar ya kalo manusia bisa bertahan hidup sekitar satu bulan tanpa makan tapi hanya bisa bertahan hidup dalam seminggu tanpa air? Kalo kata Medical Daily "It’s no surprise since the average human body is 75 percent water, with blood 92 percent water, bones 22 percent water, and muscles 75 percent water".

Kalo pas lagi nggak puasa, saya pake pola ini untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air putih per hari:
Minumnya di jam-jam ganjil :)
(cr: theBERRY)

See you on my next post!

XO

post signature


Sumber:
http://www.annisast.com/2015/07/mr-aqua-superheroku-di-bulan-puasa.html
http://www.nestle-waters.com/healthy-hydration/water-fonctions-in-human-body

4 comments:

  1. yup betul, walau puasa kebutuhan akan air harus tetap sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya nggak kehilangan konsentrasi :D

      Delete
  2. Makasih mbak..bloggx sangat membantu 😊

    ReplyDelete