March 7, 2016

Top 10 Blogging Tips by Diana Rikasari

sumber

Belakangan ini saya lagi ngefans banget sama Diana Rikasari, fashion blogger Indonesia yang terkenal dengan gaya berpakaian colorful-nya. Diana mulai ngeblog dari tahun 2007 (waktu dia masih kuliah) sampai sekarang.

Melalui salah satu video di Youtube Channelnya, Diana bagi-bagi tips how to survive di dunia blogging.


Ini tips-nya:

1. Write for yourself first
Pilih topik yang bener-bener dikuasai. Boleh satu topik, dua topik, tiga topik, dan seterusnya. Diana sendiri suka topik tentang fashion, family, dan lifestyle. Jadi dia menggabungkan ketiga topik itu ke dalam blognya.
Nggak peduli seberapa banyak topik yang dikuasai dan ditulis di blog, yang penting we love and enjoy reading our own blog. Nggak usah mikir terlalu keras dulu, nggak usah mikir pageviews dulu, nggak usah pingin tampil beda dulu. Just write what you really really really like.

2. Consistency
This is the ultimate key of blogging. Harus punya komitmen yang kuat untuk konsisten posting tulisan di blog karena pembaca ingin sesuatu yang baru dan rutin. Posting tulisan bisa setiap hari, seminggu dua kali, setiap minggu, atau terserah yang penting konsisten.


3. Don't push yourself too hard
Blogging is suppose to be fun! Nggak usah mikir topik yang serius terus-terusan sampe bikin stres.
sumber
Posting hal-hal ringan yang terjadi sehari-hari bisa jadi pilihan. Anggap aja blog adalah diaryDiana sendiri kalo lagi buntu, suka posting tentang quote yang lagi dia suka. Bahkan kadang dia posting "I don't know what to write" :))) Sesimpel itu :)))

4. Balance of text and photo
Make a post not too lengthy karena orang nggak punya cukup waktu dan nggak punya banyak waktu untuk baca postingan yang terlalu panjang. Postingan yang terlalu panjang plus nggak ada gambarnya bikin orang males baca. Baiknya diseimbangkan antara teks dengan foto. Isi postingan usahakan agar singkat dan jelas.
Pernah baca blog Diana? Pendek-pendek banget kan isinya. Tulisannya banyak yang bertipe "habis dibaca dalam sekali duduk". Bahkan ada postingan yang cuma judul sama foto OOTD-nya aja. :D
Ada sih satu blog yang panjaaaaaaaaaang banget isinya tapi saya nggak bosen bacanya karena penulisnya punya selera humor tinggi dan kaya akan kosakata. Blog kaoskakibau.com XDDD

5. Be true to your voice
Make your blog personal. Tulis sesuatu dari sudut pandang kita sendiri. Pembaca ingin tau opini kita terhadap suatu masalah. Meskipun opini kita berbeda dengan opini publik, be true to our voice. Tapi tetep ya nulisnya harus sopan dan bertanggung jawab biar nggak menimbulkan kontroversi.

6. Keep it short and concise
Menekankan kembali maksud poin nomor 4. Kalo memang pingin nulis postingan yang panjang dan nggak mau bikin pembaca blognya bosen, Diana nulis pake format bulleting. Dia ngasih highlight, bold, atau italic di kalimat-kalimat yang penting. Ini bertujuan supaya pembaca blognya nggak "tersesat" waktu membaca tulisannya.

7. Keep your layout simple
Biar laptop, komputer, tablet, ponsel, dkk-nya pembaca nggak lemot waktu buka blog kita.
sumber

8. Use interesting titles
PENTING BANGET UNTUK MENARIK PERHATIAN PEMBACA... ><

9. Gather ideas from audience
Kadang di kala nggak tau lagi harus berbuat apa di blog, daripada nanya terus ke diri sendiri tanpa ada jawabnya, don't be shy and don't hesitate to ask your readers about what should you do next.
Nggak dapet tanggapan? Cuek aja lol.

10. Make your blogpost worth referring
Buat pembaca terkesan dengan postingan kita, buat pembaca terinspirasi dari postingan kita, buat pembaca mendapatkan informasi setelah membaca blog kita.

Gampang ya tips-tipsnya.

Prakteknya?

Belum tentu, mehehehe. :p

Bisa kok! *inserted muscle emoji*

Pesan dari Diana Rikasari: Do not stop! Keep blogging!

See you on my next post!

XO

No comments:

Post a Comment