January 15, 2015

How To Cancel 'Ignore all posts from this user' On Instagram?

Well this is because my sister and I often send direct messages to each other on Instagram. We do it almost every day. One day, my direct messages were too much on her account. Other messages from her friends were buried. In order to make ‘the other messages’ appeared on top again, she did ‘ignore all posts from this user’ to me (instead of ‘hide’ my direct messages). Voila! ‘The other messages’ appeared on top again!

But another problem began. She couldn’t receive direct messages from me anymore (but I still could receive direct message from her). She searched the solution on internet but she found nothing! I searched on Instagram's website but (again) nothing! OH-MY-GOD EVEN INSTAGRAM COULDN’T SOLVE OUR PROBLEM! LOL. So my sister did random action by blocking me and then unblocking me. Guess what happen next? SHE CAN RECEIVE MY DIRECT MESSAGE AGAIN! WOOHOO!

The solution is that simple? YES!

January 13, 2015

Udah Setahun Jadi Sarjana :D

Alhamdulillah…perjuangan selama empat (setengah) tahun di bangku kuliah strata satu berakhir dengan distempelnya skripsi (dan ijasah tentunya) tertanggal 13 Januari 2014. Yeay! Perjuangan merampungkan skripsi yang penuh tetesan keringat, air mata, dan darah (dua yang terakhir bohong) masih melekat kuat di ingatan. Masih terbayang betapa bahagianya saat mengajukan topik skripsi ke ruang dosen dan langsung disetujui (emmm…pernah ditolak sekali sih) (ya itu namanya bukan langsung disetujui) (iya deh iya) *berantem sama diri sendiri* yang kemudian dilanjutkan minta izin ke orangtua supaya sawah di deket rumah dikeringkan untuk lahan penelitian (I’m studying agriculture btw), dan serangkaian kegiatan studi literatur dan studi internet sambil twitteran dan download MV K-Pop penyusunan proposal penelitian sampai akhirnya seminar proposal.

Kemudian drama dimulai…


Orangtua saya kan enggak paham soal perlakuan penelitian ya, jadi begitu petak-petak di sawah jadi terus saya bilang “petak ini enggak usah diapa-apain, kalau yang ini dicangkul cuma di barisan yang nanti ditanami aja, yang kalau yang ini dicangkul semua” bapak-ibu saya kompak bilang “ya enggak bisa aneh-aneh gitu, kalau dicangkul ya dicangkul semua, besok tukangnya udah ngerjain lahan yang lain” “…”. Cobaan pertama itu berhasil saya lewati dengan pelan-pelan menjelaskan kepada orangtua saya kalau penelitian itu memang harus “aneh-aneh” seperti itu. Singkat cerita setelah hitung-hitungan hari tanam (pranata mangsa kalau kata orang Jawa) saya mengajak teman sebanyak-banyaknya untuk membantu tanam. Ini penting ya kalau penelitiannya di lahan kayak saya. Soalnya lahan itu ternyata luas banget, beda kalau di rumah kaca. Dulu awalnya saya sok-sok-an bisa menanam berdua saja di lahan tapi pengaplikasian kompos merubah segalanya. Iya, sebelum tanam kan lahannya dikasih kompos dulu dengan dosis yang beda-beda dan dikerjakan hanya oleh tiga orang. Saya, teman sepenelitian saya, dan teman saya yang cowok. Meeen udahlah capeknya enggak ketulungan.

Pasca tanam udah agak enteng dikit agendanya. Tinggal kasih pupuk, atur irigasi lahan, ukur tinggi tanaman, sama ambil sampel tanah. Yang terkahir yang agak ribet. Dan setelahnya lebih ribet lagi, hahaha. Analisis tanah di laboratorium antri panjang sampai berbulan-berbulan dan agak sedikit gontok-gontokan sama penjaga laboratoriumnyaaaaa (bapaknya baik banget tapi). Tolong-menolong sesama pengguna laboratorium is a must lah ya, seru bisa sambil gosipan penjaga laboratoriumnya XD

Singkat cerita sampailah penelitian saya pada tahap analisis data statistik menggunakan SPSS dan menyusun bab keramat alias bab hasil dan pembahasan yang kalau kita sendirinya tidak bertekad menyelesaikannya maka akan molor lagi sampai bersemester-semesterminggu-minggu. Lanjut bolak-balik konsultasi ke dosen pembimbing sampai akhirnya disetujui untuk seminar hasil dan (revisi-konsultasi-revisi-konsultasi-revisi-konsultasi-berkali-kali) sidang!

WOW one step closer to get Sarjana Pertanian title! Tepat sehari sebelum sidang, malamnya saya enggak bisa tidur sampai jam dua pagi! Duh nangis sendirian di kamar malem-malem, huhuhu. Alhamdulillah tanpa sadar tiba-tiba teler sendiri dan bangun subuh. Paginya langsung cus ke kampus untuk sidang. Kurang lebih dua jam di dalam ruang sidang dan…segala puji hanya bagi Allah Tuhan seru sekalian alaaaaam…saya dan teman saya lancar menjalaninya! Woohoo! Revisi pasca sidang…tetep ya enggak bisa enggak. Setelah dosen pembimbing dan penguji puas dengan hasil revisi saya barulah pergi ke tukang jilid skripsi. Tiga hari kemudian skripsi jadi, distempel, diserahkan ke perpustakaan sama dosen pembimbing, satu disimpen sendiri biar bisa diceritakan ke anak-cucu nanti.

Udah nih selesai dramanya?

Drama skripsi sih udah, drama cari kerja habis lulus yang belum *kapan-kapan aja dibahasnya*

Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur. Semuanya terbalas sudah. Puas banget, plong rasanya. Apalagi waktu wisuda, orangtua saya datang (untuk pertama kalinya ke kampus) dan menyaksikan anaknya yang cum laude bersalaman dengan Pak Rektor. Sungguh tiada kata-kata yang dapat menggambarkan perasaan bahagia saya waktu itu *lebay banget bahasanya* Kalau punya kekuatan time control kayak Tao gitu mungkin saya bakal rewind-rewind terus wisudanya, wkwkwk.

Indah sekali.

Untuk rekan-rekan sekalian dimanapun kalian berada dan sedang menjalani proses skripsi, jalanilah dengan semangat karena nanti hasilnya (insyaAllah) tidak akan mengecewakan :) SEMANGAT!